Pengetikan Suara Google Documents tidak berfungsi [Diperbaiki]

Google Documents adalah program pengolah kata online dengan banyak fitur untuk membuat pembuatan dokumen menjadi efisien dan mudah. Salah satu fitur yang ditawarkan program ini adalah opsi pengetikan suara, yang membantu banyak pengguna mengetik teks panjang dan dapat menghemat banyak waktu. Meskipun untuk beberapa pengguna, fitur pengetikan suara di Google Documents tidak berfungsi, dan jika itu alasan Anda membaca ini, Anda bukan satu-satunya. Kami akan berbicara tentang beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ini.

Perbaiki Pengetikan Suara Google Documents tidak berfungsi

Ketika Anda menghadapi masalah ini, Anda harus me-restart komputer Anda terlebih dahulu dan mencoba menggunakan fitur itu lagi. Jika tetap ada, berikut adalah cara paling efektif untuk menyelesaikan pengetikan suara Google Documents yang tidak berfungsi di PC Windows:
Beralih ke Google Chrome. Pastikan izin Mikrofon tidak dinonaktifkan untuk Google Documents. Hapus ekstensi yang mencurigakan .Periksa Volume Mikrofon.Pastikan Akses Mikrofon Diaktifkan.Hapus Cache ChromeJalankan Pemecah Masalah Audio Perekaman Windows.1] Beralih ke Google Chrome
Banyak pengguna tidak menyadari bahwa Chrome adalah satu-satunya peramban yang mendukung fitur pengetikan suara Google Documents. Google sebenarnya telah membatasi fitur tersebut pada browser Chrome-nya untuk saat ini. Jadi, jika Anda mengakses Google Documents dengan peramban lain dan Anda melihat bahwa fitur pengetikan suara tidak berfungsi, alihkan ke Chrome.
2] Pastikan izin mikrofon tidak dinonaktifkan untuk Google Documents

Dengan tidak sengaja, Anda mungkin telah merusak pengaturan peramban Anda dan nonaktifkan izin mikrofon untuk Google Documents. Untuk memastikannya, periksa setelan Chrome dan pastikan izin mikrofon diaktifkan untuk Google Documents. Inilah cara melakukannya:
Klik menu tiga titik di sudut kanan atas Google Chrome dan tekan Pengaturan. Pilih Privasi & Keamanan dari opsi di panel kiri dan ketuk Pengaturan Situs. Di bawah bagian Izin, klik Mikrofon .Periksa apakah Google Documents berada di bawah situs Tidak diizinkan menggunakan Mikrofon Anda. Jika ya, hapus. Juga, pastikan opsi Jangan izinkan situs untuk menggunakan mikrofon Anda tidak dicentang.
Setelah ini, coba gunakan opsi pengetikan suara dan lihat apakah itu berfungsi atau tidak.
3] Hapus ekstensi yang mencurigakans
Banyak ekstensi yang dapat digunakan dengan Chrome untuk memperluas fungsinya. Namun, beberapa ekstensi berpotensi menyebabkan masalah pada browser Anda dan harus dihapus untuk menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin ditimbulkannya. Periksa daftar ekstensi Anda dan hilangkan entri yang meragukan darinya.
4] Periksa Volume Mikrofon

Jika opsi pengetikan suara tampaknya tidak merekam suara Anda, mungkin karena volume mikrofon Anda lambat. Anda cukup meningkatkan volume di sini:
Tekan Windows + I untuk membuka Pengaturan Windows.Klik Sistem dan pilih Suara.Di bawah bagian Input, pilih perangkat input Anda dan klik Properti perangkat.Kemudian tingkatkan opsi volume5] Pastikan Akses Mikrofon Diaktifkan

Lainnya hal yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa apakah akses mikrofon diaktifkan di pengaturan Windows karena tanpa ini, input suara apa pun tidak akan berfungsi di komputer Anda.

Windows 11
Buka Pengaturan Windows.Klik Privasi & keamanan dari panel kiri.Pilih Mikrofon dan aktifkan opsi Izinkan aplikasi mengakses mikrofon Anda.
Windows 10
Buka Pengaturan dan klik Privasi.Pilih Mikrofon dan aktifkan akses mikrofon.6] Hapus Chrome Cache
Cache Chrome yang terakumulasi lama mungkin memengaruhi fungsionalitas browser Anda. Jadi, Anda disarankan untuk mengosongkan cache Chrome.
Tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas Chrome.Klik Alat lainnya dan pilih Hapus data penjelajahan.Tetapkan rentang Waktu sebagai Sepanjang waktu.Periksa Riwayat penjelajahan , Cookie dan data situs lainnya, dan Gambar dan file dalam cache. Kemudian pilih Hapus data.
Restart komputer Anda setelah melakukan ini dan periksa apakah masalah telah teratasi atau belum.
7] Jalankan Windows Recording Audio Troubleshooter
Jika semua solusi di atas tidak dapat diperbaiki masalah Pengetikan Suara Google Documents Tidak Berfungsi, Anda dapat mencoba menjalankan Pemecah Masalah Audio Perekaman Windows. Pendekatan ini akan membantu memeriksa masalah dengan mikrofon PC Anda dan membantu memperbaikinya. Berikut adalah cara melakukannya:
Tekan Windows + I untuk membuka Pengaturan di komputer Anda. Klik Sistem dan tekan opsi Pemecahan Masalah. Pilih Pemecah masalah lainnya. Arahkan ke Rekaman Audio dan ketuk Jalankan di sebelahnya.
Pastikan untuk memeriksa bahwa tidak ada perangkat keras masalah dengan komputer Anda.

Baca:Tidak Ada Audio di komputer; Suara hilang atau tidak berfungsi

Bagaimana cara mengaktifkan pengetikan suara di Google Documents?

Untuk mengaktifkan pengetikan suara di Google Documents, cukup buka daftar menu di bagian atas halaman dan pilih Alat. Kemudian klik Pengetikan suara dan tekan ikon mikrofon di jendela yang dihasilkan untuk mulai menggunakan fungsi pengetikan suara. Lebih baik lagi, Anda dapat menekan Ctrl+Shift+S untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Baca juga:
Cara memasang Font Khusus di Google DocumentsCara Memasang dan Menghapus Pengaya di Google Docs
Mengapa pengetikan suara Google Documents tidak berfungsi?

Jika suara Google Documents pengetikan tidak berfungsi pada PC Anda, Anda mungkin telah merusak pengaturannya atau mikrofon Anda rusak. Apapun, Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan melalui solusi yang disediakan di artikel ini.