Pengaturan keamanan Internet Anda mencegah satu atau lebih file dibuka

Ada laporan kasus yang beredar di forum dukungan PC dari beberapa pengguna setelah berhasil memutakhirkan ke Windows 11, ketika mereka mencoba menjalankan file exe yang diunduh dari internet atau menginstal aplikasi, mereka mendapatkan prompt peringatan yang menyatakan bahwa pengaturan keamanan Internet Anda mencegah satu atau lebih banyak file dari yang dibuka. Posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

File-file ini tidak dapat dibuka

Pengaturan keamanan Internet Anda mencegah satu atau beberapa file dibuka.

Masalah ini mungkin terjadi jika file yang dapat dieksekusi tidak memiliki sertifikat yang valid, atau entah bagaimana jalur instalasi yang salah dibuat; keamanan internal akan memblokir file .exe atau aplikasi agar tidak dibuka untuk keamanan sistem Windows 11.

Pengaturan keamanan Internet Anda mencegah satu atau lebih file dibuka di Windows 11

Jika Anda mendapatkan pengaturan keamanan Internet Anda dicegah satu atau lebih banyak file dari yang dibuka pada perangkat Windows 11 Anda yang baru saja ditingkatkan, Anda dapat mencoba perbaikan mudah dan cepat yang kami rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu untuk berhasil menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Reset Internet OptionsPeriksa pengaturan Keamanan WindowsPeriksa pengaturan Internet Properties
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing solusi yang terdaftar.
1] Setel Ulang Opsi Internet

Setelah peningkatan dari Windows 10 ke Windows 11, kemungkinan beberapa perubahan telah dilakukan pada pengaturan internet Anda. Karena Anda mungkin tidak tahu secara spesifik perubahan apa yang mungkin memicu kesalahan Pengaturan keamanan Internet Anda mencegah satu atau lebih file dibuka, akibatnya mencegah Anda menginstal aplikasi (khususnya aplikasi pihak ketiga); untuk mengatasi masalah yang ada, Anda cukup mengatur ulang Opsi Internet di perangkat Anda.

Coba perbaikan berikutnya jika tindakan ini tidak membantu.

Anda mungkin harus mengatur ulang Edge ke pengaturan default jika tidak ada yang berhasil untuk Anda seperti yang diuraikan dalam posting ini.
2] Periksa pengaturan Keamanan Windows

Untuk lebih meningkatkan keamanan dan privasi sistem Anda, secara default, beberapa alat dan fitur keamanan bawaan diaktifkan di Windows 11. Namun, Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan pengaturan keamanan dan privasi ini secara manual sesuai kebutuhan Anda untuk tingkatkan keamanan PC Anda.

Perbaikan ini mengharuskan Anda mematikan Periksa aplikasi dan file dan SmartScreen untuk Microsoft Edge di Keamanan Windows, lalu jalankan file atau coba instal aplikasi dan lihat apakah kesalahan dalam fokus terulang kembali. Selain itu, jika aplikasi telah ditandai oleh Keamanan Windows seperti yang ditunjukkan dengan jelas pada prompt kesalahan, Anda dapat secara manual mengizinkan file atau aplikasi yang diblokir asalkan Anda memercayai sumber file/app.

Dan karena kita berurusan dengan masalah keamanan, Anda juga dapat menonaktifkan Windows Firewall untuk sementara dan melihat apakah itu membantu.

Baca: Cara mengatur ulang Keamanan Windows ke default.
3] Periksa pengaturan Zona Internet

Investigasi mengungkapkan akar penyebab masalah yang Anda hadapi saat ini berkaitan dengan aplikasi Peluncuran dan tidak aman pengaturan keamanan file di Properti Internet tidak diatur ke pengaturan yang disarankan; mungkin berubah setelah memutakhirkan ke Windows 11. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengatur ulang pengaturan ini ke konfigurasi default. Lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run ketik inetcpl.cpl dan tekan Enter untuk membuka Internet Properties. di lembar Internet Properties, alihkan ke tab Security. Klik tombol Custom level. Di panel Security Settings – Internet Zone yang terbuka, gulir ke bawah ke bagian Miscellaneous.Sekarang, setel tombol radio untuk pengaturan Launching applications and unsafe files ke opsi Prompt (recommended).Klik OK.Klik Apply untuk menyimpan perubahan.Terakhir, klik Oke untuk keluar dari Internet Properties.
Itu saja!

Pos terkait: Windows telah memblokir akses ke file ini; Buka Blokir File di Windows

Bagaimana cara mengubah setelan keamanan Internet di Windows 11?

Buka Internet Explorer, pilih tombol Alat, lalu pilih opsi Internet. Pilih tab Keamanan dan sesuaikan pengaturan zona keamanan Anda dengan cara berikut: Untuk mengubah pengaturan zona keamanan apa pun, pilih ikon zona, lalu pindahkan penggeser ke tingkat keamanan yang Anda inginkan.

Di mana lokasi pengaturan zona keamanan?

Masukkan Opsi Internet di kotak pencarian, lalu ketuk atau klik Pengaturan. Di hasil pencarian, ketuk atau klik Opsi Internet. Ketuk atau klik tab Keamanan, pilih zona keamanan (Intranet lokal atau Situs terbatas), lalu ketuk atau klik Sites.

Bagaimana cara menambahkan Situs Tepercaya di Windows 11?

Situs Tepercaya menentukan Uniform Resource Locator (URL) untuk situs Internet yang isinya dapat dipercaya oleh administrator dan pengguna. Dengan kata lain, situs tepercaya adalah situs web yang Anda percayai untuk tidak membahayakan komputer Anda. Untuk menambahkan Situs Tepercaya di Windows 11/10, lakukan hal berikut:
Buka Opsi Internet.Buka Keamanan > Situs Tepercaya.Klik tombol Situs.Masukkan URL situs web dalam daftar dan klik tombol Tambah.
Apakah zona Internet itu?

The Zona Internet adalah zona yang mencakup semua situs di Internet yang belum diklasifikasikan oleh zona lain. Secara default, setiap situs yang Anda kunjungi yang tidak memiliki keanggotaan di zona lain mewarisi izin keamanan yang ditentukan oleh zona Internet. Zona intranet lokal mewakili semua situs di lingkungan LAN Anda.