Perbaiki Koneksi VPN, Tidak dapat terhubung ke kesalahan koneksi VPN di Windows 11/10

Di antara berbagai masalah dan masalah koneksi VPN yang mungkin Anda temui di PC Windows 11 atau Windows 10 Anda bisa menjadi pesan kesalahan umum Tidak dapat terhubung ke koneksi VPN dengan pesan kesalahan lengkap sebagai berikut: Koneksi

VPN, Tidak dapat terhubung ke koneksi VPN, Sambungan ke komputer jarak jauh tidak dapat dibuat. Anda mungkin perlu mengubah pengaturan jaringan untuk koneksi ini.

Dalam kebanyakan kasus, jika tidak semua, masalah koneksi VPN sering kali terkait dengan perangkat lunak atau browser. Jadi pada dasarnya, menyelesaikan masalah atau masalah VPN sebagian besar merupakan proses penghapusan. Berikut ini adalah alasan yang paling mungkin Anda mengalami masalah VPN di komputer Anda;
Server VPN yang kelebihan bebanMenjalankan perangkat lunak VPN yang kedaluwarsaMenggunakan protokol VPN yang salah
Sambungan VPN, Tidak dapat tersambung ke kesalahan sambungan VPN

Jika Anda mendapatkan Tidak dapat tersambung ke pesan kesalahan koneksi VPN di komputer Windows 11/10 Anda, terlepas dari penyedia layanan VPN atau perangkat lunak yang diinstal, Anda dapat mencoba perbaikan umum yang direkomendasikan dan komprehensif seperti yang disajikan di bawah ini untuk menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Mulai ulang perangkat lunak VPNPeriksa dan perbarui VPN perangkat lunak dan browserPeriksa koneksi internet AndaVerifikasi kredensial login VPN AndaPeriksa koneksi server VPN pilihan AndaPeriksa Firewall AndaPeriksa pengaturan router AndaInstal ulang versi terbaru dari perangkat lunak VPNUbah VPN Tunneling ProtocolUbah port koneksiHubungi ISP dan/atau Penyedia Layanan VPN Anda
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing solusi yang terdaftar. Ingatlah bahwa lokasi beberapa pengaturan yang mungkin perlu Anda konfigurasi berbeda-beda menurut produk VPN, perangkat, atau sistem operasi.
1] Mulai ulang perangkat lunak VPN
Anda dapat memulai ulang perangkat lunak VPN terlebih dahulu, dan tidak hanya menonaktifkan atau memutuskan sambungan dari server VPN; keluar dan mulai ulang perangkat lunak. Anda juga dapat memulai ulang plugin browser dengan menutup sepenuhnya dan membuka kembali browser. Selain itu, Anda mungkin perlu mengosongkan cache browser agar plug-in berfungsi kembali.
2] Periksa dan perbarui perangkat lunak VPN dan browser

Sekali lagi skor satu untuk program atau perangkat lunak usang yang diinstal pada perangkat Anda, karena kemungkinan besar Anda akan menemui masalah. Jadi, untuk menghilangkan kemungkinan bug dan memaksimalkan kinerja, pastikan perangkat lunak VPN Anda diperbarui dengan memeriksa pembaruan secara manual di bawah menu VPN, tetapi kami sarankan Anda mengatur VPN Anda untuk diperbarui secara otomatis di pengaturan VPN. Demikian pula, untuk menghindari masalah umum terkait browser, gunakan browser yang didukung oleh penyedia VPN Anda dan pastikan browser diperbarui.
3] Periksa koneksi internet Anda

Anda dapat memeriksa koneksi internet Anda dengan memuat beberapa halaman tanpa koneksi VPN dan lihat apakah halaman terbuka secara normal. Jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, Anda dapat memperbaiki masalah jaringan dan koneksi internet untuk menyelesaikan masalah konektivitas jaringan di pihak Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur Reset Jaringan atau menjalankan Pemecah Masalah Koneksi Internet bawaan untuk Windows 11/10.
4] Verifikasi kredensial login VPN Anda
Jika setelah Anda mencentang semua kotak untuk koneksi internet yang stabil tetapi masih tidak dapat terhubung ke VPN, baris berikutnya tindakannya adalah memverifikasi kredensial login VPN Anda. Jadi, jika Anda menjalankan perangkat lunak VPN di router Anda, pastikan Anda memasukkan kredensial yang tepat untuk akun VPN agar dapat terhubung ke server VPN. Ingatlah bahwa tidak memiliki kredensial login yang benar atau terbaru dapat mencegah Anda terhubung ke VPN. Jadi, jika Anda menggunakan layanan VPN gratis, periksa situs web untuk melihat apakah kredensial yang disediakan oleh layanan VPN telah berubah atau jika kata sandi Anda perlu diperbarui.
5] Periksa koneksi server VPN pilihan Anda

Jika Anda telah memverifikasi kredensial login VPN Anda adalah valid tetapi masih tidak dapat membuat koneksi, maka masalahnya mungkin pada infrastruktur penyedia VPN, khususnya server VPN. Jadi, pertama-tama, periksa apakah VPN Anda berfungsi, lalu periksa apakah server pilihan yang Anda sambungkan atau coba sambungkan berfungsi. Beberapa server dapat menolak koneksi baru jika kelebihan beban. Jika Anda menggunakan VPN premium, Anda harus memiliki akses ke banyak server. Dalam hal ini, jika Anda kesulitan menyambung ke VPN untuk wilayah tertentu, coba putuskan sambungan lalu pilih wilayah lagi – setelah melakukannya, Anda akan dikirim ke server VPN yang berbeda, dan itu mungkin menyelesaikan masalah .

Baca: Cara membuat Server VPN publik di Windows
6] Periksa Firewall

Anda Anda perlu memastikan firewall Anda tidak memblokir koneksi VPN dan Anda dapat melakukannya dengan menambahkan perangkat lunak VPN ke daftar pengecualian di pengaturan firewall Anda. Anda dapat mengonfigurasi Windows Firewall untuk mengizinkan atau memblokir program di perangkat Anda. Untuk perangkat lunak keamanan pihak ketiga yang terintegrasi dengan firewall atau program firewall khusus, Anda dapat merujuk ke manual.
7] Periksa pengaturan router Anda
Ketika berbicara tentang router, beberapa router tidak mendukung passthrough VPN – fitur pada router yang memungkinkan lalu lintas untuk lulus dengan bebas ke internet. Jadi, periksa pengaturan router dan firewall pribadi Anda untuk opsi ini di jaringan rumah Anda. Jika ada perubahan yang diperlukan, Anda mungkin harus terhubung ke router sebagai administrator (lihat buku petunjuk perangkat internet). Opsi yang mungkin tersedia untuk Anda bergantung pada router Anda dapat berupa: opsi
An di setelan keamanan untuk mengaktifkan IPSec atau PPTP (dua jenis protokol VPN yang umum) Passthrough.Firewall Anda di router dan program firewall apa pun yang diinstal mungkin perlu memiliki port diteruskan dan protokol dibuka. Secara khusus, VPN IPSec harus memiliki port UDP 500 (IKE) yang diteruskan dan protokol 50 (ESP) dan 51 (AH) dibuka. solusi yang layak, dengan asumsi jika masalah saat ini masih belum teratasi, bisa jadi perangkat lunak VPN itu sendiri memiliki masalah; kemungkinan kesalahan sementara – dalam hal ini, Anda dapat menginstal ulang perangkat lunak VPN dan melihat apakah itu membantu. Anda dapat menggunakan uninstaller perangkat lunak pihak ketiga untuk menghapus instalan perangkat lunak VPN, kemudian untuk mendapatkan paket terbaru, buka situs penyedia VPN dan unduh dan instal ulang paket perangkat lunak terbaru untuk sistem operasi atau perangkat Anda. Pastikan untuk menghapus semua paket lama terlebih dahulu untuk memastikan Anda memulai dengan yang bersih.
9] Ubah Protokol Tunneling VPN

Untuk beberapa masalah koneksi VPN, masalahnya mungkin dengan Protokol Tunneling VPN yang digunakan. Dalam hal ini, Anda dapat masuk ke pengaturan VPN atau jaringan dan mencoba menggunakan protokol yang berbeda: OpenVPN, L2TP/IPSec, atau IKeV2/IPSec. Jika memungkinkan, hindari menggunakan protokol PPTP, karena tidak dianggap aman.
10] Ubah port

Anda mungkin tidak tahu bahwa beberapa ISP dan jaringan memblokir lalu lintas pada port tertentu. Jadi, pastikan untuk memeriksa dokumentasi VPN untuk melihat apakah VPN merekomendasikan penggunaan nomor port tertentu. Jika demikian, menggunakan port yang berbeda dapat memecahkan masalah. Agar beberapa perangkat lunak VPN berfungsi, port TCP dan UDP 443 dan 1194 masing-masing harus dibuka. Firewall atau router Anda juga harus mengizinkan passthrough untuk VPN seperti yang telah disebutkan, tetapi perhatikan bahwa beberapa layanan VPN tidak mendukung penerusan porta – semua port akan diblokir kecuali yang perlu dioperasikan oleh perangkat lunak VPN Anda; karena port terbuka menciptakan banyak risiko keamanan untuk koneksi internet Anda.
11] Hubungi ISP dan/atau Penyedia Layanan VPN Anda

Jika VPN masih tidak terhubung, mungkin ada masalah dalam pengaturan VPN Anda. Dalam hal ini, untuk melihat apakah masalah akan teratasi, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang pengaturan VPN pada perangkat lunak ke default. Jika masalah berlanjut pada titik ini, Anda perlu menghubungi penyedia VPN Anda untuk bantuan tambahan – tergantung pada perangkat lunak VPN Anda, Anda dapat melakukannya melalui bagian Dukungan dalam aplikasi dan Anda dapat menyalin dan mengirim log koneksi ke tim teknis, yang dapat dianalisis untuk membantu pemecahan masalah. Demikian pula, Anda mungkin harus menghubungi ISP Anda untuk mengesampingkan kemungkinan pembatasan penggunaan perangkat lunak VPN di jaringan mereka.

Semoga posting ini cukup informatif dan membantu Anda!

Kesalahan VPN umum lainnya yang mungkin Anda temui di perangkat Anda mungkin sebagai berikut:
Pengguna yang dipanggil SISTEM koneksi bernama yang telah gagalTidak dapat mencapai kesalahan Server VPN pada PIAVPN Error 800, Koneksi jarak jauh tidak dilakukan karena upaya terowongan VPN gagalError 13801, kredensial autentikasi IKE tidak dapat diterima Kesalahan VPN 691, Koneksi jarak jauh tidak dibuat atau ditolak Koneksi VPN gagal karena untuk resolusi nama domain yang tidak berhasil, Kesalahan VPN 809, Sambungan jaringan tidak dapat dibuatError 633, Modem atau perangkat penyambung lainnya sudah digunakanKesalahan VPN 789, Upaya penyambungan L2TP gagal Kesalahan VPN 806 (GRE Diblokir) Kesalahan VPN 609VPN kesalahan 812, Sambungan dicegah karena Server RAS/VPNDan seterusnya…
Apa artinya tidak dapat terhubung ke VPN?

Jika VPN Anda tidak mau terhubung, ini s dapat menunjukkan bahwa aplikasi Anda memiliki bug, atau mungkin penyiapannya rusak. Periksa hal ini dengan menghapus atau mencopot pemasangan VPN Anda, lalu mengunduh dan menginstal ulang versi terbaru.

Mengapa VPN saya mengatakan terhubung tetapi tidak berfungsi?

Salah satu alasan paling umum mengapa VPN terhubung tetapi tidak berfungsi adalah masalah konfigurasi DNS. Jadi, Anda dapat mencoba menghapus DNS pada PC Windows 11/10 Anda dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah untuk Anda.

Mengapa VPN terus terputus dari internet?

Penyebab paling mungkin dari masalah khusus ini mungkin karena protokol VPN yang Anda gunakan diblokir di negara/wilayah Anda. Anda dapat mencoba mengubah protokol VPN dan memeriksa apakah Anda dapat mengakses internet di PC Anda.

Dapatkah VPN merusak WiFi?

Tergantung pada perangkat dan konfigurasinya, VPN dapat disetel sendiri atau bersama-sama dengan perangkat lain. Dalam beberapa kasus, VPN dapat menyebabkan masalah konektivitas. Misalnya, WiFi Anda mungkin terputus setelah terhubung ke VPN.