Perbaiki Kesalahan Audacity saat membuka perangkat suara di PC Windows

Audacity adalah aplikasi perekam dan editor audio digital yang populer dan gratis digunakan. Tetapi saat menggunakannya di PC Windows, pengguna melaporkan menemukan kesalahan saat membuka perangkat suara di PC Windows 11/10. Pesan muncul saat merekam atau memutar audio di aplikasi. Pesan kesalahan mengatakan,

Error membuka perangkat suara. Coba ubah host audio, perangkat perekaman, dan tingkat sampel proyek.

Jangan khawatir jika Anda juga mengalami masalah yang sama. Coba saja solusi di bawah ini untuk menghilangkan masalah.

Audacity Error saat membuka perangkat suara di Windows PC

Di bawah ini adalah daftar semua solusi efektif untuk mencoba memperbaiki Audacity Error saat membuka perangkat suara di PC Windows.
Plugin the external sound deviceAktifkan perangkatGunakan Perangkat Pemutaran dan Perekaman yang samaUbah Audacity HostPerbarui Driver Audio
Sekarang mari kita periksa semua solusi secara detail.
1] Pasang perangkat suara eksternal
Masalahnya terutama terjadi saat mencoba mendengarkan rekaman audio. Dan alasan utama di baliknya adalah perangkat suara eksternal yang dicabut. Ternyata, perangkat suara eksternal harus terhubung ke PC Windows. Jika ini tidak terjadi, Anda akan menghadapi masalah. Jadi, periksa apakah perangkat terhubung atau tidak. Jika tidak, sambungkan untuk memperbaiki masalah.
2] Aktifkan device
Jika Anda melihat bahwa perangkat terhubung dan Anda masih menghadapi masalah, kemungkinan besar Windows tidak mengenali perangkat tersebut. Atau, bisa juga perangkat dinonaktifkan di bawah pengaturan suara. Anda harus mengaktifkan perangkat secara manual untuk menyelesaikan masalah. Begini caranya.
Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol pintas Windows + R. Di tempat yang disediakan, ketik mmsys.cpl dan klik OK. Klik kanan pada ruang kosong di tab Playback dan centang Show Disabled Opsi perangkat.Klik kanan pada perangkat audio yang terhubung dan pilih Aktifkan dari menu konteks.Klik Terapkan > OK untuk menyimpan perubahan.
Sekarang, alihkan ke tab perekaman, dan ulangi langkah 4 dan 5 lagi.

Luncurkan ulang aplikasi dan centang jika Anda masih menghadapi masalah. Jika tidak, Anda baik untuk pergi. Tetapi jika masalah berlanjut, coba solusi berikutnya pada daftar.

Lihat: Pengelola audio Realtek HD tidak berfungsi atau menunjukkan
3] Gunakan perangkat Pemutaran dan Perekaman yang sama

Masalah juga akan terjadi jika Audacity menggunakan perangkat Pemutaran dan Perekaman lain. Anda harus memilih perangkat secara manual untuk menyelesaikan masalah. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Luncurkan aplikasi Audacity.Klik pada opsi Edit dan pilih Preferences dari menu drop-down.Klik pada opsi Devices yang ada di panel kiri layar.Di bawah tab Playback, pilih perangkat yang diaktifkan.Di bawah tab Perekaman, pilih perangkat perekaman yang diaktifkan.Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
Luncurkan ulang aplikasi dan periksa apakah Anda masih menghadapi masalah. Jika ya, lanjutkan dengan guide.
4] Ubah Audacity Host

Solusi selanjutnya yang dapat Anda coba dalam situasi tersebut adalah mengubah Host Audacity. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Launch Audacity > Edit > Preferences.Klik pada Devices.Di bawah bagian Interface, ubah Host ke Windows WASAPI.Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
Luncurkan ulang aplikasi dan periksa masalahnya.

See : Perangkat audio dinonaktifkan di Windows 11/10
5] Perbarui Audio Driver

Hal berikutnya yang dapat Anda coba adalah mengunduh pembaruan driver audio terbaru. Ternyata, tidak memiliki pembaruan driver audio terbaru dapat menjadi alasan utama di balik masalah tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengunduh pembaruan driver audio terbaru.
Tekan tombol Windows + X, dan pilih Pengelola Perangkat dari daftar.Ketuk dua kali pada Pengontrol suara, video, dan game.Klik kanan pada driver audio Anda dan pilih Perbarui driver dari menu konteks.
Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan.

Baca: Tidak ada perangkat input audio yang ditemukan di Windows 11/10
6] Matikan Software Playthrough

Untuk banyak pengguna, masalah telah diperbaiki dengan menonaktifkan Software Playthrough pilihan pada Audacity. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk menyelesaikan masalah. Berikut cara melakukannya.
Buka Audacity > Edit > Preferences.Klik pada opsi Recording yang ada di bagian kiri akhir layar.Hapus centang Software Playthrough dari opsi input.Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
Luncurkan aplikasi dan periksa masalahnya .

Bagaimana cara memperbaiki error 9999 di Audacity?

Sangat mudah untuk memperbaiki error 9999 di Audacity. Anda dapat mencoba solusi ini untuk memecahkan masalah.
Mulai ulang aplikasiIzinkan aplikasi mengakses MikrofonTutup aplikasi serupaSetel mikrofon sebagai perangkat defaultNonaktifkan perangkat lunak antivirus pihak ketigaPemecahan masalah dalam Membersihkan Boot
Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat menginstal ulang aplikasi.

Bagaimana caranya mengubah Audio Host di Audacity?

Sangat mudah untuk mengubah Audio Host di Audacity. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Luncurkan Audacity.Klik Edit dan pilih Preferences.Klik pada opsi Host yang ada di bawah Interface.
Ubah Host sesuai kebutuhan Anda.

Baca Selanjutnya: Jack Audio Depan tidak berfungsi di Windows 11/10.