Perbaiki Avast Service High CPU & Disk Usage pada Windows 11/10

Umumnya, penggunaan CPU atau Disk yang tinggi adalah masalah umum pada PC Windows 11 atau Windows 10, dengan setiap kejadian menunjukkan gejala unik dan penyebab mendasar; meskipun solusi umum berlaku dalam beberapa kasus. Posting ini membahas solusi yang berlaku untuk Avast Service High CPU and Disk Usage pada Windows 11/10.

Avast Service High CPU & Disk Usage

Jika Anda mengalami Avast Service High CPU and Disk usage pada PC Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba kami solusi yang disarankan disajikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah masalah telah teratasi pada perangkat Anda.
Daftar periksa awalModifikasi Frekuensi Pemindaian AvastNonaktifkan Perisai SuratPemecahan masalah dalam status Boot BersihCopot pemasangan komponen Alat Pembersih Avast dan pengaya yang tidak pentingNonaktifkan Pemberitahuan Pembaruan AvastNbspMari kita lihat deskripsinya dari proses yang terlibat terkait setiap solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awal
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah, Anda dapat melakukan tugas berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah Penggunaan CPU & Disk Tinggi Layanan Avast telah dipulihkan ke normal:
Restart komputer. Selama penggunaan normal komputer Anda, akan ada penumpukan proses dan layanan yang berjalan di latar belakang bahkan ketika Anda telah keluar dari sejumlah program yang berpotensi menyebabkan penggunaan CPU dan/atau disk menjadi tidak terkendali. Dalam hal ini, cara termudah untuk mendapatkan PC dalam mode operasi normal adalah restart sederhana. Hentikan Avast dari berjalan saat startup atau di latar belakang. Avast menggunakan jumlah RAM dan penggunaan disk yang sangat rendah tetapi memberi Anda kecepatan pemindaian yang tinggi dan mendeteksi malware secara instan. Namun, jika Anda entah bagaimana berurusan dengan masalah CPU tinggi layanan Avast, maka Anda mungkin harus benar-benar menghentikan Avast dari berjalan saat startup dan juga menghentikan Avast dari berjalan di latar belakang. Hentikan Pemindaian Screensaver Avast. Dalam beberapa kasus, screensaver Avast menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi. Jadi, Anda dapat memeriksa dan menghentikan Pemindaian Screensaver Avast dengan mengklik kanan file apa pun di desktop dan memilih Pindai file dengan Avast dari menu konteks, dan di jendela yang terbuka dengan pemindaian yang sedang berjalan, cari pemindaian Avast Screensaver dan klik tombol BerhentiPerbarui Avast. Kami tidak dapat terlalu menekankan bahwa versi aplikasi yang sudah ketinggalan zaman kemungkinan besar akan menyebabkan masalah bagi Anda di PC Anda. Jadi, Anda dapat memastikan Avast up to date dengan menjalankan file executable yang terletak di C:Program FilesAVAST SoftwareAvastAvastEmUpdate.exe atau dengan mengklik kanan ikon pada taskbar dan pilih Update pada menu konteks atau melalui tab Pembaruan pada pengaturan perangkat lunak keamanan PC – pastikan Anda me-restart komputer Anda setelah pembaruan. Selain itu, Anda dapat memperbarui Windows sesuai untuk memastikan tidak ada masalah kompatibilitas antara OS dan versi/versi aplikasi.2] Ubah Frekuensi Pemindaian Avast
Setelah daftar periksa awal dan masalah yang dihadapi tidak teratasi, tindakan Anda selanjutnya dapat untuk mengubah Frekuensi Pemindaian Avast – dengan mengatur frekuensi pemindaian ke maksimum, pemeriksaan latar belakang dan pemantauan akan dinonaktifkan dan hanya akan berjalan sesekali. Ingatlah bahwa tindakan ini akan membahayakan keamanan, tetapi dapat memastikan bahwa penggunaan CPU akan kembali normal.

Untuk mengubah Frekuensi Pemindaian Avast, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + E untuk membuka File Explorer.Navigasikan ke jalur direktori di bawah:C :Program FilesAVAST SoftwareAvastDi lokasi, periksa file bernama avast5.ini.Buka file dengan Notepad atau Editor Teks apa pun. Sekarang, masukkan teks di bawah ini di akhir file:[GrimeFighter] : ScanFrequency= 999Simpan dan Keluar Notepad.Restart PC.
Jika Anda merasa tidak nyaman dengan implikasi keamanan PC dari solusi ini atau solusi ini tidak membantu mengatasi masalah, Anda dapat mencoba solusi berikutnya.
3] Nonaktifkan Mail Shield

Mail Shield, salah satu Avast Core Shields dikenal dalam beberapa kasus sebagai biang keladinya. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah yang terlihat, Anda cukup menonaktifkan Mail Shield. Untuk melakukan tugas ini, lakukan hal berikut:
Luncurkan Avast.Klik tombol Menu.Pilih Pengaturan > Perlindungan.Klik Core Shields dari tab Protection.Gulir ke bawah ke bagian Configure shield settings.Klik tab Mail Shield.Sekarang, hapus centang semua opsi dan klik Tanpa Batas jika Avast meminta untuk jangka waktu tertentu. Mulai ulang Avast.
Jika masalah berlanjut, coba solusi berikutnya.
4] Pemecahan masalah di Boot Bersih lonjakan penggunaan CPU dan disk. Dalam hal ini, Anda dapat memecahkan masalah di Clean Boot State dan melihat apakah itu membantu. Jika Avast berjalan dengan lancar dalam status Boot Bersih tanpa memonopoli sumber daya sistem, maka Anda mungkin perlu mengaktifkan satu demi satu proses secara manual untuk mengidentifikasi proses mana yang kemungkinan merupakan pelanggar yang menyebabkan masalah yang sedang Anda hadapi; setelah diidentifikasi, Anda perlu menonaktifkan atau menghapus instalan perangkat lunak yang menggunakan proses penyebab ini.
5] Hapus komponen Alat Pembersih Avast dan alat tambahan yang tidak penting

Avast Cleanup melakukan operasi waktu nyata untuk membebaskan beberapa sumber daya yang dialokasikan oleh aplikasi lain, tetapi selain itu kegunaan nyata alat ini, diketahui sebagai penyebab masalah yang dihadapi. Solusi ini mengharuskan Anda untuk menghapus komponen Avast Cleanup Tool dan add-on non-esensial yang diinstal secara default dengan Avast – add-on ini meningkatkan fungsionalitas, tetapi terkadang menggunakan sumber daya sistem dalam jumlah yang tidak perlu.

Untuk menghapus instalan komponen Avast Cleanup Tool , lakukan hal berikut:
Buka Control Panel > Programs and Features > Programs.Pilih entri Avast Antivirus.Klik Change dan lanjutkan saat jendela Setup muncul di layarBerikutnya, hapus centang pada opsi Cleanup.Klik tombol Continue. Pengaturan Avast sekarang akan memengaruhi perubahan yang diminta. Mulai ulang PC saat diminta.
Untuk menghapus instalan pengaya non-esensial Avast, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka dialog Run. Dalam dialog Run, ketik appwiz.cpl dan tekan Enter untuk membuka applet Program dan Fitur di Panel Kontrol. Di applet, klik kanan entri Avast Antivirus dalam daftar. Pilih Uninstall. Di jendela yang terbuka, klik opsi Ubah. Di jendela berikutnya, hapus centang semua opsi kecuali Core Shields. Terakhir, klik tombol Change dan tunggu prosesnya selesai.
Periksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
6] Nonaktifkan Avast Updater Notifications

Dalam beberapa kasus, masalah saat ini mungkin terjadi jika Avast Antivirus mencoba mengirim pemberitahuan pembaruan tetapi karena beberapa kesalahan proses tetap ada. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menonaktifkan notifikasi pembaru. Begini caranya:
Luncurkan Avast.Klik ikon Menu > Pengaturan.Klik tab Performa.Klik opsi Pembaruan Perangkat Lunak dari panel kiri.Sekarang, hapus centang pada opsi Pemberitahuan tentang pembaruan baru.Tutup jendela.
Itu saja! Salah satu dari solusi ini harus bekerja untuk Anda.

Pos terkait: Perbaiki Malwarebytes CPU dan penggunaan Memori yang tinggi

Apakah penggunaan disk yang tinggi memperlambat komputer?

Jika spesifikasi perangkat keras Anda cukup kuat maka penggunaan disk yang tinggi seharusnya tidak perlu dikhawatirkan. Jika karena alasan tertentu PC Anda memiliki masalah dengan drive yang bekerja terlalu keras, ini dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi. Masalah ini memengaruhi hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD). Untuk membuat Avast atau sebagian besar program yang diinstal pada PC Windows 11/10 Anda menggunakan lebih sedikit Disk, jalankan Disk Cleanup, Defragment drive Anda dan jalankan ChkDsk, untuk memulainya.

Apa yang dimaksud dengan penggunaan disk yang tinggi?

Penggunaan disk yang tinggi atau 100% berarti disk Anda operasi telah mencapai kapasitas maksimumnya yaitu terisi penuh oleh beberapa atau tugas Baca/Tulis lainnya. Setiap hard disk memiliki kecepatan baca/tulis tertentu dan secara umum, jumlah kecepatan baca/tulis adalah 100mbps hingga 150mbps. Dalam kasus Avast, perangkat lunak keamanan melakukan banyak operasi waktu nyata seperti pemindaian latar belakang, pemindaian virus, pembersihan komputer, dan sebagainya, yang dapat menyebabkan penggunaan disk dan CPU yang tinggi.