Penggunaan CPU dan Memori MicrosoftEdgeCP.exe Tinggi

Jika MicrosoftEdgeCP.exe atau Proses Konten Microsoft Edge menyebabkan masalah penggunaan CPU atau Memori yang tinggi, berikut adalah cara Anda memperbaiki masalah tersebut. Meskipun masalah ini terutama terjadi di Windows 10, Anda juga dapat mengalami hal yang sama di Windows 11. Tampaknya karena file sistem yang rusak dan alasan lainnya. Artikel ini menjelaskan hampir semua kemungkinan alasan dan solusi untuk memecahkan masalah.

MicrosoftEdgeCP.exe Penggunaan CPU dan Memori Tinggi

Untuk memperbaiki masalah penggunaan CPU dan Memori MicrosoftEdgeCP.exe yang tinggi di Windows 11/10, ikuti saran ini:
Perbarui browser EdgeTutup tab yang tidak perluNonaktifkan Startup boostScan PC untuk adware dan malwareNonaktifkan ekstensi blok iklan
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Perbarui browser Edge

Karena masalah ini dapat terjadi karena kesalahan atau bug, memperbarui browser Edge mungkin berguna untuk memecahkan masalah ini. Jika Anda sudah lama tidak memperbarui browser Anda, sangat disarankan untuk memperbaruinya sesegera mungkin. Baik Anda menggunakan Windows 11 atau Windows 10, solusi ini berfungsi pada keduanya.

Untuk memperbarui browser Edge, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka browser Microsoft Edge.Masukkan ini di bilah alamat: edge://settings/helpBiarkan memeriksa dan unduh pembaruan.Klik tombol Mulai Ulang.
Sekarang, periksa apakah Anda mendapatkan masalah yang sama atau tidak.
2] Tutup tabs
yang tidak perluJika Anda telah membuka banyak tab dan mempertahankannya sebagaimana adanya, sangat disarankan untuk menutup beberapa tab yang tidak perlu tab segera. Karena aplikasi ini merender konten di setiap tab, membuka banyak tab mungkin menjadi penyebab masalah ini. Oleh karena itu, tutup beberapa tab yang tidak perlu yang tidak Anda gunakan lagi.

Tip: Anda selalu dapat membuka kembali tab apa pun dengan menekan Ctrl+Shift+T.
3] Nonaktifkan Startup boost

Start boost membantu Anda membuka browser dengan cepat saat memulai komputer . Meskipun mengurangi penggunaan sumber daya, kadang-kadang, itu mungkin bertindak sebaliknya. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan setelan Startup boost di browser Microsoft Edge:
Buka browser Microsoft Edge di komputer Anda.Klik ikon tiga titik dan pilih Setelan.Beralih ke tab Sistem dan kinerja di sisi kiri.Toggle tombol Startup boost untuk mematikannya.
Setelah itu, restart browser Anda dan periksa apakah masalah tetap ada atau tidak.
4] Pindai PC untuk adware dan malware
Ada kalanya masalah ini mungkin terjadi saat komputer Anda diserang oleh malware atau adware . Mereka sering mengubah berbagai file dan pengaturan untuk memanipulasi browser sesuai keinginan mereka. Oleh karena itu, disarankan untuk memindai komputer Anda dengan alat penghapus anti-malware atau adware gratis seperti AdwCleaner.
5] Nonaktifkan ekstensi blok iklan
Saat ini, hampir semua browser mendukung ekstensi blok iklan. Ekstensi blok iklan ini memblokir berbagai hal di halaman web. Dalam proses ini, beberapa situs web mungkin menggunakan lebih banyak sumber daya daripada biasanya. Bahkan jika itu adalah situs web sederhana dengan teks dan gambar, Anda mungkin perlu mengalokasikan lebih banyak sumber daya Memori dan CPU untuk memuat halaman. Itulah mengapa disarankan untuk menonaktifkan ekstensi blok iklan atau ekstensi pemblokiran konten apa pun di browser.

Baca: Perbaiki Penggunaan Memori Tinggi Microsoft Edge di Windows

MicrosoftEdgeCP.exe, Apa itu?

MicrosoftEdgeCP.exe juga dikenal sebagai Proses Konten Microsoft Edge. MicrosoftEdgeCP.exe adalah aplikasi bawaan yang datang ke komputer Anda saat Anda menginstal browser Microsoft Edge. Karena Microsoft Edge terkadang hadir sebagai browser pra-instal, Anda dapat menemukan aplikasi ini di lokasi ini: C:WindowsSystem32.

Apakah MicrosoftEdgeCP.exe malware?

Tidak, MicrosoftEdgeCP.exe bukan malware jika terletak di folder System32 . Sebaliknya, ini adalah proses penting yang diperlukan untuk merender konten di browser. Baik Anda menggunakan Microsoft Edge di Windows 11 atau Windows 10 PC, Anda dapat menemukan aplikasi ini di File Explorer Anda. Untuk lebih spesifik, Anda perlu menavigasi ke jalur ini untuk menemukan aplikasi MicrosoftEdgeCP.exe: C:WindowsSystem32.

Baca: Perbaiki msedgewebview2.exe Penggunaan CPU dan Memori yang Tinggi.