Pengontrol SMBus tidak dikenali kesalahan di Windows 11/10

Menurut beberapa pengguna, Device Manager menunjukkan tanda seru di depan SMBus Controller, artinya controller SMBus tidak dikenali. Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Apa itu pengontrol SMBus?

SMBus atau SM Bus Controller adalah singkatan dari System Management Bus Controller. Ini menggabungkan sirkuit dan chipset yang memungkinkan komputer untuk membuat saluran komunikasi antara sistem dan komponen daya yang terpasang padanya. SMBus memeriksa tegangan dan suhu dan memberi tahu komputer menggunakan pesan kesalahan jika dan ketika masalah muncul.

Biasanya, SMBus bekerja di latar belakang tanpa menghalangi pengalaman pengguna. Namun, dalam kasus ini, ada beberapa masalah dengan pengandar SMBus. Driver perangkat adalah komponen perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras bekerja dengan Sistem Operasi Anda.

Perbaiki kesalahan pengontrol SMBus tidak dikenali di Windows 11/10

Jika pengontrol SMBus tidak dikenali, coba solusi berikut untuk menyelesaikan masalah.
Run Instalasi Perangkat Lunak Chipset Intel UtilitasUninstall SMBus ControllerRoll Back DriverTroubleshoot in Clean Boot
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Jalankan Utilitas Instalasi Perangkat Lunak Chipset Intel

Kita harus mencoba menjalankan Utilitas Instalasi Perangkat Lunak Chipset Intel karena secara otomatis akan mendeteksi dan menginstal driver SMBus. Untuk melakukannya, buka intel.com dan klik Setupchipset.exe. Anda harus menyetujui syarat dan ketentuan dan mengunduh aplikasi. Sekarang, jalankan file setup dan biarkan mengidentifikasi SMBus Controller. Mudah-mudahan, ini akan melakukan trik untuk Anda.
2] Hapus Instalasi SMBus Controller
Jika menginstal utilitas tidak berhasil, Anda perlu menghapus driver dan menginstalnya kembali dengan memulai ulang perangkat. Untuk mencopot pemasangan driver, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Pengelola Perangkat.Buka Perangkat lain.Klik kanan pada SM Bus Controller dan pilih Copot pemasangan perangkat.Klik Uninstal untuk mengonfirmasi.Mulai ulang komputer Anda.
Siklus ini akan memastikan bahwa driver telah dihapus dari komputer Anda dan Intel akan mengidentifikasi dan menginstalnya untuk Anda. Anda juga dapat memeriksa solusi pertama untuk mengunduh driver jika diperlukan. Mudah-mudahan, ini akan melakukan trik untuk Anda.
3] Roll Back Driver
Jika Anda baru saja memperbarui driver SMBus Controller, maka ada kemungkinan itu menunjukkan kesalahan karena beberapa bug. Untuk memperbaikinya, kita perlu memutar kembali driver dan mengembalikannya ke tahap ketika masalahnya tidak ada masalah. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Pengelola Perangkat.Pergi ke Perangkat lain.Klik kanan pada SM Bus Controller dan pilih Properties.Buka Driver dan pilih Roll Back Driver.
Jika opsi berwarna abu-abu, Anda tidak dapat memutar kembali driver karena tidak diperbarui. Dalam hal ini, pindah ke solusi berikutnya.
4] Pemecahan Masalah di Clean Boot
Mungkin ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah bagi Anda. Karena kami tidak yakin aplikasi mana di sistem Anda yang menjadi biang keladinya, yang kami sarankan adalah melakukan Boot Bersih dan menonaktifkan proses secara manual satu per satu untuk mengetahuinya hingga Anda menemukan program penyebab masalah. Kemudian, Anda dapat menghapusnya dan menyelesaikan masalah Anda.

Bagaimana cara memperbaiki pengontrol SMBus saya Windows 10?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, masalahnya tidak terkait dengan Pengontrol SMBus Anda, melainkan driver yang menyebabkan masalah. Apa yang terjadi dalam kasus ini adalah OS Anda tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat keras. Untuk memperbaikinya, kita harus mengganti driver seperti yang seharusnya melakukan pekerjaan.

Baca Juga: Perangkat ini tidak ada, tidak berfungsi dengan baik, Kode 24.