Perbaiki kesalahan eksekusi Server yang gagal di WSL

Anda mungkin mengalami kesalahan Server execution failed di WSL pada satu atau lebih instance pada sistem Windows 11 atau Windows 10 Anda; termasuk ketika Anda mencoba menjalankan distro Linux, ketika Anda mencoba menjalankan perintah bash di lingkungan itu, atau ketika Anda mencoba memperbarui/menginstal WSL atau memutakhirkan WSL 1 ke WSL 2. Posting ini memberikan perbaikan yang paling sesuai untuk kesalahan ini di semua kasus. Ingatlah bahwa menyelesaikan kesalahan mungkin bergantung pada skenario lingkungan Anda.

Perbaiki kesalahan Eksekusi server gagal di WSL

Jika kesalahan eksekusi Server gagal telah terjadi di lingkungan WSL pada mesin Windows 11/10 Anda, Anda dapat mencoba solusi yang kami rekomendasikan di bawah ini secara khusus pesan dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah.
Initial checklistNonaktifkan dan aktifkan kembali platform Mesin Virtual WSLDisableReset Windows 11/10
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat terkait setiap solusi yang terdaftar.
1] Daftar periksa awal
Sebelum Anda mencoba solusi di bawah ini, Anda dapat melakukan hal berikut, dan setelah setiap tugas, lihat apakah Anda dapat menyelesaikan tanpa masalah tugas awal yang memunculkan kesalahan dalam sorotan:
Restart LxssManager Service. LxssManager adalah layanan manajer sesi mode pengguna yang meluncurkan instance baru WSL yang menjalankan binari ELF asli. Jika layanan ini dihentikan atau dinonaktifkan, binari tersebut tidak akan berjalan lagi. Untuk memulai ulang Layanan LxssManager, ikuti petunjuk di postingan WslRegisterDistribution failed with error: 0x800700b7 or 0x80080005.Restart PC. Jika memulai ulang Layanan LxssManager macet pada fase “Berhenti” atau tindakan selesai tetapi masalah dalam fokus tetap ada, Anda dapat memulai ulang sistem sama sekali. Perbarui Windows. Jika Windows tidak diperbarui pada sistem Anda, kemungkinan beberapa fungsi atau fitur tidak akan berfungsi dengan baik. Jadi, periksa pembaruan dan instal bit yang tersedia di perangkat Windows 11/10 Anda dan lihat apakah kesalahan muncul kembali. Di sisi lain, jika kesalahan dimulai setelah pembaruan Windows baru-baru ini, Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem atau menghapus pembaruan – tetapi jika Anda lebih suka melakukan salah satu tugas sebagai upaya terakhir, Anda dapat melanjutkan dengan solusi di bawah ini.2] Nonaktifkan dan aktifkan kembali WSL
 

Jika Anda mengalami kesalahan Eksekusi Server gagal di WSL pada komputer Windows 11/10, Anda dapat memecahkan masalah kesalahan WSL dengan menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Subsistem Windows untuk Linux di perangkat Anda.

Untuk menonaktifkan dan mengaktifkan kembali mengaktifkan WSL, semudah mematikan/mengaktifkan fitur di applet Fitur Opsional Windows di Panel Kontrol atau menjalankan cmdlet.

PowerShellUntuk mengaktifkan fitur Subsistem Windows untuk Linux menggunakan kotak dialog Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows, Anda harus telusuri Aktifkan atau nonaktifkan Fitur Windows di kotak penelusuran Windows.

Dari daftar yang diisi, centang opsi untuk Subsistem Windows untuk Linux. Pilih Oke. Ini akan mencari dan menginstal beberapa file sistem yang diperlukan dan meminta Anda untuk me-reboot komputer Anda. Setelah me-restart komputer Anda, distro Linux Anda akan bekerja tanpa masalah apapun.

Atau, buka Windows PowerShell dengan hak tingkat Administrator. Jalankan perintah berikut untuk mengaktifkan fitur Windows Subsystem for Linux:
Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux
Ini akan mulai mencari dan menginstal beberapa file sistem yang diperlukan.

Saat diminta, Anda harus mengetik Y untuk mem-boot ulang komputer Anda .

Ini akan menginstal semua file sistem yang diperlukan, dan distro Linux Anda biasanya akan berfungsi sekarang.

Pastikan untuk me-reboot PC setelah menonaktifkan, dan reboot sekali lagi setelah mengaktifkan.

Namun, solusi ini mungkin tidak ideal jika kesalahan dipicu beberapa kali seperti yang dilaporkan oleh beberapa pengguna PC yang terpengaruh. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba solusi lain di posting ini.
3] Nonaktifkan platform Mesin Virtual
Solusi ini mengharuskan Anda untuk menonaktifkan platform mesin Virtual – dan tidak hanya menonaktifkan Hyper-V pada mesin Windows 11/10 Anda. Untuk melakukan tugas ini, lakukan hal berikut:
Tekan tombol Windows + X untuk membuka Power User Menu.Ketuk A pada keyboard untuk meluncurkan PowerShell dalam mode admin/elevated.Di konsol PowerShell, salin dan tempel perintah di bawah ini dan tekan Enter: $ dism.exe /online /disable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /norestart $ dism.exe /online /disable-feature /featurename:Microsoft-Hyper-V /norestartExit PowerShell setelah perintah dijalankan. Mulai ulang komputer.4] Setel ulang Windows 11 /10

Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil, pada titik ini, Anda mungkin berurusan dengan kerusakan sistem parah yang tidak dapat diselesaikan dengan metode konvensional, misalnya; Pemindaian SFC/DISM. Dalam hal ini, untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki, Anda dapat mengatur ulang Windows 11/10 dengan opsi untuk menyimpan file pribadi Anda. Setelah reset, Anda baru dapat mengatur WSL di perangkat Anda.

Dalam peristiwa yang tidak terduga, masalah dalam fokus tetap ada setelah prosedur reset, Anda dapat mengajukan masalah di GitHub.com untuk masalah terkait WSL.

Berharap posting ini membantu Anda!

Pos terkait: Eksekusi Server Cadangan Windows gagal (0x80080005)

Mengapa eksekusi server saya terus gagal?

Eksekusi Server gagal Kesalahan Windows Media Player mungkin disebabkan oleh kerusakan file sistem windows. Kesalahan ini juga dapat terjadi jika karena alasan tertentu layanan jaringan pemutar media Windows dihentikan atau jika ada masalah dengan akun pengguna Anda.

Mengapa WSL saya tidak berfungsi?

Jika WSL tidak berfungsi pada PC Windows 11/10 Anda, bisa jadi karena sejumlah alasan, termasuk OS yang kedaluwarsa atau file sistem yang rusak. Jadi secara umum, Anda dapat memperbarui versi Windows Anda. Jika masalah berlanjut dan Anda perlu mengakses WSL, pertimbangkan untuk melakukan pemutakhiran di tempat dengan menginstal ulang Windows menggunakan media instalasi dan memilih Simpan Semuanya untuk memastikan aplikasi dan file Anda tersimpan.

Related: Explorer.exe Eksekusi server gagal

Apakah WSL lebih cepat daripada VM ?

Ini juga jauh lebih cepat untuk meluncurkan terminal WSL daripada memulai VM penuh. WSL juga terintegrasi jauh lebih lengkap ke dalam Windows daripada VM biasa di VirtualBox. Meskipun ada cara untuk mengintegrasikan desktop Windows Anda dan VM Linux di VirtualBox, perlu beberapa waktu untuk membuatnya berfungsi dengan benar. WSL 2 berjalan sebagai mesin virtual Hyper-V.