Perangkat lunak AMD Radeon tidak terbuka di Windows 11

Beberapa pengguna melaporkan bahwa setelah memperbarui driver kartu grafis, perangkat lunak AMD Radeon tidak lagi berfungsi di Windows 11. Hal ini dapat terjadi jika Anda meningkatkan driver kartu grafis lama dan Anda memiliki GPU baru yang terpasang di komputer Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa perangkat lunak AMD Radeon tidak dapat dibuka di Windows 11 dan cara memperbaikinya. Pertama-tama, periksa apakah Pembaruan Windows diaktifkan untuk pembaruan otomatis. Jika tidak, aktifkan Pembaruan Otomatis dan ulangi proses di atas setelah memulai ulang perangkat Anda. Masih tidak bisa membukanya? Lanjutkan membaca untuk detail lebih lanjut:

Mengapa perangkat lunak AMD Radeon tidak terbuka?

Jika Anda menjalankan Windows 11 dengan grafis AMD dan menemukan bahwa perangkat lunak AMD Radeon tidak terbuka, mungkin karena beberapa masalah kompatibilitas. Akan lebih bijaksana untuk memeriksa apakah driver grafis sudah mutakhir serta mencari konflik lain dalam sistem. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan masalah ini:
Masalah ini biasanya disebabkan oleh driver kartu grafis yang salah, yang dapat diatasi dengan memutar kembali driver Anda. Masalah serupa dapat terjadi jika versi Perangkat Lunak AMD Radeon tidak cocok dengan itu dari driver yang diinstal. Anda juga dapat mengalami masalah ini jika Anda baru saja memperbarui Windows dan tidak menginstal driver grafis AMD terbaru.
Berikut adalah beberapa solusi yang mungkin ingin Anda pertimbangkan:

AMD Radeon software tidak terbuka di Windows 11

Jika perangkat lunak AMD Radeon tidak terbuka pada Windows 11/10 Anda, Anda dapat mengikuti saran di bawah ini:
Hapus folder CN di Windows Explorer Perbarui driver AMD Radeon Kembalikan driver ke versi sebelumnya Instal pembaruan Windows yang tertunda Pemecahan masalah di Clean Boot State
Sekarang mari kita lihat masing-masing secara detail:
1] Hapus folder CN di Windows Explorer
Ada sejumlah laporan bahwa menghapus folder CN dari File Explorer membantu memecahkan t dia mengeluarkan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk menguji ini dan melihat apakah itu berhasil:
Tekan tombol Windows + I untuk membuka File Explorer. Dari panel kiri, klik pada PC ini lalu telusuri ke jalur berikut: C:Users AppDataLocalAMD
Catatan: Pada baris perintah di atas, ganti dengan nama file yang sebenarnya.
Pada halaman berikutnya, klik kanan pada folder CN dan hapus.Sekarang tutup jendela File Explorer dan lihat apakah berhasil.2] Perbarui driver AMD Radeon
Kesalahan ini menunjukkan bahwa driver AMD Radeon Anda perlu diperbarui. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi AMD Driver Autodetect. Untuk hasil yang lebih baik, Anda harus menjalankan alat AMD Cleanup dan menghapus semua file driver AMD.
3] Kembalikan driver ke versi sebelumnya
Windows terkadang memperbarui beberapa driver secara otomatis saat Anda menginstal versi baru, dan itu dapat mengakibatkan masalah ini . Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah ini setelah mengembalikan driver kartu tampilan ke versi sebelumnya. Akibatnya, Anda dapat memperbaiki masalah dengan menurunkan versi driver kartu grafis daripada memperbaruinya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya:
Klik kanan pada Start dan pilih Device Manager dari daftar menu. Di dalam jendela Device Manager, gulir ke bawah ke Display adapters dan perluas. Kemudian klik kanan pada adaptor yang menyebabkan masalah, lalu pilih Properties.Pada tab Driver, periksa apakah opsi Roll Back Driver diaktifkan. Ketika ya, klik di atasnya dan Anda mungkin diarahkan ke versi yang benar.4] Instal pembaruan Windows yang tertunda
Jika tidak ada yang di atas solusi berfungsi, Anda mungkin ingin mengunduh dan menginstal pembaruan secara manual dari Katalog Pembaruan Microsoft dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah.
5] Pemecahan Masalah di Status Boot Bersih PC Anda mungkin mengalami masalah ini ketika beberapa program atau layanan bertentangan dengan Perangkat Lunak Radeon. Dalam hal ini, Anda perlu memecahkan masalah komputer Anda dalam keadaan boot bersih yang hanya memuat program dan file yang paling penting. Untuk melakukan prosedur ini, ikuti langkah berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.Ketik MSConfig di kotak teks dan tekan Enter.Navigasikan ke tab Services di jendela System Configuration.

Pilih Sembunyikan semua layanan Microsoft dan klik Nonaktifkan semua.Klik Terapkan untuk menyimpan perubahan.Pada tab Mulai, klik tautan Buka Pengelola Tugas. Task Manager harus memiliki tab Startup yang dipilih. Pilih setiap layanan startup dan klik Disable untuk menghentikannya. Untuk membuat perubahan diterapkan, klik OK. Sekarang restart komputer Anda dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah. Setelah selesai, buka alat Konfigurasi Sistem lagi.

Pada tab Umum, pilih kotak centang Muat layanan sistem.Anda dapat menyimpan perubahan dengan mengklik Terapkan > OK.Kemudian restart komputer Anda.Setelah memperbaiki masalah, Anda dapat mengaktifkan layanan satu per satu.
Bagaimana cara memperbaiki bug driver AMD?

Jika Anda menemukan bug pada driver AMD Anda, Anda harus pergi ke situs resmi AMD dan mengunduh driver kartu grafis terbaru. Setelah Anda mengunduhnya, hapus instalan driver kartu grafis yang ada dan instal driver baru secara manual.

Baca Selanjutnya:Pengaturan Radeon dan Versi driver tidak cocok.