Perbaiki efek gema MIC pada Windows 11/10

Apakah Anda mendapatkan efek gema pada suara yang direkam oleh mikrofon Anda? Jika ya, berikut adalah beberapa saran untuk Anda. Karena efek gema, pengguna tidak mendapatkan kualitas yang diinginkan dalam rekaman audio. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa solusi untuk memperbaiki efek gema MIC pada Windows 11/10.

Memperbaiki efek gema MIC pada Windows 11/10

Anda dapat mencoba saran berikut untuk memperbaiki efek gema MIC pada WIndows 11/10. Sebelum melanjutkan, periksa di mana Anda meletakkan mikrofon untuk merekam audio. Jika ditempatkan di dekat dinding atau permukaan reflektif lainnya, Anda akan mengalami efek gema pada output audio. Selain itu, tingkatkan jarak antara speaker Anda dan mikrofon jika Anda menyimpan mikrofon di dekat speaker. Ini karena suara keluaran dari speaker dapat masuk ke mikrofon dan menghasilkan efek gema.
Jalankan pemecah masalah Rekaman AudioNonaktifkan Penguat MikrofonNonaktifkan opsi Dengarkan perangkat iniNonaktifkan Stereo MixNonaktifkan semua efek suara di Perangkat TambahanPerbarui atau instal ulang driver mic Anda
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua ini fixes in detail.
1] Jalankan Recording Audio troubleshooter
Troubleshooters adalah alat otomatis di sistem operasi Windows yang membantu pengguna memperbaiki beberapa masalah umum pada perangkat mereka. Anda mengalami masalah dengan mikrofon Anda. Oleh karena itu, menjalankan pemecah masalah Rekaman Audio dapat memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk menjalankan pemecah masalah Rekaman Audio adalah sebagai berikut:

Klik Windows Search dan ketik Control Panel.Pilih Control Panel dari hasil pencarian.Di bilah pencarian Control Panel, ketik troubleshooting.Klik Troubleshooting.Sekarang, klik Hardware dan Suara.Klik Recording Audio untuk meluncurkan pemecah masalah Recording Audio.Klik Berikutnya dan biarkan pemecah masalah mendeteksi dan memperbaiki masalah.2] Nonaktifkan Microphone Boost
Jika kartu suara yang terpasang di laptop Anda mendukung Microphone Boost, menonaktifkannya dapat membantu Anda memperbaiki masalah. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Klik pada Pencarian Windows dan ketik panel kontrol. Pilih Control Panel dari hasil pencarian. Di Control Panel, pastikan mode View by diatur ke Category. Klik Hardware and Sound. Sekarang, klik Sound. Kotak dialog Suara akan muncul. Pilih tab Recording dan klik kanan pada Mikrofon Anda. Pilih Properties. Pilih tab Levels dan hapus centang pada kotak centang Microphone Boost (jika tersedia). Jika ada penggeser alih-alih kotak centang, pindahkan penggeser ke titik yang menunjukkan 0 dB.
Periksa apakah masalah telah diperbaiki. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
3] Nonaktifkan fitur Dengarkan perangkat ini
Jika masalah masih berlanjut, menonaktifkan fitur Dengarkan perangkat ini dapat membantu. Banyak pengguna menemukan metode ini efektif untuk memperbaiki efek gema pada mikrofon mereka. Anda juga harus mencoba ini. Langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Dengarkan perangkat ini tertulis di bawah ini.

Buka kotak dialog Suara dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam metode sebelumnya.Klik pada tab Perekaman lalu pilih Mikrofon Anda.Klik tombol Properties di sisi kanan bawah .Di jendela Properti Mikrofon, pilih tab Dengarkan.Hapus centang pada kotak Dengarkan perangkat ini.Klik Terapkan lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.
Baca: Mikrofon tidak berfungsi pada Windows
4] Nonaktifkan Stereo Mix
Jika Anda masih mengalami masalah yang sama pada mikrofon, nonaktifkan fitur Stereo Mix. Beberapa kartu suara mendukung fitur Stereo Mix. Periksa apakah fitur ini diaktifkan. Jika Anda menemukannya diaktifkan, nonaktifkan dan periksa apakah ini memperbaiki efek gema mikrofon. Langkah-langkah untuk menonaktifkan Stereo Mix tertulis di bawah ini:

Buka Control Panel. Ketik Sound di kolom pencarian dan klik Sound. Klik pada tab Recording dan lihat apakah fitur Stereo Mix diaktifkan. Jika ya, klik kanan padanya dan pilih Disable.
Baca: Mikrofon tidak berfungsi di Microsoft Teams
5] Nonaktifkan semua efek suara di Enhancements
Audio Enhancement atau Sound Enhancement adalah fitur di perangkat Windows 11/10 yang membantu meningkatkan kualitas suara atau audio. Pengguna yang tidak puas dengan kualitas audio saat ini dapat mengaktifkan fitur ini. Jika Anda mengalami efek gema dalam suara yang direkam oleh mikrofon Anda, menonaktifkan semua efek suara di Penyempurnaan untuk mikrofon Anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Langkah-langkah untuk hal yang sama tercantum di bawah ini:

Buka Control Panel. Ketik Sound di bidang pencarian dan klik Sound. Ketika kotak dialog Sound muncul, klik pada tab Recording. Klik kanan pada mikrofon Anda dan pilih Properties. Di bawah Tab Enhancements, pilih kotak centang Disable all sound enhancements.Klik Apply dan kemudian klik OK.6] Perbarui atau instal ulang driver MIC Anda Masalah mungkin juga terkait dengan driver mikrofon Anda. Jika driver sudah kedaluwarsa atau rusak, perangkat terkait tidak berfungsi dengan benar. Jenis masalah tersebut dapat diperbaiki dengan memperbarui atau menginstal ulang driver perangkat.

Anda dapat menggunakan fitur Pembaruan Opsional Windows untuk memperbarui driver mikrofon Anda.Anda dapat memperbarui driver mikrofon Anda dari Pengelola Perangkat. Setelah membuka Device Manager, perluas node input dan output Audio. Anda akan menemukan driver mikrofon Anda di sana.
Jika metode di atas tidak membantu, hapus instalan driver mikrofon Anda dari Device Manager. Setelah itu, kunjungi situs web resmi produsen mikrofon Anda dan unduh versi terbaru driver mikrofon Anda. Klik dua kali pada file penginstal untuk menjalankannya. Ikuti wizard di layar untuk menginstal driver mic secara manual.

Baca: Perbaiki Discord Mic tidak berfungsi di Windows 11/10.

Bagaimana cara menghentikan mic agar tidak bergema di Windows 11?

Untuk menghentikan mic Anda agar tidak bergema di Windows 11, periksa apakah Fitur Peningkatan Mikrofon untuk mikrofon Anda diaktifkan. Jika Anda menemukan fitur ini diaktifkan, nonaktifkan. Jika komputer Anda tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan Microphone Boost, pindahkan penggeser ke 0 dB. Ini akan menonaktifkan Mikrofon Boost.

Cara efektif lain untuk menghentikan mic dari bergema adalah dengan menonaktifkan fitur berikut:
Dengarkan Perangkat iniStereo MixSemua efek suara di Enhancements
Dapatkah Anda menghapus gema dari audio?

Saat merekam audio, kami mungkin tidak selalu mendapatkan tempat yang sunyi. Karena itu, audio yang direkam mengandung beberapa gangguan dalam bentuk kebisingan latar belakang. Jika rekaman audio Anda memiliki kebisingan latar belakang atau efek gema, Anda dapat menghapusnya dengan beberapa perangkat lunak pembatalan bising gratis. Jika Anda mencari secara online, Anda akan menemukan banyak perangkat lunak peredam bising dan alat online gratis.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Perbaiki penundaan suara Bluetooth di Windows 11/10.