Perbaiki AMD FreeSync tidak didukung atau bekerja pada Windows 11/10

Ada teknologi yang membantu meningkatkan kinerja monitor dengan meningkatkan gambar dan memperbaiki masalah yang terjadi pada gambar tersebut. AMD FreeSync adalah salah satu teknologi tersebut. Beberapa pengguna melaporkan bahwa AMD FreeSync tidak berfungsi atau didukung pada Windows 11/10. Dalam panduan ini, kami memiliki beberapa solusi untuk memperbaikinya.

Apa itu AMD FreeSync?

AMD FreeSync adalah teknologi yang dikembangkan oleh AMD untuk memberikan kecepatan refresh dinamis kepada pengguna. Kecepatan refresh tampilan disinkronkan dengan kecepatan bingkai kartu grafis yang kompatibel dengan FreeSync sehingga menghilangkan kemungkinan latensi input, layar robek, dan stuttering selama bermain game atau pemutaran video berkualitas tinggi. AMD FreeSync bekerja melalui koneksi DP (DisplayPort) atau HDMI.

Teknologi ini memiliki tiga varian, AMD FreeSync, AMD FreeSync Premium, dan AMD FreeSync Premium Pro. Kemampuan mereka bervariasi sesuai dengan variannya. AMD FreeSync adalah versi dasar dari semuanya. AMD FreeSync Premium bekerja dengan resolusi FHD setidaknya 120 Hz sedangkan FreeSync Premium Pro menawarkan sertifikasi warna dan pencahayaan yang cermat. AMD telah mencantumkan setiap monitor dari berbagai merek dan produsen di situs web resminya agar pelanggan mengetahui apakah monitor mereka mendukung AMD FreeSync atau tidak.

AMD FreeSync tidak didukung atau berfungsi di Windows 11/10

 

Jika AMD FreeSync tidak berfungsi di Windows 11 /10, Anda dapat menggunakan metode berikut untuk memperbaiki masalah.
Periksa apakah monitor kompatibel dengan AMD FreeSyncCoba Port BerbedaPerbarui Driver GrafisNonaktifkan optimasi Layar PenuhSetel GPU
DefaultMari masuk ke detail setiap metode.
1] Periksa apakah monitor kompatibel dengan AMD FreeSync

Tidak setiap monitor kompatibel dengan AMD FreeSync. Anda harus memeriksa apakah monitor Anda kompatibel dengan AMD FreeSync. Untuk menemukannya, pertama, ketahui nomor model monitor Anda dan masukkan nomor model di kotak pencarian situs web resmi AMD.
2] Coba Ports
yang BerbedaUntuk menghilangkan penyebab perangkat keras AMD FreeSync tidak berfungsi, Anda perlu mencoba port yang berbeda. Jika Anda menggunakan HDMI, coba DP dan lihat apakah berhasil. Kabel HDMI 2.0 dan DP 1.2 diperlukan agar FreeSync berfungsi dengan baik. Juga, periksa kabel atau port yang rusak.
3] Perbarui Drivers
Grafis Karena kesalahan terkait langsung dengan grafis, Anda perlu memperbarui driver grafis ke versi terbaru untuk menghilangkan kemungkinan driver grafis sebagai penyebab masalah. Jadi, coba perbarui driver grafis dan periksa apakah masalah masih berlanjut. Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini untuk memperbarui driver perangkat Anda:
Periksa Pembaruan Driver melalui Pembaruan Windows untuk memperbarui driver AndaKunjungi situs produsen untuk mengunduh driver.
Setelah Anda menyelesaikan pembaruan driver Grafik, periksa apakah AMD FreeSync adalah berfungsi atau tidak.
4] Nonaktifkan Pengoptimalan Layar Penuh

Pengoptimalan Layar Penuh adalah fitur Windows yang membantu pemutar video dan game untuk kinerja yang lebih baik. Ini diaktifkan secara default saat kami memainkan video game dan memutar video. Game atau pemutar video ditingkatkan dengan mengalokasikan sumber daya maksimum ke proses tertentu saat diaktifkan. Anda perlu menonaktifkannya untuk melihat apakah itu menyebabkan AMD FreeSync tidak berfungsi.

Untuk menonaktifkan Pengoptimalan Layar Penuh,
Klik kanan pada program atau game yang menggunakan pengoptimalan Layar Penuh serta AMD FreeSync dan pilih PropertiKemudian, klik pada tab KompatibilitasCentang tombol di sebelah Nonaktifkan optimasi layar penuhKlik Terapkan dan kemudian OK
Baca: Memaksa Game untuk menggunakan Kartu Grafis atau GPU
5] Mengatur GPU
DefaultTerkadang membiarkan Windows memutuskan preferensi Grafik mungkin menjadi penyebab masalah. Anda harus memilih kinerja grafis yang didukung AMD untuk memperbaiki masalah.

Untuk menyetel preferensi Grafik,
Buka aplikasi PengaturanPilih TampilanKemudian, klik GrafikPilih program yang memerlukan fitur AMD FreeSync atau menggunakan sumber daya grafis tinggi dan klik OpsiAnda akan melihat jendela preferensi Grafik. Pilih mode kinerja yang didukung oleh AMD Graphics dan klik Save
Ini adalah cara berbeda yang dapat digunakan untuk membuat AMD FreeSync berfungsi jika tidak berfungsi sebelumnya.

Bagaimana cara mengaktifkan AMD FreeSync di Windows 11/10?

Anda harus memiliki Monitor yang didukung AMD FreeSync. Kemudian, buka program Pengaturan AMD Radeon dan temukan tab AMD FreeSync di bawah Tampilan. Alihkan tombol di samping AMD FreeSync untuk mengaktifkannya.

Baca: Penjelasan G-Sync vs FreeSync
Apakah AMD FreeSync berfungsi dalam mode berjendela?
Ya, AMD FreeSync berfungsi dalam mode berjendela dan juga mode layar penuh. Terkadang sesuai dengan kemampuan monitor, itu hanya berfungsi dalam mode Windowed. Semuanya bermuara pada kompatibilitas monitor Anda. Baca: Perbaiki AMD Driver Timeout telah terjadi error.