Perbaiki Driver Kelas IPP Microsoft tidak menawarkan warna

Setelah memutakhirkan ke OS terbaru yang dibuat, banyak pengguna melaporkan bahwa Driver Kelas IPP Microsoft tidak menawarkan warna. Lebih tepatnya, pengemudi hanya menawarkan opsi skala abu-abu dan monokrom. Driver Kelas Microsoft IPP tetap menjadi driver printer default OS Windows sampai Anda menginstal driver printer lainnya. Sedangkan IPP singkatan dari Internet Printing Protocol, bertindak sebagai jembatan antara komputer dan server printer. Namun demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika Anda mengalami masalah yang sama.

Microsoft IPP Class Driver tidak menawarkan warna

Jika Microsoft IPP Class Driver hanya menawarkan skala abu-abu & tanpa warna pada komputer Windows 11/10 Anda, coba saran berikut:
Periksa apakah Cetak dalam Grayscale diaktifkanJalankan Pemecah Masalah PrinterSimpan file Cetak sebagai XPS Document WriterInstal ulang perangkat lunak PrinterPilih nama Printer yang benarNonaktifkan Biarkan opsi printer default manajemen Windows Perbarui Driver Printer
Sekarang, mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa apakah Cetak dalam Skala Abu-abu diaktifkan

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah untuk memastikan bahwa opsi cetak dalam skala abu-abu dinonaktifkan. Jika opsi ini diaktifkan, tidak mengherankan Anda menghadapi masalah. Anda harus mengubah pengaturan ke Print in color untuk menghilangkan masalah. Berikut cara melakukannya.
Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol Logo Windows + R.Type control printers dan tekan tombol enter. Di bawah bagian Printers, klik kanan pada Printer yang Anda gunakan dan pilih opsi Printing preferences. Beralih ke tab Features, dan pilih opsi Print in color yang ada di bawah Color options.2] Jalankan Printer Troubleshooterbsp Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah Run Printer Troubleshooter. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan masalah seputar Printer yang diinstal. Berikut cara melakukannya.
Untuk memulainya, buka jendela Pengaturan dengan menekan tombol pintas Windows + I.Di bawah tab Sistem, pilih opsi Pemecahan Masalah.Klik pada Pemecah masalah lainnya.Klik opsi Jalankan yang ada di sebelah Printer.
Tunggu hingga mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang disebutkan. Setelah selesai, reboot sistem Anda dan periksa apakah masalah telah diperbaiki atau belum.
3] Simpan file Cetak sebagai XPS Document Writer
Untuk banyak pengguna, masalah telah diperbaiki dengan menyimpan file cetak sebagai XPS Document Writer dan kemudian mencetaknya. Jadi, ikuti prosesnya dan periksa apakah ada bedanya. Jika masalah terus berlanjut, coba solusi berikutnya pada daftar.
4] Instal ulang perangkat lunak Printer
Solusi efektif berikutnya adalah menghapus instalan dan kemudian baru menginstal perangkat lunak printer. Anda dapat menghapus instalan perangkat lunak melalui Panel Kontrol atau Pengaturan. Dan kemudian unduh lagi dari situs web produsen.

Pastikan Anda me-reboot sistem Anda setelah menginstal perangkat lunak. Sesuai pengguna, masalah terus terjadi jika mereka tidak me-reboot sistem setelah menginstal perangkat lunak. Jadi, setelah perangkat lunak diinstal pada sistem Anda, reboot perangkat dan periksa apakah masalah berlanjut.

Lihat: Alamat fungsi menyebabkan Kesalahan Perlindungan – Pencetakan error
5] Pilih nama printer yang benar

Jika Anda tidak ingin menghapus dan menginstal ulang perangkat lunak printer, Anda dapat mencoba mengubah pengaturan Port. Inilah yang perlu Anda lakukan.
Buka menu Pengaturan dengan menekan tombol pintas Windows + I.Klik pada opsi Bluetooth & perangkat yang ada di ujung kiri layar.Pilih Printer yang bermasalah.Di jendela berikut, pilih Properti printer.Switch ke tab Ports.Centang merek printer/nama printer yang benar.Klik Terapkan > OK.
Itu saja. Sekarang reboot Printer dan PC Windows Anda. Periksa apakah itu menyelesaikan masalah.

Lihat: Cara mereset Printer ke pengaturan pabrik default
6] Nonaktifkan Biarkan opsi printer default manajemen Windows

Solusi berikutnya dalam daftar adalah menonaktifkan opsi Biarkan printer default manajemen Windows. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka menu Pengaturan, dan arahkan ke Bluetooth & menipu > Pencetak & pemindai. Di bawah preferensi Pencetak, nonaktifkan sakelar yang ada di sebelah Biarkan Windows mengelola printer default saya.
Sekarang, reboot sistem dan periksa apakah masalahnya terus menerus.

Baca: Tidak dapat menginstal printer – Pegangannya tidak valid
7] Perbarui Driver Printer
Pengandar printer yang ketinggalan zaman dapat menjadi alasan signifikan lain di balik masalah tersebut. Anda harus mengunduh pembaruan driver printer terbaru untuk menghilangkan masalah.

Bagaimana cara memperbaiki Driver Microsoft IPP?

Sangat mudah untuk memperbaiki Driver Microsoft IPP. Anda dapat mencoba solusi ini untuk menghilangkan masalah:
Run the Printer Troubleshooter.Download pembaruan Driver Printer terbaru.Reset Printer ke pengaturan pabrik default.
Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat menginstal ulang perangkat lunak Printer.

Mengapa saya hanya memiliki pencetakan skala abu-abu dan monokrom?

Jika opsi warna diatur untuk mencetak dalam skala abu-abu, tidak mengherankan jika Anda menghadapi masalah. Anda harus mengubah pengaturan ke Cetak berwarna untuk menyelesaikan masalah. Berikut cara melakukannya: buka halaman Perangkat dan Printer > Pilih Cetak > Klik kanan padanya dan pilih Preferensi pencetakan > Pilih Cetak dalam warna di bawah Opsi Warna.

Baca Berikutnya: Komputer membeku saat mencetak di Windows 11/10.