Perbaiki Kesalahan Cadangan Windows Gagal 0x80780166 (0x80070002)

Postingan ini akan membantu memperbaiki Pencadangan Windows dengan benar mengalami kesalahan saat menulis data ke target pencadangan (0x80780166), Sistem tidak dapat menemukan file yang ditentukan. (0x80070002) di komputer Windows 11/10 Anda. Beberapa pengguna menghadapi masalah ini ketika mereka mencoba membuat citra sistem atau mengambil cadangan Windows mereka, proses pencadangan gagal dan kesalahan ini 0x80780166 terlihat. Pesan kesalahan mungkin terlihat seperti ini:

Pencadangan gagal. Pencadangan Windows mengalami kesalahan saat menulis data ke target pencadangan. (0x80780166) Informasi Tambahan: Sistem tidak dapat menemukan file yang ditentukan. (0x80070002)

Jika Anda juga menghadapi masalah yang sama, maka ada beberapa perbaikan yang mungkin bisa membantu.

Fix Windows Backup Failed Error 0x80780166 (0x80070002)

Berikut adalah perbaikan yang mungkin berguna untuk memperbaiki Windows Backup ini mengalami kesalahan saat menulis data ke target pencadangan (0x80780166), Sistem tidak dapat menemukan file yang ditentukan. (0x80070002) Anda mungkin melihat di Windows 11/10:
Setel Layanan Salinan Volume Shadow ke ManualHapus folder WindowsImageBackupGunakan Riwayat File untuk membuat citra sistemGunakan alat pihak ketiga untuk Pencadangan Windows.
Mari kita lihat perbaikan ini.
1] Setel Volume Shadow Copy Service to Manual

Jika status Volume Shadow Copy Service diatur ke Disabled, maka Anda juga dapat menghadapi masalah saat membuat image sistem atau Windows Backup. Jadi, disarankan untuk mengatur layanan Volume Shadow Copy ke Manual, yang merupakan pengaturan default OS Windows. Berikut langkah-langkahnya:
Klik pada kotak Pencarian komputer Windows 11/10 AndaTulis layanan di kotak PencarianTekan tombol Enter untuk membuka jendela LayananDi bagian kanan, daftar semua layanan akan terlihat oleh Anda. Gulir ke bawah halaman untuk menemukan layanan Volume Shadow CopyKlik dua kali pada layanan Volume Shadow Copy untuk membuka kotak Properties-nyaKlik menu drop-down yang tersedia untuk opsi Startup typePilih opsi Manual di menu drop-down ituKlik tombol ApplySekarang klik Tombol Start untuk memulai Service.
Sekarang coba ambil backup dan lihat.
2] Hapus folder WindowsImageBackup
Ketika Anda membuat citra sistem ke beberapa hard drive, semua kontennya disimpan dalam folder WindowsImageBackup. Ada kemungkinan bahwa ada beberapa sisa Cadangan Windows sebelumnya sehingga Anda tidak dapat membuat cadangan baru dan menerima kesalahan ini 0x80780166.

Jika demikian, akses saja hard drive di komputer tempat Anda ingin membuat cadangan. Cari folder WindowsImageBackup di akar media cadangan dan klik dua kali di atasnya. Pilih semua konten yang tersedia di folder itu dan hapus. Setelah itu, restart komputer Anda, dan kemudian mulai proses Windows Backup. Ini mungkin berhasil.
3] Gunakan Riwayat File untuk membuat sistem image

File History adalah fitur bawaan komputer Windows 11/10 yang membantu membuat gambar cermin sistem Anda (termasuk Desktop, Perpustakaan, dan data lainnya). Jika Anda menggunakan alat Cadangkan dan Pulihkan untuk mencadangkan Windows Anda, maka ada kemungkinan alat ini tidak berfungsi dengan baik pada versi OS Windows yang lebih baru ini. Oleh karena itu, jika kesalahan Pencadangan Windows terjadi karena menggunakan alat itu, gunakan Riwayat File untuk membuat cadangan dan memulihkan file. Ini mungkin menyelesaikan masalah Anda.
4] Gunakan alat pihak ketiga untuk Windows Backup
Jika solusi di atas tidak berhasil, maka opsi lain yang akan membantu adalah menggunakan alat pihak ketiga untuk Pencadangan Windows. Untungnya, ada beberapa perangkat lunak pencitraan, pemulihan, dan pencadangan gratis terbaik untuk Windows yang memungkinkan Anda membuat citra sistem dan membuat salinan file Anda. Jadi, Anda dapat mencoba alat tersebut satu per satu, lalu memutuskan mana yang paling cocok untuk Anda.

Baca selanjutnya:Pencadangan Windows tidak berfungsi, gagal, atau tidak berhasil diselesaikan.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Pencadangan Windows?

Pengguna Windows menerima banyak kesalahan Pencadangan Windows dari waktu ke waktu. Terkadang, itu terjadi karena Pembaruan Windows baru dan terkadang ada alasan lain untuk itu. Untuk memperbaiki kesalahan Pencadangan Windows, Anda dapat mencoba beberapa solusi yang diketahui seperti menggunakan pemecah masalah Windows, menggunakan alat Pemeriksa File Sistem untuk menemukan file sistem yang rusak dan memperbaikinya, mengatur layanan Volume Shadow Copy untuk berjalan pada mode otomatis, memperbarui driver perangkat, menghapus sisa makanan dari cadangan sebelumnya, dll.

Mengapa pencadangan tidak berfungsi di Windows 10?

Mungkin ada alasan apa pun ketika Anda mencoba mencadangkan Windows atau membuat citra sistem di komputer Windows 11/10 Anda, proses pencadangan tidak berfungsi dan gagal dengan beberapa kode kesalahan. Ini mungkin terjadi karena layanan Riwayat File atau layanan Volume Shadow Copy tidak berjalan secara otomatis, ada file sistem yang rusak di komputer Anda, data cadangan sebelumnya mengganggu proses pencadangan baru, dll. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menjalankan alat bawaan yang tersedia secara manual untuk memperbaiki file sistem yang rusak, menghapus data atau sisa cadangan sebelumnya, dan mencoba perbaikan lainnya.