Perbaiki COMDLG32.OCX hilang atau gagal memuat kesalahan pada Windows 11

Kesalahan COMDLG32.OCX hilang atau gagal memuat dapat terjadi pada komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda saat Anda mencoba menjalankan program yang dibuat menggunakan Visual Basic 6.0. Posting ini memberikan solusi paling cocok yang dapat diterapkan oleh pengguna PC yang terpengaruh untuk berhasil memperbaiki kesalahan ini pada perangkat mereka. Versi COMDLG32.OCX Anda mungkin kedaluwarsa.

Run-time error `339`: Komponen `COMDLG32.OCX` atau salah satu dependensinya tidak terdaftar dengan benar: file hilang atau invalid

Apa itu COMDLG32.OCX?

Modul comdlg32.ocx adalah digunakan dalam aplikasi Visual Basic lama. Kontrol ActiveX ini bertanggung jawab atas fungsionalitas kotak dialog umum dalam aplikasi VB, yang mencakup kotak dialog Buka, kotak dialog `Simpan sebagai`, kotak dialog pengeditan Temukan dan Ganti, kotak dialog Print, Print Setup, dialog pencetakan Page Setup kotak, dll. Modul ini akan didukung pada Windows 11 (dan sebelumnya), tetapi harus dikirimkan bersama dengan perangkat lunak masing-masing.

COMDLG32.OCX hilang atau gagal memuat error

Jika COMDLG32.OCX hilang atau gagal dimuat pada Windows 11 Anda /10 perangkat, Anda dapat mencoba solusi yang kami rekomendasikan dalam urutan yang disajikan di bawah ini dan lihat apakah itu membantu memperbaiki kesalahan pada sistem Anda.
Daftar periksa awal Perbarui Visual BasicRe-register file COMDLG32.OCXGanti atau Pulihkan file COMDLG32.OCXLakukan Reset PC Ini, Cloud Instal Ulang atau Perbaikan Peningkatan di Tempat Windows
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat terkait setiap solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awalSebelum Anda mencoba solusi di bawah ini, sebagai ick solusi, Anda dapat melakukan hal berikut, dan setelah setiap tugas melihat apakah masalah dalam fokus teratasi:
Run sistem penuh AV scan. Ada kemungkinan infeksi malware telah memodifikasi file ocx ini. Anda dapat menjalankan pemindaian antivirus sistem lengkap dengan Windows Defender atau produk AV pihak ketiga yang bereputasi baik. Jalankan pemindaian SFC dan DISM. Anda dapat menjalankan pemindaian SFC dan tergantung pada hasilnya, tindak lanjuti dengan pemindaian DISM untuk memperbaiki kerusakan file sistem dan citra sistem yang rusak atau buruk yang kemungkinan akan memicu kesalahan ini. Perbarui Windows. OS Windows yang ketinggalan zaman rentan terhadap kesalahan. Jadi, periksa pembaruan dan instal bit yang tersedia di perangkat Windows 11/10 Anda dan lihat apakah kesalahan muncul kembali. Di sisi lain, jika kesalahan dimulai setelah Anda baru saja memperbarui Windows, Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem atau menghapus instalan pembaruan – tetapi jika Anda memilih untuk tidak melakukan keduanya sebagai pemecahan masalah baris pertama, Anda dapat melanjutkan dengan solusi di bawah ini. 2] Perbarui Visual Basic
Jika versi file COMDLG32.OCX pada sistem Windows 11/10 Anda kedaluwarsa, Anda mungkin menemukan COMDLG32.OCX hilang atau gagal memuat kesalahan pada perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda cukup memperbarui Visual Basic di mana file OCX yang dimaksud adalah salah satu komponennya.

Visual Basic 6.0 terdiri dari kiriman utama berikut:
Visual Basic 6.0 IDE (Integrated Development Environment). Visual Basic 6.0 Runtime: perpustakaan dasar dan mesin eksekusi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi VB 6.0. File Perpanjangan Waktu Proses Visual Basic 6.0: File OCX kontrol ActiveX yang dipilih, perpustakaan, dan alat yang dikirimkan dengan media IDE dan sebagai rilis online.
Untuk memperbarui Visual Basic, lakukan hal berikut:
Download paket Pembaruan Rollup Keamanan Visual Basic 6.0 Service Pack 6 dari Microsoft Download Center.Unzip paket arsip.Sekarang, salin modul COMDLG32.OCX dan simpan ke lokasi berikut tergantung pada arsitektur sistem Anda:
Pada Windows 64-bit system
C: WindowsSysWOW64
Pada Windows 32-bit system
C:WindowsSystem32
Setelah selesai, restart PC dan lihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, lanjutkan dengan solusi berikutnya.
3] Daftarkan ulang file COMDLG32.OCX

Karena Anda telah memperbarui file COMDLG32.OCX yang merupakan komponen Visual Basic, tetapi masalah belum teratasi, Anda dapat mendaftarkan ulang file OCX yang dimaksud .
4] Ganti atau Pulihkan COMDLG32.OCX file
Secara default, modul ini tidak disertakan dengan Windows dan tidak akan tersedia di Winbindex, layanan web baru yang memungkinkan pengguna melihat informasi tentang file OS Windows 11/10 dan mengunduhnya file dari server Microsoft.

Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus file COMDLG32.OCX dari sistem Anda, Anda dapat mencoba dan memulihkan file dari Recycle Bin. Anda juga dapat memulihkan file ini dengan masuk ke komputer Windows lain yang berfungsi yang baru saja diperbarui, navigasikan ke folder C:WindowsSystem32 atau C:WindowsSysWOW64 sesuai kasusnya; cari dan salin file ke drive USB, lalu colokkan drive ke PC yang bermasalah, navigasikan ke folder yang sama persis dengan yang disalin, lalu tempel file di lokasi itu.
5] Lakukan Reset This PC, Cloud Reinstall atau In-place Upgrade Repair Windows

Jika pada titik ini tidak ada yang berhasil, dan Anda telah kehabisan semua opsi lain yang mungkin untuk memperbaiki kesalahan pada perangkat Windows 11/10 Anda tetapi tidak berhasil, maka kemungkinan Anda berurusan dengan kerusakan sistem yang tidak dapat diselesaikan secara normal. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba Reset This PC, atau Cloud Reinstall untuk mereset setiap komponen Windows. Anda juga dapat mencoba Perbaikan Peningkatan di Tempat dan melihat apakah itu membantu.

Salah satu solusi ini akan bekerja untuk Anda!

Pos terkait: MSCOMCTL.OCX atau salah satu dependensinya tidak terdaftar

Apakah Anda harus mendaftarkan file OCX?

Ketika Anda mendistribusikan Microsoft Visual aplikasi yang menggunakan kontrol ActiveX (berkas .ocx), berkas .ocx harus didaftarkan dengan benar agar dapat berfungsi dengan benar asalkan Anda memilih kotak centang OLE untuk berkas .ocx. Anda dapat menggunakan Microsoft Register Server (Regsvr32.exe) untuk mendaftarkan file .ocx 32-bit secara manual pada sistem operasi 32-bit.