Pengaturan resolusi layar berwarna abu-abu di Windows 11/10

Beberapa pengguna PC telah melaporkan bahwa setelah menyambungkan laptop mereka ke monitor eksternal, menginstal pembaruan Windows baru, atau menginstal kartu grafis baru di komputer Windows 11 atau Windows 10, mereka tidak dapat mengubah resolusi layar karena pengaturan resolusi layar adalah berwarna abu-abu di halaman Opsi tampilan di aplikasi Pengaturan. Posting ini menawarkan solusi yang dapat diterapkan oleh pengguna PC yang terpengaruh untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Untuk masalah resolusi layar, penyebabnya dapat berkisar dari masalah perangkat keras hingga masalah konfigurasi kecil. Masalah khusus ini juga dapat terjadi jika Anda menginstal driver video dasar. Ini juga bisa menjadi keterbatasan kartu grafis karena dalam beberapa kasus, monitor mendukung resolusi, tetapi kartu video Anda tidak cukup kuat untuk menjalankannya. Namun, jika ini tidak terjadi pada Anda, maka Anda dapat melanjutkan dengan sisa posting untuk memperbaiki masalah saat ini!

Pengaturan resolusi layar berwarna abu-abu

Jika Anda ingin meningkatkan kinerja video atau hanya menyambungkan monitor baru ke PC Anda , Anda ingin memeriksa dan mengubah resolusi layar ke pengaturan yang tepat untuk pengalaman menonton yang lebih baik. Namun, jika Anda tidak dapat mengubah resolusi layar karena pengaturannya berwarna abu-abu di halaman opsi Tampilan di aplikasi Pengaturan pada perangkat Windows 11/10 Anda, maka solusi yang kami rekomendasikan seperti yang disajikan di bawah ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah pada perangkat Anda. system.
Bersihkan Boot PC Anda dan ubah pengaturan resolusi layarUbah resolusi layar melalui kartu grafis Anda Control PanelPerbarui driver graphics adapterInstal driver Microsoft Basic Display AdapterUninstall pembaruan Windows atau Lakukan System Restore
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing solusi terdaftar.

Baca: Perbaiki masalah Resolusi Layar di Windows
1] Bersihkan Boot PC Anda dan ubah pengaturan resolusi layar
Bersihkan Boot adalah lingkungan di mana hanya layanan dasar dan esensial yang berjalan dan tidak ada masalah yang dipicu oleh aplikasi pihak ketiga atau tambahan bawaan fitur. Jadi, jika Anda hanya mengalami masalah pengaturan resolusi layar berwarna abu-abu setelah menginstal aplikasi, game, atau perangkat lunak pada perangkat Windows 11/10 Anda, maka Anda dapat membersihkan boot sistem Anda dan melihat apakah mengubah resolusi dalam status sistem itu berfungsi. . Jika tidak, lanjutkan dengan solusi berikutnya.

Baca: Cara mengubah Resolusi Desktop Jarak Jauh di Windows
2] Ubah resolusi layar melalui kartu grafis Anda Control Panel

Untuk beberapa pengguna PC yang terkena dampak, solusi ini atau beberapa solusi berhasil untuk mereka. Ini mengharuskan Anda untuk mengubah resolusi layar melalui Control Panel kartu grafis Anda. Misalnya, di Intel Graphics and Media Control Panel, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, terdapat opsi resolusi kustom di mana Anda dapat membuat dan mengatur resolusi layar kustom yang Anda inginkan.

Baca: Cara mendapatkan resolusi 1920×1080 pada 1366× 768 di Windows
3] Perbarui driver adaptor grafis Jika masalah yang terlihat dimulai setelah Anda memasang kartu grafis baru, kemungkinan besar driver grafis tersebut sudah usang. Dalam hal ini, tergantung pada pabrikan PC Anda, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengunduhan driver milik mereka untuk memperbarui driver grafis. Utilitas Pembaruan
Dell akan membantu Anda mengunduh atau memperbarui Dell DriversLenovo System Update memungkinkan Anda mengunduh Driver, Perangkat Lunak, Firmware, dan Pembaruan Lenovo Pengguna BIOS.AMD dapat menggunakan AMD Driver Autodetect.Pengguna Intel dapat menggunakan Intel Driver & Support Assistant.Pengguna HP dapat menggunakan HP Support Assistant.
Jika setelah memperbarui atau menginstal driver grafis yang benar, masalah yang dihadapi masih belum terselesaikan, maka mungkin ada masalah kompatibilitas antara driver dan sistem operasi Anda yang biasanya terjadi jika Anda menggunakan komputer lama. Dalam hal ini, Anda dapat menginstal driver grafis dalam mode kompatibilitas dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan file penyiapan driver.Pilih Properti dari menu konteks.Ketuk atau klik tab Kompatibilitas .Centang opsi Jalankan program ini dalam mode kompatibilitas. Ketuk atau klik kotak drop-down dan pilih sistem operasi sebelumnya. Ketuk atau klik OK.
Sekarang, jalankan file penginstal driver dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstal driver. Restart PC sesudahnya dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah; jika tidak, lanjutkan dengan solusi berikutnya.
4] Instal driver Microsoft Basic Display Adapter

Microsoft Basic Display Adapter adalah perangkat lunak yang terpasang di Windows yang menyediakan kemampuan tampilan dan grafis saat perangkat lunak dari pabrikan perangkat keras Anda tidak diinstal. Jadi, jika Anda masih tidak dapat mengubah resolusi pada PC Windows 11/10, Anda dapat mencoba beralih ke Microsoft Basic Display Adapter dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini. Tekan tombol Windows + X untuk membuka Menu Pengguna Daya. Ketuk tombol M pada keyboard untuk membuka Device Manager. Gulir ke bawah daftar perangkat yang terinstal dan perluas bagian Display adapters. Selanjutnya, klik kanan pada kartu grafis dan pilih Update driver dari menu konteks. Pilih Browse my computer for opsi driver. Klik opsi Let me pick from a list of available driver on my computer. Di layar berikutnya, pilih Microsoft Basic Display Adapter dari daftar. Klik tombol Next dan tunggu Windows menginstal driver. Setelah selesai, reboot PC Anda.
Baca: Perbaiki masalah Monitor Resolusi Layar setelah pindah ke yang besar, lebih tinggi one
5] Copot pemasangan pembaruan Windows atau Lakukan Pemulihan SistembspJika masalah yang Anda hadapi saat ini dimulai setelah Anda baru saja memasang pembaruan Windows baru, maka aplikasi solusi yang dapat diterima di sini adalah menghapus pembaruan Windows atau cukup memulihkan sistem Anda ke titik waktu sebelumnya. Anda masih dapat menggunakan Pemulihan Sistem bahkan jika Anda belum menginstal pembaruan sistem apa pun karena sangat mungkin bahwa masalah ini difasilitasi oleh perubahan yang telah dialami sistem Anda baru-baru ini.

Saya harap posting ini bermanfaat! didukung Kesalahan monitor pada Windows PC

Mengapa resolusi tampilan saya dinonaktifkan?

Jika resolusi tampilan Anda dinonaktifkan atau pengaturan resolusi layar tidak dapat diakses, biasanya karena driver tampilan rusak atau tidak kompatibel. Jadi, secara umum, untuk menyelesaikan masalah dalam kasus ini, Anda harus memperbarui atau menginstal ulang driver tampilan. Anda dapat mengunjungi situs web produsen komputer dan mengunduh driver terbaru untuk kartu grafis Anda.

Bagaimana cara memaksa pengaturan tampilan?

Untuk memaksa atau menyetel pengaturan tampilan khusus pada komputer Windows 11/10 Anda, cukup klik kanan di mana saja di desktop Anda untuk buka menu konteks dan pilih pengaturan Tampilan untuk membuka halaman opsi Tampilan di aplikasi Pengaturan. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menekan tombol Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Sistem > Tampilan. Di jendela pengaturan tampilan, gulir ke bawah ke Pengaturan tampilan tingkat lanjut dan buat perubahan yang Anda inginkan.

Bagaimana cara memulihkan pengaturan tampilan?

Anda dapat menonaktifkan Penskalaan Kustom untuk memulihkan atau mengatur ulang pengaturan tampilan di Windows 11/10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka Pengaturan Windows.Kemudian pilih Sistem.Klik Tampilan dari panel navigasi kiri.Di panel kanan, klik pengaturan Penskalaan Tingkat Lanjut.Hapus pengaturan sebelumnya dan pilih Terapkan.
Bagaimana cara mengaktifkan resolusi khusus pada Intel?

Untuk mengaktifkan atau menyetel resolusi khusus pada Intel Graphics Control Panel, ikuti langkah berikut:
Buka Intel Graphics Command Center.Klik tab Display.Pada Display General Settings, klik tombol Custom yang terletak di sebelah setelan Resolution.Pesan peringatan akan muncul. Klik OK untuk melanjutkan. Jendela baru akan muncul dengan pengaturan Basic Custom Resolution. Jika diinginkan, klik Advanced Settings untuk opsi lainnya.Sekarang, masukkan nilai resolusi atau mode khusus sesuai kebutuhan Anda.Klik Ya untuk menerima perubahan.
Baca: Intel Graphics Control Panel tidak dapat dibuka di Windows.