Perbaiki GTA 5 online tidak berfungsi atau memuat di PC Windows

Di sini kita akan melihat apa yang harus dilakukan jika GTA 5 online tidak berfungsi atau memuat pada PC Windows 11/10. GTA 5 adalah game aksi-petualangan yang tersedia untuk PC Windows. Ini adalah salah satu game GTA paling populer di seluruh seri GTA. Gim ini sangat populer sehingga pengguna suka memainkannya hingga sekarang, bahkan setelah hampir 9 tahun dirilis. Tetapi bagi banyak pengguna, GTA 5 online tidak berfungsi di PC Windows mereka. Jika Anda juga mengalami masalah yang sama, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyelesaikan masalah.

GTA 5 online tidak berfungsi atau memuat di Windows PC

here adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba jika mode online GTA 5 tidak berfungsi, muncul, atau memuat di Windows 11/10 PC.
Periksa status serverTutup sumber daya GTA 5Periksa koneksi internetUnduh pembaruan Driver Jaringan terbaruGunakan VPNUbah server DNS
Sekarang mari kita periksa semua solusi secara detail.
1] Periksa status server

Sebelum mencoba salah satu solusi teknis di bawah ini, hal pertama yang Anda harus memeriksa adalah status server GTA 5. Jika server game sedang mengalami downtime, tidak mungkin Anda dapat mengakses game tersebut. Anda dapat memeriksa status GTA online dengan mengunjungi situs web status server Rockstar Games.

Periksa warna yang ada sebelum PC online GTA. Jika berwarna Hijau, berarti layanan sedang online. Sedangkan jika warnanya Merah, berarti server sedang down. Dalam hal ini, Anda harus menunggu hingga pengembang memperbaiki masalahnya.
2] Tutup sumber daya GTA 5

Jika Anda melihat bahwa server dalam keadaan ideal dan Anda masih menghadapi masalah, kemungkinan besar masalahnya berasal dari Anda akhir sistem. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena ini terjadi pada semua game multipemain online. Anda harus menutup semua layanan terkait GTA 5 untuk memperbaiki masalah. Berikut cara melakukannya.
Buka Task Manager dengan menekan tombol pintas Ctrl + Shift + Esc.Beralih ke tab Performance.Klik Open Resource Monitor.Di Resource Monitor, cari gtav.exe dan klik kanan di atasnya.Dari menu konteks, pilih opsi Suspend Process. Tunggu sekitar satu menit, klik kanan pada proses lagi, dan pilih Resume process.
Itu saja. Luncurkan game dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau tidak. Jika ya, Anda baik untuk pergi. Namun jika masalah berlanjut, coba solusi berikutnya pada daftar.

Lihat: Perbaiki GTA V Error Code 1000.50 pada Steam
3] Periksa koneksi internet
Masalah yang dimaksud juga dapat terjadi karena koneksi internet yang lemah. Game multiplayer online, khususnya GTA 5, mengharuskan Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan kuat. Jika tidak demikian, Anda akan selalu dikelilingi oleh masalah seperti yang dibahas dalam pertanyaan.

Anda dapat mengunjungi situs web pemeriksa kecepatan Internet dan memeriksa bandwidth. Jika Anda mendapatkan bandwidth yang relatif lebih rendah, Anda dapat me-restart router Anda. Tetapi jika memulai ulang router tidak membantu, Anda dapat menghubungi ISP dan meminta mereka untuk menyelesaikan masalah.

Lihat: Kode Kesalahan Peluncur Rockstar Games 7002.1 dengan GTA 5 dan RDR 2
4] Unduh pembaruan Driver Jaringan terbaru
Terkadang tidak memiliki driver jaringan terbaru pembaruan sering kali menjadi alasan utama di balik masalah tersebut. Ternyata, game online seperti GTA 5 mengharuskan Anda untuk menginstal pembaruan driver jaringan terbaru di sistem Anda agar berjalan tanpa masalah. Jika ini tidak terjadi, Anda akan kesulitan mengakses mode online GTA 5. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengunduh pembaruan driver jaringan terbaru di sistem Anda.
Tekan Windows + I buka menu pengaturan.Ketuk opsi Pembaruan Windows.Sekarang, kunjungi Opsi lanjutan > Pembaruan opsional.Di jendela berikutnya, Anda akan melihat daftar semua pembaruan yang tersedia untuk sistem Anda, termasuk driver jaringan.
Anda dapat memperbarui driver menggunakan Pengelola Perangkat dan dengan mengunjungi situs web produsen.
5] Gunakan VPN
Solusi berikutnya dalam daftar adalah menggunakan VPN. Meskipun menghubungkan ke VPN memperlambat koneksi, tetapi itu bisa menjadi solusi yang efektif dalam situasi tersebut. Jadi, sambungkan ke server VPN dan periksa apakah itu memperbaiki masalah. Jika tidak, coba solusi berikutnya pada daftar.

Baca: Perbaiki Kode Kesalahan 134 di GTA V di Windows PC
6] Ubah server DNS
Jika Anda masih bergumul dengan masalah, ada kemungkinan besar beberapa masalah dengan server DNS Anda terhubung dengan. Sebagai solusinya, Anda harus mengganti server DNS untuk memperbaiki masalah.

Mengapa GTA 5 Online tidak berfungsi?

Jika mode online GTA 5 tidak berfungsi di sistem Anda, kemungkinan besar game sedang mengalami downtime. Masalah juga dapat terjadi jika Anda terhubung ke koneksi internet yang lemah. Anda harus mengganti koneksi untuk menyelesaikan masalah.

Dapatkah saya menjalankan GTA 5 di laptop saya?

Anda dapat menjalankan GTA 5 tanpa masalah jika sistem memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan game.

Persyaratan Minimum
OS: Windows 8.1 64 BitProcessor: Intel Core 2 Quad CPU Q6600 @ 2.40GHz (4 CPU) / Prosesor AMD Phenom 9850 Quad-Core (4 CPU) @ 2.5GHzRAM: 4GBGPU: NVIDIA 9800 GT 1GB / AMD HD 4870 1GBHDD Space: 65GB
Persyaratan yang Direkomendasikan
OS: Windows 8.1 64 BitProcessor: Intel Core i5 3470 @ 3.2GHZ (4 CPU) / AMD X8 FX-8350 @ 4GHZ (8 CPU)RAM: 8GBGPU: NVIDIA GTX 660 2GB / AMD HD7870 2GBHDD Space: 65GB
Itu saja.

Baca Selanjutnya: GTA 5 tidak diluncurkan atau dijalankan PC Windows.