Penskalaan Gambar NVIDIA tidak muncul atau berfungsi

NVIDIA Image Scaling (NIS) adalah teknologi penskalaan yang dikembangkan oleh NVIDIA, salah satu perusahaan manufaktur kartu grafis terkemuka di dunia. NIS adalah fitur peningkatan berbasis driver yang menggunakan algoritma penajaman dan penskalaan yang ditingkatkan untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik kepada para gamer. Beberapa pengguna mengeluh bahwa teknologi NS tidak berfungsi di komputer mereka. Ada beberapa penyebab mengapa NVIDIA Image Scaling mungkin tidak muncul atau tidak berfungsi pada PC Windows Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa kemungkinan perbaikan untuk mengatasi masalah ini.

Anda dapat mengaktifkan fitur Penskalaan Gambar NVIDIA melalui Panel Kontrol NVIDIA dan Pengalaman GeForce. Setelah mengaktifkan NIS, Anda juga dapat membuatnya muncul sebagai indikator overlay di game Anda. Jika label teks NIS (di sudut kiri atas layar) berwarna hijau, ini menunjukkan bahwa teknologi NIS bekerja pada komputer Anda, sedangkan warna biru pada label teks NIS menunjukkan bahwa teknologi NIS tidak bekerja pada sistem Anda. .

Bagaimana cara agar Penskalaan Gambar NVIDIA berfungsi?

Agar Penskalaan Gambar NVIDIA berfungsi, Anda harus mengaktifkannya. Ada dua cara untuk mengaktifkan NVIDIA Image Scaling, melalui NVIDIA Control Panel dan melalui GeForce Experience. Jika Anda tidak menemukan opsi untuk mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA di GeForce Experience, aktifkan opsi fitur Eksperimental di GeForce Experience. Setelah itu, versi baru aplikasi akan diunduh secara otomatis. Sekarang, restart aplikasi GeForce Experience dan Anda akan melihat opsi untuk mengaktifkan NIS di sana.

Kami telah menjelaskan proses langkah demi langkah untuk mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA menggunakan kedua opsi di bawah ini dalam artikel ini.

Penskalaan Gambar NVIDIA tidak muncul atau working

Jika NVIDIA Image Scaling tidak muncul atau bekerja pada komputer Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba saran yang dijelaskan di bawah ini untuk memperbaiki masalah ini.
Pastikan Anda telah mengatur NVIDIA Image Scaling dengan benar di perangkat AndaPastikan game Anda mendukung full- mode layarBeralih ke GPU khusus dari GPU terintegrasiNonaktifkan NVIDIA Optimus (jika berlaku)Nonaktifkan Penskalaan IntegerModifikasi kunci Registri Mari kita lihat semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Pastikan Anda telah mengatur Penskalaan Gambar NVIDIA dengan benar di perangkat Anda
Penskalaan Gambar NVIDIA tidak berfungsi sampai Anda mengatur dan mengonfigurasinya dengan benar di perangkat Anda. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya dalam artikel ini, ada dua cara untuk mengaktifkan NIS pada komputer Windows yang memiliki Kartu Grafis NVIDIA; melalui Panel Kontrol NVIDIA dan melalui GeForce Experience. Kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk mengaktifkan NIS menggunakan kedua metode di bawah ini.
Mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA pada komputer Windows menggunakan Panel Kontrol NVIDIA Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA dari Panel Kontrol NVIDIA.

Luncurkan panel Kontrol NVIDIA. Saat NVIDIA Panel Kontrol muncul di layar Anda, perluas simpul Pengaturan 3D dan pilih Kelola Pengaturan 3D. Di sisi kanan, Anda akan melihat dua tab, Pengaturan Global dan Pengaturan Program. Pilih tab Pengaturan Global. Pilih Penskalaan Gambar, klik menu tarik-turun di sebelahnya dan pilih Aktif. Klik OK. Ini akan mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA untuk game Anda.
Saat Anda mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA, driver akan menghasilkan 5 resolusi penskalaan tambahan berdasarkan resolusi asli monitor Anda. Sekarang, hal berikutnya adalah memastikan bahwa game Anda akan mengenali resolusi baru ini. Untuk ini, Anda harus me-restart sistem Anda setelah melakukan langkah-langkah di atas. Setelah mem-boot ulang sistem, Anda dapat memilih resolusi yang diinginkan untuk game Anda di pengaturan dalam game.
Mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA di komputer Windows melalui GeForce Experience
Untuk mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA melalui GeForce Experience, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur Eksperimental di Pengalaman GeForce. Tanpa mengaktifkan fitur Eksperimental, Anda tidak akan melihat opsi untuk mengaktifkan NIS. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda di this.

Luncurkan NVIDIA GeForce Experience.Klik opsi Aktifkan fitur Eksperimental yang tersedia di sisi kiri bawah antarmuka. Setelah mengaktifkannya, versi baru GeForce Experience akan diunduh secara otomatis. Setelah pengunduhan selesai, tutup GeForce Experience dan luncurkan lagi. Sekarang, Anda akan melihat opsi Penskalaan Gambar baru di GeForce Experience. Secara default, ini dimatikan. Nyalakan dengan mengklik sakelar sakelar di sebelahnya. Setelah mengaktifkan Penskalaan Gambar, Anda akan melihat pesan sembulan di layar Anda, mengatakan “Penskalaan Gambar diaktifkan. Optimalkan semua game dan pengaturan…” Jika Anda mengklik Optimalkan, pengaturan Penskalaan Gambar akan diterapkan ke game yang didukung oleh Geforce Experience yang diinstal di komputer Anda.
Anda juga dapat memilih resolusi Penskalaan Gambar NVIDIA di pengaturan dalam game.
2] Pastikan gim Anda mendukung mode
layar penuh Jika metode di atas tidak memungkinkan Anda mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA untuk gim tertentu, pastikan gim tersebut mendukung mode layar penuh. Secara default, NVIDIA Image Scaling berfungsi untuk game yang menawarkan mode layar penuh. Oleh karena itu, Anda harus mengaktifkan mode layar penuh di pengaturan dalam game Anda. Jika game tidak mendukung mode layar penuh, menurunkan resolusi render dapat membantu. Anda dapat mengubah resolusi melalui Panel Kontrol NVIDIA.
3] Beralih ke GPU khusus dari GPU
Terintegrasi Masalah sebagian besar terjadi jika game menggunakan kartu grafis terintegrasi alih-alih GPU khusus NVIDIA. Jika demikian halnya dengan Anda, Anda dapat memperbaikinya dengan memaksa game Anda menggunakan GPU kelas atas alih-alih GPU terintegrasi. Beberapa laptop memiliki sakelar MUX yang memungkinkan pengguna beralih antara kartu grafis terintegrasi dan khusus. Jika laptop Anda memiliki sakelar MUX, Anda dapat menggunakannya untuk beralih dari kartu grafis terintegrasi ke kartu grafis khusus.

Pengguna yang laptopnya tidak memiliki sakelar MUX dapat melalui langkah-langkah berikut untuk beralih dari kartu grafis terintegrasi ke kartu grafis khusus:
Buka Panel Kontrol NVIDIA.Perluas node Pengaturan 3D di sisi kiri dan pilih opsi Kelola Pengaturan 3D.Pilih tab Pengaturan Program di sisi kanan antarmuka.Klik Tambah. Sekarang, klik tombol Browse dan pilih file executable dari game yang membuat Anda kesulitan. Klik Add Selected Program. Pilih High-Performance GPU di bawah Use Selected Graphics Processor untuk program ini. Simpan perubahan dan restart sistem Anda.
Setelah itu, game Anda akan mulai menggunakan GPU khusus alih-alih GPU terintegrasi. Ini harus memperbaiki masalah. Jika masalah masih berlanjut, coba solusi berikutnya.
4] Nonaktifkan NVIDIA Optimus (jika ada)
NVIDIA Optimus adalah teknologi yang secara otomatis mengoptimalkan notebook pengguna untuk menawarkan kinerja terbaik dan masa pakai baterai terbaik. Ini adalah teknologi switching GPU yang dikembangkan oleh NVIDIA. Itu membuat laptop Anda beralih secara otomatis antara kartu grafis terintegrasi dan kartu grafis diskrit berdasarkan aplikasi yang Anda gunakan.

Untuk beberapa pengguna, fitur ini menimbulkan masalah. Setelah menonaktifkannya, mereka dapat memperbaiki masalah tersebut. Anda mungkin menghadapi masalah karena teknologi NVIDIA Optimus. Jika demikian halnya dengan Anda, menonaktifkan NVIDIA Optimus dapat memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk menonaktifkan NVIDIA Optimus berbeda untuk laptop dari merek yang berbeda.
5] Disable Integer Scaling
NVIDIA Integer Scaling adalah fitur yang digunakan untuk meningkatkan gambar beresolusi rendah sehingga cloud lebih cocok dengan monitor pengguna. Meskipun ini adalah fitur yang berguna pada Kartu Grafis NVIDIA, beberapa pengguna merasa fitur ini bertentangan dengan Penskalaan Gambar NVIDIA. Jika Anda telah mengaktifkan Penskalaan Integer, matikan, lalu periksa apakah ini membantu Anda menyelesaikan masalah.

Langkah-langkah untuk menonaktifkan Penskalaan Integer untuk GPU NVIDIA adalah sebagai berikut:
Buka Panel Kontrol NVIDIA.Perluas node Tampilan di sisi kiri. Jika GPU Anda mendukung Integer Scaling, Anda akan melihatnya di opsi yang tercantum di bawah Display node. Pilih opsi Integer Scaling untuk menonaktifkannya.6] Memodifikasi Registry key
Jika Penskalaan Gambar NVIDIA tidak muncul di komputer Anda, Anda dapat memulihkannya di Panel Kontrol NVIDIA dengan memodifikasi kunci EnableGR535 di Registry Windows Anda. Sebelum melanjutkan, kami menyarankan Anda membuat titik pemulihan sistem dan mencadangkan Windows Registry.

Klik pada Windows Search dan ketik Registry Editor, lalu pilih Registry Editor dari hasil pencarian. Klik Ya di prompt UAC.

Ketika Editor Registri muncul di layar Anda, salin jalur berikut dan tempelkan ke bilah alamat Editor Registri. Setelah itu, tekan Enter.
HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesnvlddmkmFTS
Pastikan Anda telah memilih tombol FTS di sisi kiri. Sekarang, klik dua kali pada nilai bernama EnableGR535 di sisi kanan antarmuka dan masukkan 0 di Data Nilainya. Setelah selesai, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Jika Nilai EnableGR535 tidak ada di sisi kanan, Anda harus membuatnya secara manual. Untuk ini, klik kanan di ruang kosong di sisi kanan dan pergi ke “New > DWORD (32-bit) Value.” Klik kanan pada Nilai yang baru dibuat dan pilih Ganti Nama. Ubah namanya menjadi EnableGR535.

Setelah selesai, tutup Registry Editor dan restart komputer Anda. Ini akan mengembalikan pengaturan NIS.

Baca: NVIDIA GeForce Experience tidak dapat membuka Share.

Bagaimana saya tahu jika NIS berfungsi?

Setelah mengaktifkan Penskalaan Gambar NVIDIA, Anda dapat membuatnya muncul sebagai indikator overlay di game Anda. Ini mirip dengan FPS yang ditampilkan dalam game oleh perangkat lunak FPS Counter. Indikator overlay NIS ini akan membantu Anda mengetahui apakah NIS berfungsi atau tidak. Jika NIS berfungsi, indikator overlay (label teks NIS yang ditampilkan di sudut kiri atas layar) akan berwarna hijau. Jika tidak berfungsi, warna indikatornya akan menjadi biru.

Semoga membantu.

Baca selanjutnya: Kartu grafis NVIDIA tidak mendeteksi HDMI di Windows 11/10.