Penunjuk mouse terus berubah menjadi panah dengan bilah gulir vertikal

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana menangani masalah di mana penunjuk tetikus terus berubah menjadi panah dengan bilah gulir vertikal. Biasanya, panah dengan bilah gulir vertikal muncul di layar saat Anda menekan roda gulir mouse atau tombol tengah mouse. Ini memungkinkan pengguna menggulir halaman dengan menggerakkan mouse mereka ke atas dan ke bawah tanpa menggunakan roda gulir. Ikon panah ini dapat diatur ulang dengan mudah dengan mengklik di mana saja pada layar. Tetapi untuk beberapa pengguna, penunjuk tetikus sering berubah menjadi panah dengan bilah gulir vertikal dan mereka harus membuka properti tetikus mereka untuk mengatur ulang. Setelah beberapa menit mengatur ulang, masalah muncul lagi. Di sisi lain, beberapa pengguna telah melaporkan bahwa masalah hanya muncul saat mengetik.

Penunjuk mouse terus berubah menjadi panah dengan bilah gulir vertikal

Seperti dijelaskan sebelumnya, klik tengah mouse yang mengubah penunjuk mouse menjadi panah dengan gulir vertikal batang. Sebelum Anda mencoba saran berikut, klik di mana saja di layar Anda dan lihat apakah masalahnya hilang. Juga, periksa apakah masalah muncul lagi dengan sendirinya. Jika ya, coba solusi berikut.
Run Hardware and Devices TroubleshooterPindai komputer Anda dengan antivirusUbah pengaturan Trackpoint (solusi untuk pengguna Lenovo Thinkpad)Nonaktifkan opsi Sembunyikan penunjuk saat mengetikPerbarui atau instal ulang driver mouse AndaNonaktifkan tombol tengah mouse dengan menggunakan aplikasi Mouse & Keyboard Center lihat semua solusi ini secara detail.
1] Jalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat Jika Anda mengalami masalah dengan perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda, menjalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat dapat memperbaiki masalah. Ini adalah alat otomatis yang mendeteksi masalah dengan perangkat keras Anda dan memperbaikinya (jika mungkin).

Jika Anda membuka Pengaturan Windows 11/10, Anda tidak akan menemukan alat ini di sana. Oleh karena itu, Anda harus menjalankan perintah berikut di Command Prompt untuk membuka alat ini.
msdt.exe -id DeviceDiagnostic2] Pindai komputer Anda dengan antivirus
Ada kemungkinan komputer Anda terinfeksi virus. Oleh karena itu, kami sarankan Anda menjalankan pemindaian sistem lengkap dengan antivirus Anda dan melihat apakah ini memperbaiki masalah.
3] Ubah pengaturan Trackpoint (solusi untuk pengguna Lenovo Thinkpad)
Menurut umpan balik pengguna, masalah ini sebagian besar terjadi pada laptop Lenovo. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan laptop Lenovo, Anda dapat mencoba solusi ini.

Buka Control Panel. Ubah View by mode menjadi Large icons. Klik Mouse. Ini akan membuka Mouse Properties. Di jendela Mouse Properties, pilih tab ThinkPad. Jika Middle Button Action di bawah bagian Trackpoint diatur ke Use for scrolling, ubah ke Use as middle click. Klik Apply lalu klik OK untuk menyimpan the changes.
Jika ini tidak berhasil, nonaktifkan Trackpoint dengan menghapus centang pada opsi Enable Trackpoint.
4] Nonaktifkan opsi Sembunyikan penunjuk saat mengetik.
Jika penunjuk mouse Anda berubah menjadi panah dengan bilah gulir vertikal saat mengetik, nonaktifkan opsi Sembunyikan penunjuk saat mengetik dapat memperbaiki masalah. Langkah-langkahnya tertulis di bawah ini:

Buka Control Panel.Ubah View by mode menjadi Large icons.Klik Mouse untuk membuka Mouse Properties. Di jendela Mouse Properties, pilih tab Pointer Options. Hapus centang pada opsi Hide pointer while mengetik. Klik Apply lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.5] Perbarui atau instal ulang driver mouse Anda
Jika masalah masih berlanjut, driver mouse Anda mungkin rusak atau ketinggalan zaman. Masalah yang terjadi karena driver perangkat yang rusak atau usang dapat diperbaiki dengan memperbarui driver perangkat. Perbarui driver mouse Anda melalui Pembaruan Opsional Windows. Setelah itu, restart komputer Anda dan lihat apakah masalah muncul lagi. Jika ya, hapus instalan dan instal ulang driver mouse dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Kunjungi situs web resmi produsen mouse Anda.Cari driver model mouse Anda.Download versi terbaru driver mouse Anda.Buka Device Manager dan hapus instalasi driver mouse Anda. Jalankan file penginstal yang telah Anda unduh dari situs web produsen. Ikuti wizard di layar untuk menginstal driver mouse secara manual. Nyalakan ulang komputer Anda.6] Nonaktifkan tombol tengah mouse dengan menggunakan aplikasi Mouse & Keyboard Center Solusi ini untuk pengguna mouse Microsoft . Jika Anda memiliki mouse Microsoft, Anda dapat menonaktifkan klik tengah mouse dengan menggunakan aplikasi Mouse & Keyboard Center. Anda dapat mengunduh aplikasi dari microsoft.com. Setelah mengunduh aplikasi, instal di sistem Anda dan buka. Sekarang, ikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah ini untuk menonaktifkan klik tengah mouse:

Pilih tab pengaturan dasar.Klik pada opsi tombol Roda dan pilih Nonaktifkan tombol ini.
Baca: Kursor mouse melompat atau bergerak secara acak saat mengetik.

Mengapa penunjuk tetikus saya berubah menjadi scroll bar?

Saat Anda mengklik scroll wheel pada mouse, kursor mouse akan diubah menjadi scroll bar. Sekarang, Anda dapat menggulir secara vertikal dengan menggerakkan mouse tanpa menggunakan roda gulir. Jika hal ini sering terjadi pada komputer Anda, alasannya mungkin berbeda seperti masalah perangkat keras, infeksi virus, pengaturan mouse yang salah, dll. Anda dapat memeriksa pengaturan mouse Anda di jendela Mouse Properties.

Baca: Mouse bergulir secara otomatis ke atas atau ke bawah.

Bagaimana cara menghilangkan panah pada kursor?

Jika kursor berubah menjadi panah, Anda mungkin tidak sengaja menekan tombol tengah atau roda gulir pada mouse. Ini bukan masalah sampai mulai sering terjadi. Jika masalah ini sering terjadi, Anda harus memindai sistem Anda dengan antivirus dan memperbarui atau menginstal ulang driver mouse Anda.

Semoga ini membantu.

Baca: Mouse menyoroti semuanya ketika saya mengklik.