Perbaiki Deployment Gagal dengan kesalahan HRESULT 0x80073D02

Microsoft Store memiliki banyak aplikasi yang dapat kita instal di komputer Windows 11/10 kita. Saat aplikasi Microsoft Store tertentu berhenti berfungsi, kami dapat memperbaikinya melalui metode pemecahan masalah yang berbeda. Mendaftar ulang aplikasi adalah salah satu metode pemecahan masalah ini. Untuk melakukannya, Anda harus menjalankan perintah di Windows PowerShell. Saat menjalankan perintah untuk mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store di Windows PowerShell, beberapa pengguna mengalami Deployment Failed with HRESULT 0x80073D02, Paket tidak dapat diinstal karena sumber daya yang dimodifikasinya sedang digunakan. Jika kesalahan ini terjadi pada sistem Anda, Anda tidak akan dapat mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store tertentu. Artikel ini mencantumkan beberapa metode pemecahan masalah yang akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Pesan kesalahan lengkapnya adalah:

Add-AppxPackage : Deployment failed with HRESULT: 0x80073D02, Paket tidak dapat diinstal karena sumber daya yang dimodifikasi sedang digunakan. error 0x80073D02: Tidak dapat menginstal karena aplikasi berikut harus ditutup dengan HRESULT 0x80073D02 error

Cobalah perbaikan berikut untuk menyelesaikan masalah ini.
Periksa Pembaruan WindowsMengakhiri aplikasi atau proses latar belakangBuat akun pengguna baruCopot pemasangan dan instal ulang aplikasiLakukan pemutakhiran di tempat Mari lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa Pembaruan Windows

Terkadang masalah terjadi karena versi Windows yang kedaluwarsa. Microsoft menyarankan pengguna untuk selalu memperbarui sistem mereka. Pembaruan terbaru juga menginstal patch keamanan terbaru pada sistem pengguna yang membantu melindungi mereka dari serangan cyber. Selain itu, pembaruan terbaru juga memperbaiki masalah yang dialami pengguna di komputer Windows karena beberapa bug. Buka Pengaturan Windows 11/10 dan periksa Pembaruan Windows. Jika pembaruan tersedia, instal, lalu lihat apakah ini memperbaiki masalah.
2] Akhiri aplikasi atau proses latar belakang Pesan kesalahan sudah cukup jelas. Jika Anda membacanya dengan cermat, nama aplikasi atau proses yang menyebabkan masalah akan ditampilkan di akhir pesan. Menurut pesan kesalahan, perintah untuk mendaftar ulang aplikasi tidak dapat dijalankan karena aplikasi tidak ditutup. Ini berarti bahwa aplikasi atau proses, yang namanya ditampilkan dalam pesan, sedang berjalan di latar belakang. Untuk memperbaiki masalah, Anda harus mengakhiri aplikasi atau proses itu. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini:
Tekan tombol Win + R. Ketika kotak perintah Run muncul, ketik taskmgr dan klik OK. Ini akan membuka Pengelola Tugas. Di Pengelola Tugas, pilih tab Proses dan cari aplikasi atau proses, yang namanya ditampilkan dalam pesan kesalahan. Setelah Anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih Akhiri Tugas.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mendaftarkan ulang aplikasi melalui Windows PowerShell. Jika ini tidak membantu, coba solusi berikutnya.
3] Buat akun pengguna baru

Terkadang, masalah terjadi di akun pengguna tertentu. Kami menyarankan Anda membuat akun pengguna baru dan kemudian melihat apakah Anda dapat mendaftarkan ulang aplikasi dari akun pengguna tersebut. Anda dapat membuat akun pengguna baru dari Windows 11/10 Settings.
4] Copot pemasangan dan instal ulang app
Anda mendaftarkan ulang aplikasi tertentu melalui Windows PowerShell karena Anda menghadapi beberapa masalah di aplikasi itu. Salah satu cara untuk memperbaiki aplikasi yang bermasalah pada Windows 11/10 adalah menginstalnya kembali. Karena Windows PowerShell memberi Anda kesalahan sehingga Anda tidak dapat mendaftarkan ulang aplikasi. Anda dapat mencoba menghapus dan menginstal ulang aplikasi yang bermasalah.

Langkah-langkah untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi adalah sebagai berikut:
Buka Pengaturan Windows 11/10. Buka “Aplikasi > Aplikasi & fitur.” Anda akan melihat daftar semua aplikasi dan perangkat lunak yang diinstal di komputer Anda. Gulir ke bawah daftar dan temukan aplikasi yang bermasalah. Setelah Anda menemukannya, pilih dan klik Uninstall. Di Windows 11, pertama-tama, klik pada tiga titik horizontal di sebelah aplikasi dan kemudian klik Copot pemasangan. Setelah mencopot pemasangan aplikasi, buka Microsoft Store dan instal aplikasi lagi.5] Lakukan Peningkatan di TempatJika setelah menginstal ulang aplikasi, Anda menemukan masalah yang sama di dalamnya dan mendaftar ulang juga tidak berfungsi, lakukan peningkatan di tempat. Pemutakhiran di tempat menginstal sistem operasi Windows 11/10 di komputer pengguna tanpa mencopot pemasangan versi OS Windows sebelumnya. Ini adalah alternatif terakhir sebelum Anda menghapus dan menginstal ulang Sistem Operasi Windows.

Selain itu, pemutakhiran di tempat tidak menghapus data Anda. Tetapi untuk amannya, kami sarankan Anda mencadangkan semua data Anda sebelum melakukan pemutakhiran di tempat.

Ini harus memperbaiki masalah.

Baca: Cara memperbaiki Kode kesalahan Windows Store 0x80072EFD.

Bagaimana cara memperbaiki penyebaran PowerShell gagal dengan HRESULT 0x80073D02 ?

Anda mungkin melihat kesalahan “Penyebaran PowerShell gagal dengan kesalahan HRESULT 0x80073D02” saat mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store melalui Windows PowerShell. Menurut pesan kesalahan, aplikasi yang sama atau proses yang terkait dengannya berjalan di latar belakang mencegah Windows PowerShell mendaftarkan ulang aplikasi itu. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengakhiri aplikasi atau proses yang terkait dengan aplikasi itu melalui Pengelola Tugas. Buka Pengelola Tugas dan temukan aplikasi atau proses, yang namanya ditampilkan dalam pesan kesalahan, lalu akhiri tugas atau proses itu.

Apa itu kode kesalahan 0x80073cf6?

Kode kesalahan 0x80073cf6 adalah kesalahan Microsoft Store. Anda mungkin menerima kode kesalahan ini saat menginstal atau memperbarui aplikasi dari Microsoft Store. Untuk memperbaiki kesalahan ini, pertama, jalankan Pemecah Masalah Aplikasi Windows Store dan lihat apakah itu membantu. Jika ini tidak membantu, setel ulang Microsoft Store melalui Windows 11/10 Settings.

Readnext: Perbaiki kesalahan Microsoft Store 0x80131505.