Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar (Kode 1) [Tetap]

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ketika Anda menghubungkan perangkat keras baru ke komputer Anda, ia menginstal driver masing-masing. Perangkat Anda tidak berfungsi hingga proses penginstalan driver selesai. Driver adalah perangkat lunak yang membangun hubungan komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi. Ini adalah driver yang memberi tahu sistem operasi jenis perangkat mana yang terhubung sehingga perangkat keras yang terhubung dapat bekerja dengan baik. Saat driver mengalami malfungsi, perangkat keras terkait tidak berfungsi. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa solusi untuk memperbaiki salah satu kesalahan Pengelola Perangkat, Kode 1, Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar.

Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar (Kode 1)

Kami dapat melihat dan mengelola semua driver yang diinstal pada sistem kami di Pengelola Perangkat. Ketika perangkat tertentu berhenti bekerja karena masalah dengan driver, kami dapat melihat kode kesalahannya masing-masing di Pengelola Perangkat. Kode 1, Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar adalah salah satu kode kesalahan Pengelola Perangkat. Menurut Microsoft, kesalahan ini terjadi karena salah satu penyebab berikut:
Tidak ada driver yang diinstal pada sistem Anda untuk perangkat tertentu. Driver untuk perangkat tertentu tidak dikonfigurasi dengan benar.
Jika Anda melihat pesan kesalahan ini di Pengelola Perangkat Anda, Anda dapat mencoba saran yang diberikan di bawah ini.
Perbarui driver perangkatInstal driver perangkat secara manualUnduh driver perangkat dari situs web produsenHapus Filter Atas dan Filter Bawah di Registry (jika tersedia)Copot dan instal ulang Universal Serial Bus Controllers
Mari kita lihat semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Perbarui device driver
Ini adalah perbaikan termudah untuk kesalahan yang Anda dapatkan di Pengelola Perangkat untuk perangkat keras Anda. Anda hanya perlu memperbarui driver perangkat. Perbaikan ini berhasil untuk beberapa pengguna. Ini mungkin bekerja untuk Anda juga. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Klik kanan pada tombol Start dan pilih Settings.Di jendela Settings , pilih tab Windows Updates dari daftar di sebelah kiri.Di tab Windows Updates, klik Advanced Options.Di bawah Additional menu opsi, Anda akan menemukan Pembaruan opsional. Klik dan pilih pembaruan yang ingin Anda unduh.
Biarkan Windows menginstal versi terbaru driver perangkat Anda. Setelah pembaruan driver selesai, periksa apakah masalah masih berlanjut.
2] Instal driver perangkat secara manual
Solusi lain untuk memperbaiki kesalahan ini adalah menginstal driver perangkat secara manual. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Buka Device Manager.Temukan driver perangkat Anda yang bermasalah.Klik kanan padanya dan pilih Update driver.Pilih Browse my computer for drivers.Sekarang, pilih Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya. Pastikan bahwa kotak centang Tampilkan perangkat keras yang kompatibel telah dipilih. Anda akan melihat daftar driver yang kompatibel untuk perangkat Anda. Instal salah satu driver yang kompatibel dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.3] Unduh driver perangkat dari situs web produsen
Jika metode di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, hapus instalan driver yang saat ini diinstal dari sistem Anda melalui Device Manager. Setelah itu, kunjungi situs web resmi pabrikan perangkat Anda dan cari driver versi terbaru untuk model perangkat Anda, lalu unduh driver.

Jika driver diunduh dalam format zip, ekstraklah. Sekarang, buka folder yang diekstrak. Anda akan menemukan file penginstal di sana. Klik dua kali pada file penginstal untuk menginstal driver secara manual. Setelah menginstal driver, restart komputer Anda. Ini akan memperbaiki masalah.
4] Hapus UpperFilters dan LowerFilters di Registry (jika tersedia)
Jika masalah masih berlanjut, hapus nilai UpperFilters dan LowerFilters di Peninjau Suntingan Registri (jika tersedia). Proses berikut melibatkan modifikasi Registry Windows. Kesalahan apa pun saat melakukan perubahan pada Windows Registry dapat menyebabkan kesalahan serius pada sistem Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda membuat titik pemulihan sistem dan membuat cadangan Windows Registry.

Klik pada Pencarian Windows dan ketik Registry Editor. Pilih aplikasi Registry Editor dari hasil pencarian. Klik Ya di prompt UAC.

Ketika Editor Registri terbuka, salin jalur berikut dan tempelkan ke bilah alamat Editor Registri. Setelah itu, tekan Enter.
HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControlClass{36FC9E60-C465-11CF-8056-444553540000}
Lihat apakah nilai UpperFilters dan LowerFilters tersedia di sisi kanan. Jika ya, hapus keduanya. Keluar dari Penyunting Registri dan mulai ulang komputer Anda.
5] Copot pemasangan dan instal ulang Universal Serial Bus Controller
Code 1, Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar adalah salah satu kode kesalahan Pengelola Perangkat dan dapat terjadi pada perangkat keras mana pun yang terhubung ke komputer Anda. Jika perangkat USB Anda tidak berfungsi dengan benar, buka Device Manager dan temukan driver perangkat Anda. Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning, berarti ada masalah dengan driver perangkat tersebut. Sekarang, klik dua kali untuk membuka propertinya. Jika kotak dialog properti menunjukkan kode kesalahan 1, menghapus dan menginstal ulang Universal Serial Bus Controller dapat memperbaiki masalah.

Jika Anda dengan cepat dan berulang kali memasukkan dan mengeluarkan perangkat USB ke dan dari port USB tertentu, port USB tersebut mungkin berhenti merespons. Port USB tidak mengenali perangkat USB yang terhubung ke komputer hingga tetap dalam kondisi ini. Untuk memperbaiki masalah ini, hapus instalan USB Controller dan instal lagi. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:
Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager. Di Device Manager, klik dua kali pada node Universal Serial Bus Controllers untuk memperluasnya. Klik kanan pada USB Controller pertama dan pilih Uninstall device.Ulangi langkah 3 untuk menghapus semua USB Controllers. Setelah selesai, restart komputer Anda.
Setelah me-restart perangkat, Windows akan mendeteksi perubahan perangkat keras secara otomatis dan menginstal driver USB Controller yang hilang pada sistem Anda. Sekarang, periksa apakah masalah masih berlanjut.

Baca: Touchpad error Perangkat ini tidak dapat memulai (Kode 10)

Bagaimana cara memperbaiki Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar kode 1?

Anda mungkin melihat pesan “Perangkat ini tidak dikonfigurasi dengan benar. (Kode 1)” pesan kesalahan di Device Manager ketika tidak ada driver yang diinstal pada sistem Anda atau ketika driver untuk perangkat Anda tidak dikonfigurasi dengan benar. Untuk memperbaiki kesalahan ini, Anda harus memperbarui driver perangkat Anda. Ada banyak cara untuk memperbarui driver perangkat. Anda dapat melakukannya melalui Device Manager atau melalui fitur Pembaruan Opsional Windows.

Jika memperbarui driver tidak menyelesaikan masalah Anda, kunjungi situs web resmi produsen perangkat Anda dan unduh versi terbaru driver perangkat Anda. Sekarang, Anda dapat menginstal driver yang baru saja Anda unduh secara manual. Tetapi sebelum Anda melanjutkan, Anda harus menghapus penginstalan driver yang saat ini diinstal pada sistem Anda.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Pengelola Perangkat?

Pengelola Perangkat menunjukkan kode kesalahan yang berbeda untuk kesalahan driver yang berbeda pada komputer Windows. Saat perangkat tertentu berhenti berfungsi dengan benar, Anda mungkin melihat tanda seru berwarna kuning untuk driver perangkat tersebut di Pengelola Perangkat. Tanda peringatan ini merupakan indikasi bahwa driver perangkat telah berhenti bekerja dengan benar.

Untuk memperbaiki kesalahan Pengelola Perangkat itu, klik dua kali pada driver perangkat yang bermasalah di Pengelola Perangkat. Ini akan membuka propertinya. Di bawah tab Umum, Anda akan melihat pesan kesalahan bersama dengan kode kesalahan di kotak Status Perangkat. Anda dapat mencari kode kesalahan dan pesan kesalahan tertentu di web untuk mengetahui kemungkinan perbaikan untuk mengatasi kesalahan itu.

Terkadang, kesalahan di Pengelola Perangkat juga terjadi karena driver perangkat yang rusak atau usang. Dalam kasus seperti itu, memperbarui atau menginstal ulang driver perangkat akan memperbaiki masalah.

Baca: Kode 12, Perangkat ini tidak dapat menemukan sumber daya gratis yang cukup untuk digunakan.

Bagaimana Anda tahu jika perangkat keras Anda rusak?

Ada beberapa tanda peringatan yang akan memberi tahu Anda bahwa perangkat keras PC Anda akan gagal. Anda akan sering melihat kesalahan Blue Screen of Death pada sistem Anda, Anda akan menghadapi masalah kinerja, sistem Anda melambat beberapa saat setelah Anda memulainya, Anda akan sering mengalami masalah pemanasan, dll.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Driver untuk perangkat ini mungkin rusak atau Sistem mungkin kehabisan memori (Kode 3).