Perangkat lunak Analisis Nutrisi gratis terbaik untuk Windows 11/10

Berikut adalah daftar perangkat lunak analisis nutrisi gratis terbaik untuk PC Windows 11/10. Perangkat lunak gratis ini membantu Anda mengetahui dan menganalisis nilai nutrisi yang terkandung dalam makanan tertentu. Ini menunjukkan nilai nutrisi seperti protein, mineral, lemak, karbohidrat, asam amino, asam lemak, vitamin, dll. Anda dapat merencanakan makanan Anda sesuai dengan nilai nutrisi target Anda. Selain itu, ini juga dapat digunakan sebagai perencana diet karena perangkat lunak ini berisi database makanan dan resep. Jadi, Anda dapat merencanakan, mengelola, dan memantau diet Anda dengan bantuan perangkat lunak analisis nutrisi gratis ini.

Jadi, jika Anda mencari perangkat lunak gratis yang membantu Anda menentukan nilai gizi dalam porsi makanan Anda, artikel ini adalah perhentian Anda. Anda dapat memeriksa perangkat lunak ini dan fitur-fiturnya, lalu mendapatkan yang paling Anda sukai.

Apa itu perangkat lunak Analisis Nutrisi?

Perangkat lunak analisis nutrisi adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk melihat, melacak, dan menganalisis nilai nutrisi dari protein sejenis, mineral, lemak, karbohidrat, vitamin, gula, asam amino, asam lemak, dll. Ini memungkinkan Anda untuk memantau komposisi nutrisi makanan dan resep Anda dan menganalisis laporan nutrisi dari kebiasaan diet Anda. Jika Anda memiliki nilai target untuk asupan nutrisi, perangkat lunak analisis nutrisi seperti CRON-o-Meter membantu Anda. Anda dapat menemukan beberapa yang bagus di bawah ini di posting ini.

Perangkat lunak Analisis Nutrisi gratis terbaik untuk Windows 11/10

Berikut adalah daftar perangkat lunak Analisis Nutrisi gratis terbaik untuk Windows 11/10:
CRON-o-MetereFit Calorie CounterEasyMenu Balanced Meal PlannerNutritionInfo
Mari kita bahas perangkat lunak di atas secara rinci sekarang!
1] CRON-o-Meter

CRON-o-Meter adalah perangkat lunak analisis nutrisi sumber terbuka dan gratis untuk Windows 11. Perangkat lunak ini terutama digunakan untuk memantau dan melacak asupan kalori harian Anda. Dan juga, periksa kemajuan Anda dengan mengikuti rencana diet tertentu. Hal ini dapat digunakan oleh pengguna yang berbeda. Semua pengguna dapat memasukkan profil tubuh spesifik mereka untuk melacak dan menganalisis nilai nutrisi masing-masing. Mereka dapat memiliki rencana diet pribadi dan rencana asupan makanan yang dapat mereka pantau.

Untuk memulainya, Anda harus memasukkan detail tubuh Anda termasuk tanggal lahir, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. Anda kemudian diminta untuk menetapkan target nutrisi Anda yaitu, jumlah dan kuantitas nutrisi yang Anda butuhkan dalam makanan Anda seperti protein, karbohidrat, air, kafein, lemak, energi, alkohol, gula, pati, vitamin, mineral, asam amino, dan lagi. Anda dapat mengaktifkan nutrisi ini dan kemudian memasukkan nilai minimum dan maksimum masing-masing dan jumlah unit sesuai kebutuhan Anda. Ini juga menyediakan fitur Set to Dietary Reference Intakes. Fitur ini pada dasarnya mengatur semua nilai nutrisi target yang dikonfigurasi khusus untuk profil tubuh Anda.

Setelah selesai memasukkan target nutrisi, Anda dapat melakukan analisis nutrisi untuk mencapai target Anda. Anda dapat memilih tanggal saat ini, dan dari bagian Diet dan ketuk tombol Tambahkan penyajian. Anda kemudian dapat menambahkan makanan yang Anda konsumsi dan juga menentukan jumlah makanan dalam gram/oz yang Anda konsumsi. Ini berisi database makanan populer dengan nilai gizi masing-masing. Anda dapat mencari item makanan tertentu dan kemudian menambahkannya ke rencana makan Anda.

Setelah Anda selesai menambahkan porsi makanan Anda, Anda dapat melihat di bagian bawah bagian Diet di mana terdapat laporan analisis nutrisi. Ini berisi laporan dalam bentuk grafik dan statistik. Laporan nutrisi menunjukkan nilai nutrisi protein, mineral, asam amino, lipid, dan vitamin yang ada dalam porsi makanan Anda. Berdasarkan laporan, Anda dapat dengan mudah menganalisis berbagai nutrisi yang ada dalam makanan Anda dan kemudian membandingkannya dengan nilai nutrisi target Anda.

Selain itu, juga berisi fitur seperti Biomarker dan Latihan. Di tab Biomarker, Anda dapat menambahkan berat badan, suhu tubuh, tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, detak jantung istirahat, dan nilai glukosa darah pada tanggal yang berbeda. Anda kemudian dapat mengklik tombol Bagan untuk menganalisis perubahan nilai-nilai ini selama periode waktu tertentu. Demikian pula, di tab Latihan, Anda dapat menambahkan latihan harian Anda dengan waktu masing-masing dan kalori yang terbakar, lalu menganalisis kemajuan Anda. Tab Catatan khusus juga ada di dalamnya untuk menambahkan catatan Anda yang dapat Anda rujuk di masa mendatang.

Anda dapat menyimpan laporan analisis nutrisi dalam format HTML atau teks. Untuk melakukannya, buka menu Laporan dan ketuk opsi Laporan Nutrisi. Ini memungkinkan Anda memilih periode waktu untuk menyimpan laporan. Ini memungkinkan Anda mencetak berbagai laporan di atas kertas atau menyimpannya sebagai file PDF.

Secara keseluruhan, ini adalah salah satu perangkat lunak analisis nutrisi terbaik yang Anda dapatkan secara gratis.

Baca:Cara menggunakan Jenis Data Makanan di Microsoft Excel?
2] eFit Calorie Counter

eFit Calorie Counter adalah perangkat lunak analisis nutrisi gratis lainnya untuk Windows 11. Ini dapat digunakan untuk menganalisis nilai gizi dalam makanan Anda serta dapat digunakan sebagai Meal planner, Calorie Counter, Shopping Manager, dan Diet Manager. Anda dapat mulai dengan menambahkan detail tubuh Anda seperti tinggi, berat, pinggang, dan lainnya, lalu mulai melakukan analisis nutrisi.

Menggunakan fitur pelacakan kalori, Anda bisa mendapatkan informasi nutrisi dari berbagai makanan dan resep. Fitur ini dapat diakses di bagian Planner-nya. Di bagian Planner, Anda mendapatkan database lebih dari sepuluh ribu item makanan dan resep. Dari sini, Anda dapat menambahkan item makanan Anda dan jumlah porsi berdasarkan detail nutrisi yang ditampilkan. Ini menunjukkan nilai protein, lemak, mineral, zat besi, magnesium, dll.

Ini juga memungkinkan Anda membuat dan menambahkan makanan baru dan resep makanan dengan memasukkan semua nilai gizi secara manual. Anda juga dapat merencanakan makanan untuk waktu yang berbeda dan kemudian melacak nilai nutrisinya.

Perangkat lunak ini dapat digunakan oleh banyak pengguna. Mereka hanya perlu membuat profil spesifik mereka dengan memasukkan detail pribadi dan ukuran tubuh (tinggi, berat, dll.). Anda kemudian dapat menetapkan tujuan Anda seperti menurunkan berat badan, menambah berat badan, dan banyak lagi, dan memantau kemajuan Anda.

Selain merencanakan makanan dan melacak nilai nutrisi, ini juga memungkinkan Anda membuat daftar belanjaan. Fitur untuk menghasilkan daftar belanja dari situs web seperti Amazon Grocery dan lainnya juga ada di dalamnya.

Jika Anda menyukainya, Anda dapat mengunduhnya dari sourceforge.net.

Lihat:Aplikasi Kebugaran gratis terbaik untuk Windows 11/10.
3] EasyMenu Balanced Meal Planner

Aplikasi analisis nutrisi gratis lainnya yang dapat Anda gunakan di Windows 11/10 adalah EasyMenu Balanced Meal Planner. Ini adalah aplikasi sederhana yang menunjukkan informasi nutrisi pada makanan dan resep berdasarkan jumlah porsi.

Ini memungkinkan Anda merencanakan makan tiga kali seminggu dan kemudian melacak nilai nutrisi asupan. Ini berisi database beberapa resep yang dapat Anda tambahkan ke rencana makan Anda. Sekitar 100 resep ada di databasenya. Semua resep menunjukkan informasi nutrisi masing-masing seperti protein, lemak, kolesterol, natrium, vitamin, dll., Tersedia. Selain detail nutrisi, ini juga menampilkan informasi seperti waktu memasak, metode memasak, dan bahan.

Anda dapat menambahkan makanan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Dan kemudian, buka bagian Ringkasan untuk menganalisis laporan nutrisi selama seminggu penuh. Ini menunjukkan grafik dan statistik nutrisi yang Anda konsumsi yang mencakup nutrisi harian rata-rata, kalori harian, dan asupan FAT harian rata-rata. Selain itu, Anda juga dapat membuat dan mengelola daftar belanja Anda melalui aplikasi ini.

Ini adalah aplikasi dasar untuk menganalisis nilai nutrisi dalam makanan Anda. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dari microsoft.com.

Related:10 Makanan Terbaik untuk Tetap Aktif dan Energik di Office.
4] NutritionInfo

NutritionInfo adalah aplikasi analisis nutrisi gratis untuk Windows 11/10. Seperti namanya, aplikasi sederhana ini memberi Anda informasi tentang nilai gizi berbagai buah, sayuran, dll. Terutama ada empat bagian yang disebut sayuran, sayuran berdaun, buah-buahan, dan makanan daging. Anda dapat menjelajahi berbagai item dalam kategori ini dan mendapatkan informasi tentang nutrisi yang dikandungnya.

Untuk setiap item makanan, ini menunjukkan nilai nutrisi seperti protein, air, abu, pati, gula, lemak, dan banyak lagi. Anda dapat dengan mudah menganalisis nilai nutrisi dan merencanakan makanan Anda dengan tepat. Ini juga menunjukkan informasi tentang latar belakang buah-buahan, sayuran, dll. Selain itu, itu berbagi fakta dan dimensi yang menyenangkan dari suatu makanan. Jadi, pada dasarnya, Anda dapat mengetahui tentang makanan atau sayuran tertentu dan nilai gizinya menggunakan aplikasi ini.

Ini adalah aplikasi analisis nutrisi yang cukup mendasar. Anda bisa mendapatkannya di sini.

Apa itu Riwayat Diet?

Riwayat diet adalah cara untuk menganalisis asupan makanan Anda. Ini pada dasarnya menunjukkan konsumsi makanan Anda selama periode waktu tertentu. Anda dapat menganalisisnya untuk memeriksa apakah Anda mengikuti rencana diet Anda atau tidak.

Bagaimana Anda melakukan analisis Nutrisi?

Untuk melakukan analisis nutrisi, analisis laboratorium adalah metode bersertifikat. Sekarang, jika Anda ingin melakukan analisis nutrisi di komputer Anda, Anda dapat menggunakan perangkat lunak gratis. Ada banyak perangkat lunak analisis nutrisi yang memungkinkan Anda menganalisis nilai nutrisi dalam makanan dan resep. Jika ingin menggunakan yang gratis, lihat postingan ini.

Sekarang baca: Cara Membuat Menu Restoran di Word?