Perbaiki Aplikasi tidak merespons kesalahan pada Windows 11/10

Aplikasi tidak merespons kesalahan adalah salah satu dari banyak masalah yang dihadapi pengguna saat menggunakan komputer Windows. Masalah ini cukup mengganggu karena hanya mematikan program tanpa peringatan, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan pekerjaan yang belum disimpan dan hal-hal lain seperti itu. Selain itu, banyak orang telah terlihat melaporkan masalah ini di platform lain, termasuk forum Microsoft dan lainnya.

Paling sering, orang memilih untuk menutup perangkat lunak dengan menekan opsi Akhiri Proses pada pesan kesalahan. Namun, ini tidak pernah memperbaiki masalah dan hanya menyebabkan komputer Anda hang. Jadi, Anda harus menyadari banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah ini pada komputer Anda. Oleh karena itu, posting ini akan menawarkan tujuh solusi untuk aplikasi tidak merespons kesalahan di Windows 11/10, serta beberapa informasi tambahan.

Alasan untuk “Aplikasi tidak merespons” error

Hanya beberapa kemungkinan penyebab pesan kesalahan ini jika muncul di komputer Anda saat Anda menggunakan perangkat lunak atau fitur bawaan seperti Pengelola Tugas. Biasanya, jika komputer Anda tidak memiliki cukup memori untuk menjalankan program, aplikasi akan macet dan itu bisa menjadi penyebab aplikasi tidak merespons masalah di komputer Windows Anda.

Beberapa pengguna mungkin belum memperbarui Windows mereka baru-baru ini, yang berarti komputer mungkin memiliki bug atau masalah lain. Ini bisa menjadi penyebab beberapa program mogok di komputer jenis ini. Selain itu, malware dikenal luas sebagai penyebab masalah seperti ini. Setelah memperbaiki masalah dengan salah satu perbaikan yang akan kami bahas di bagian berikut dari artikel ini, Anda harus memperhatikan penyebab ini agar tidak terjadi lagi di PC Anda. Penyebabnya tercantum di bawah ini: Masalah malware
Memori tidak mencukupi Driver kedaluwarsa Bug dalam program
Perbaiki Aplikasi tidak merespons kesalahan di Windows 11/10

Kami telah mengumpulkan sejumlah solusi untuk mengatasi aplikasi tidak merespons kesalahan di Windows 10 di sini:
Mulai ulang komputer Anda Perbarui Windows juga sebagai programJalankan AntivirusJalankan Pemeriksaan MemoriJalankan Pemecah Masalah Pemeliharaan SistemPeriksa Status Boot BersihMeningkatkan RAM
Sekarang, mari kita bahas bagaimana Anda dapat melakukan masing-masing solusi ini secara efektif.
1] Mulai ulang komputer Anda
Jika Anda telah menggunakan komputer selama berjam-jam, memulai ulang komputer akan membantu mengosongkan memori serta memulai kembali layanannya. Oleh karena itu, komputer Anda akan beroperasi lebih efektif sebagai hasilnya, dan masalah yang Anda alami akan teratasi. Namun, jika pendekatan ini tidak berhasil, coba yang berikutnya.

Baca: Pengelola Tugas tidak merespons
2] Perbarui Windows serta program
Kesalahan “Aplikasi tidak merespons” terkadang dapat dipicu oleh bug komputer Windows. Pembaruan sebagian besar digunakan untuk memperbaiki bug, seperti yang kita semua tahu. Penting juga untuk dipahami bahwa driver yang ketinggalan zaman atau pembaruan yang hilang terkadang dapat menyebabkan masalah kinerja. Untungnya, Pembaruan Windows memungkinkan Anda memperbarui driver secara otomatis. Jadi, Anda disarankan untuk memperbarui Windows dan melihat apakah itu membantu.

Windows 11
Tekan tombol Windows + I untuk membuka Pengaturan di komputer Anda.Klik Pembaruan Windows.Jika ada pembaruan Opsional atau Driver yang tersedia, instal.
Windows 10
Buka Pengaturan di komputer Anda. Pilih Pembaruan & Keamanan. Kemudian periksa pembaruan Opsional atau Driver yang tersedia dan instal jika ada.
Jika masalah ini disebabkan oleh Pembaruan Windows yang tertunda, pendekatan ini akan membantu memperbaikinya.

Anda juga harus memeriksa secara manual apakah ada pembaruan tersedia untuk program yang menimbulkan masalah, dan instal jika tersedia.
3] Jalankan Antivirus
Memiliki malware di komputer Anda akan berdampak negatif pada kinerjanya dalam segala hal yang dapat Anda bayangkan. Jadi, mendapatkan pesan kesalahan ini mungkin juga disebabkan oleh malware. Oleh karena itu Anda harus menjalankan pemindaian malware menggunakan Windows Defender atau perangkat lunak antivirus lain yang mungkin telah Anda instal di komputer Anda.
4] Jalankan Pemeriksaan Memori Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesalahan “Aplikasi tidak merespons” adalah dengan menjalankan pemeriksaan memori. Pendekatan ini akan membantu jika komputer Anda mengalami kebocoran memori atau masalah memori lainnya untuk mengetahui apakah itu alasan kesalahan yang Anda hadapi atau tidak. Untuk menjalankan pemeriksaan memori, lakukan ini:
Tekan Windows + R untuk membuka Run Command Box.Ketik mdsched.exe dan pilih OK.Pada jendela yang dihasilkan, pilih salah satu dari dua opsi tergantung mana yang nyaman bagi Anda.Jika Anda memilih untuk memulai ulang sekarang, lalu tunggu pengujian berjalan.5] Pemecahan Masalah di Status Boot Bersih

Anda juga dapat melakukan boot bersih pada komputer Anda untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah. Jika masalah tetap ada setelah pemecahan masalah boot bersih, ini menunjukkan bahwa proses pihak ketiga adalah akar masalah, dan Anda mungkin perlu menjalankan pemecah masalah di komputer Anda. Selanjutnya, pemecahan masalah dalam keadaan boot bersih melibatkan sejumlah langkah, yang semuanya memerlukan restart komputer Anda. Intinya, aktivitasnya terdiri dari mematikan beberapa layanan dan memeriksa untuk melihat apakah masalah tetap ada. Ini hanya dilakukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki penyebab utama kesalahan.
6] Jalankan pemecah masalah Pemeliharaan Sistembsp

Setelah mencoba solusi lain, masalah masih terjadi; Anda juga dapat mencoba menjalankan pemecah masalah Pemeliharaan Sistem. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini;
Tekan Windows + I untuk membuka pengaturan Windows. Pada kotak pencarian Pengaturan, ketik Pemeliharaan Sistem dan klik Lakukan tugas pemeliharaan yang disarankan secara otomatis. Klik Berikutnya pada jendela yang dihasilkan dan tunggu pemecah masalah berjalan. Setelah itu , restart komputer Anda dan periksa apakah masalah telah teratasi.7] Tingkatkan RAM
Anda mungkin perlu menambah RAM. Ini pasti akan membantu Anda.

Anda juga dapat mengoptimalkan kinerja komputer dan Membersihkan Ruang Disk.

Serupa:Program tidak merespons di Windows

Apa yang harus saya lakukan jika program sama sekali tidak responsif di Windows 11/10? komputer Anda, Anda harus mencoba untuk memaksa keluar dari program. Anda dapat membuka Task Manager menggunakan tombol Ctrl + Alt + Delete. Kemudian cari programnya di tab Processes Task Manager, klik programnya, dan pilih End task.

Baca:Cara mematikan proses Not Responding di Windows

Mengapa aplikasi saya mengatakan Tidak merespons di Windows 11/10?

Jika program Anda berhenti merespons pada komputer Windows, sebagian besar waktu, dapat ditelusuri ke RAM yang tidak mencukupi. Ini berarti program tidak mendapatkan jumlah memori agar dapat berjalan secara efisien. Lebih dari itu, bisa jadi karena bug atau malware di komputer Anda.