Perbaiki kode kesalahan 0x80240066 Microsoft Store saat memasang aplikasi

Beberapa pengguna Windows 11/10 gagal menginstal aplikasi dari Microsoft Store karena kode kesalahan 0x80240066. Anda mungkin juga melihat kesalahan ini saat memasang pembaruan untuk aplikasi dari Microsoft Store. Kode kesalahan ini tidak terkait dengan aplikasi tertentu. Anda mungkin mendapatkan kesalahan ini saat mengunduh atau memasang aplikasi apa pun. Koneksi internet yang tidak stabil adalah alasan paling umum aplikasi Microsoft Store tidak terinstal di PC Windows. Oleh karena itu, periksa koneksi internet Anda. Akan lebih baik jika Anda menghubungkan sistem Anda ke WiFi melalui kabel ethernet. Jika masalah masih muncul, gunakan solusi yang disediakan di bawah ini untuk memperbaiki kode kesalahan 0x80240066 Microsoft Store saat memasang aplikasi. Anda harus menjalankan pemindaian SFC dan DISM untuk memperbaiki file sistem yang rusak (jika ada). Selain itu, Anda juga harus memeriksa Pembaruan Windows. Microsoft menyarankan pengguna untuk selalu memperbarui sistem mereka agar sistem mereka lebih aman dari sebelumnya dan menghilangkan kemungkinan kesalahan. Kami juga menyarankan Anda untuk memeriksa apakah tanggal dan waktu telah diatur dengan benar di komputer Anda. Jika perbaikan dasar ini tidak membantu, gunakan solusi yang disediakan di bawah ini untuk memperbaiki kode kesalahan 0x80240066 Microsoft Store saat menginstal aplikasi.
Menjalankan Pemecah Masalah Aplikasi Windows StoreNonaktifkan sementara antivirus AndaPerbaiki atau setel ulang Microsoft StoreCopot pemasangan aplikasi menggunakan PowerShellToggle the Developer modeRestore your system
Mari kita lihat semua perbaikan ini secara detail.
1] Jalankan Pemecah Masalah Aplikasi Windows Store er

Pemecah Masalah Aplikasi Windows Store dikembangkan untuk menyelesaikan masalah aplikasi Windows Store. Karena Anda tidak dapat menginstal atau memperbarui aplikasi dari Microsoft Store, menjalankan Pemecah Masalah Aplikasi Windows Store dapat menyelesaikan masalah Anda.
2] Nonaktifkan sementara antivirus
Terkadang, masalah terjadi karena antivirus. Jika antivirus Anda mencegah Microsoft Store menginstal aplikasi di komputer, Anda tidak akan dapat menginstal atau memperbarui aplikasi. Cara termudah untuk memeriksanya adalah dengan menonaktifkan antivirus Anda untuk sementara dan kemudian menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Anda dapat mengaktifkan antivirus Anda lagi.
3] Perbaiki atau reset Microsoft Store

Reset Microsoft Store membersihkan file cache. Tindakan ini berguna jika masalah terjadi karena cache Windows Store yang rusak. Perbaiki atau setel ulang aplikasi Microsoft Store dan lihat apakah Anda dapat menginstal atau memperbarui aplikasi darinya atau tidak.
4] Mencopot pemasangan aplikasi menggunakan PowerShell
Anda perlu mencopot pemasangan aplikasi menggunakan Remove-AppxPackage, lalu mengunduh aplikasi dari Microsoft Store.

Seperti yang dijelaskan di atas, kesalahan dapat terjadi dengan aplikasi apa pun saat memperbarui atau menginstalnya dari Microsoft Store. Jika Anda tidak dapat memperbarui aplikasi pra-instal, Anda harus mencopot pemasangannya sepenuhnya lalu memasangnya kembali. Perhatikan bahwa mencopot aplikasi pra-instal dari Pengaturan Windows 11/10 tidak menghapusnya sepenuhnya dari komputer Anda. Anda harus menjalankan perintah di Windows PowerShell untuk menghapusnya sepenuhnya.
5] Toggle the Developer mode
Secara default, Windows 11/10 tidak mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Microsoft Store. Jika Anda ingin menginstal aplikasi dari sumber lain, Anda dapat menggunakan PowerShell untuk hal yang sama. Namun sebelumnya, Anda harus mengaktifkan fitur “Sideloaded apps” di Windows 10. Di sisi lain, di Windows 11, Anda hanya perlu mengaktifkan mode Pengembang untuk itu. Jika Anda tidak dapat menginstal paket aplikasi .Appx yang tidak ditandatangani menggunakan PowerShell, sebaiknya aktifkan opsi ini.

Terkadang, mode Pengembang menimbulkan masalah saat menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Jika opsi ini sudah diaktifkan di sistem Anda, kode kesalahan 0x80240066 mungkin muncul karena ini. Nonaktifkan mode Pengembang (di Windows 11) atau beralih dari aplikasi Sideloaded ke aplikasi Microsoft Store (di Windows 10) dan coba lagi. Ini harus bekerja.
6] Pulihkan sistem Anda
Kami juga menyarankan Anda memulihkan sistem Anda dan lihat apakah itu membantu. Alat Pemulihan Sistem akan membawa sistem Anda ke kondisi kerja sebelumnya dengan menggunakan titik pemulihan yang dibuat di sistem Anda. Saat melakukan tindakan ini, Anda dapat memilih titik pemulihan sesuai tanggal pembuatannya.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan penginstalan Microsoft Store?

Kesalahan penginstalan Microsoft Store terjadi karena beberapa alasan. Penyebab ini termasuk file sistem yang rusak, cache Windows Store yang rusak, koneksi internet yang tidak stabil, tanggal dan waktu yang salah, dll. Untuk memperbaiki kesalahan Microsoft Store, jalankan pemecah masalah yang sesuai, setel ulang cache Windows Store, dll. sebuah aplikasi?

Periksa apakah Anda kehabisan ruang disk atau tidak. Anda juga harus memeriksa koneksi internet Anda dan tanggal dan waktu. Jika masalah masih berlanjut, nonaktifkan antivirus dan firewall Anda, lalu coba lagi. Memperbaiki atau mengatur ulang aplikasi Microsoft Store berfungsi dalam banyak kasus.

Baca selanjutnya: Perbaiki kesalahan 0xC03F6603 Microsoft Store di Windows.