Perbaiki Kode Kesalahan 3 0x80040154 di Google Chrome

Posting ini menampilkan solusi untuk dicoba jika Anda menghadapi Kode Kesalahan 3 0x80040154 di Google Chrome. Google Chrome adalah salah satu browser terbaik yang tersedia untuk Windows. Seperti aplikasi lainnya, ia menerima pembaruan konstan yang menampilkan peningkatan kinerja dan perbaikan bug. Tetapi saat mengunduh pembaruan, beberapa pengguna melaporkan menghadapi kesalahan ini:

Terjadi kesalahan saat memeriksa pembaruan. Pemeriksaan pembaruan gagal dimulai (kode kesalahan 3: 0x80040154 – level sistem).

Perbaiki Kode Kesalahan 3 0x80040154 di Google Chrome

Berikut adalah daftar solusi efektif untuk dicoba jika Anda menghadapi Kode Kesalahan 3 0x80040154 di Google Chrome.
Mulai ulang Google ChromeTutup Google Chrome dari latar belakangHapus cache Google ChromeMatikan VPN dan proxyMulai Layanan Google Update Daftar Putih Google Chrome  di Windows FirewallInstal Ulang Google Chrome
Sekarang mari kita periksa semua solusi ini secara mendetail.
1] Mulai ulang Google Chrome
Sebelum mencoba salah satu solusi teknis yang disebutkan di bawah, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah mulai ulang Google Chrome. Mungkin ada kesalahan sementara di browser yang menyebabkan masalah. Dan hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam situasi ini adalah me-restart browser. Jadi, ikuti prosesnya dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah. Jika ya, Anda baik untuk pergi. Tetapi jika masalah berlanjut, coba solusi di bawah ini.
2] Tutup Google Chrome dari latar belakang

Salah satu solusi efektif dalam situasi ini adalah menutup Google Chrome dari latar belakang, diikuti dengan memulai ulang. Anda dapat melakukannya menggunakan Pengelola Tugas. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Tekan Ctrl + Shift + Esc tombol pintas untuk membuka Pengelola Tugas.Klik kanan pada semua proses yang terkait dengan Google Chrome dan pilih opsi Akhiri Tugas.Sekarang, buka Google Chrome dan coba unduh update.
Periksa apakah masalah berlanjut. Jika ya, coba solusi berikutnya.

Lihat: Pembaruan Chrome gagal dengan kode kesalahan 3, 4, 7, 10, 11, 12, dll
3] Hapus cache
Google Chrome Seperti aplikasi lainnya, Google Chrome menyimpan data cache. Ini membantu untuk menawarkan pengalaman pengguna yang lebih cepat dan lancar. Tetapi jika data ini rusak, kemungkinan besar Anda akan menghadapi masalah yang berbeda, termasuk kode kesalahan 3: 0x80040154. Anda harus menghapus data cache untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menghapus cache Google Chrome secara manual.
Untuk memulai, luncurkan Google Chrome di sistem Anda.Klik pada tiga titik yang ada di sudut kanan atas.Pilih Pengaturan.Klik pada opsi Privasi dan keamanan hadir di bagian akhir kiri layar. Pilih Hapus data penjelajahan. Tanda centang Gambar dan file yang di-cache > Hapus data.
Setelah proses selesai, luncurkan kembali browser dan periksa apakah masalah berlanjut.
4] Matikan VPN dan proxy
Jika Anda menggunakan VPN atau proxy di sistem Anda, kemungkinan besar Anda akan menghadapi pesan kesalahan ini. Anda harus menonaktifkan VPN atau proxy untuk menyelesaikan masalah. Jadi, ikuti prosesnya, dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah.
5] Mulai Layanan Pembaruan Google

Solusi berikutnya yang harus dicoba adalah mengaktifkan Layanan Pembaruan Google secara paksa. Ternyata, jika layanan pembaruan dinonaktifkan, kemungkinan besar Anda akan menghadapi pesan kesalahan. Anda dapat mengaktifkannya dengan bantuan jendela Layanan. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol pintas Windows + R. Ketik services.msc dan tekan tombol enter. Cari dan klik dua kali pada Google Update Services (gupdate). Ubah jenis Startup ke Otomatis (Mulai Tertunda). Klik Mulai.
Klik Terapkan > OK. Ulangi hal yang sama dengan Layanan Pembaruan Google (gupdatem) yang ada di menu Layanan.

Baca: Kode kesalahan 7, 0x80072EE7 saat memasang atau memperbarui Chrome
6] Daftar Putih Google Chrome di Windows Firewall
Jika Layanan Pembaruan Google Chrome diblokir di bawah Windows Firewall, Anda akan menghadapi masalah dalam pertanyaan. Untuk menghilangkan masalah ini, Anda harus memasukkan layanan dari Firewall ke daftar putih. Berikut cara melakukannya.
Cari Windows Defender Firewall di kotak pencarian di taskbar.Pilih Izinkan aplikasi dan fitur Windows Defender Firewall.Cari tools.google.com dan dl.google.com, dan izinkan keduanya berjalan melalui Firewall .
Setelah selesai, reboot sistem Anda, dan periksa apakah masalah berlanjut.
7] Instal ulang Google Chrome
Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat menginstal ulang Google Chrome. Menginstal ulang juga memastikan bahwa Anda telah menginstal versi Google Chrome terbaru di sistem Anda.

Baca: Perbaiki Kesalahan 0x80040902 selama pembaruan Google Chrome

Bagaimana cara memperbaiki kode kesalahan 3 di Google Chrome?

Kode kesalahan 3 terjadi saat Google Chrome gagal memeriksa pembaruan yang tersedia. Anda dapat mencoba solusi ini untuk menyelesaikan masalah: pastikan perangkat lunak tidak diblokir di bawah pengaturan Firewall, reboot sistem Anda, dan nonaktifkan VPN. Jika tidak ada langkah yang membantu, Anda dapat menginstal ulang Google Chrome.

Bagaimana cara mengunduh Google Chrome versi terbaru?

Sangat mudah untuk mengunduh versi terbaru Google Chrome. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan Google Chrome.Klik pada tiga titik yang ada di sudut kanan atas, dan pilih Tentang Google Chrome.Google Chrome akan memeriksa pembaruan yang tersedia; jika ditemukan maka akan otomatis memulai proses download.
Baca Selanjutnya: Perbaiki Google Chrome Update Error Code 7: 0x80040801