Perbaiki layar Hitam saat bermain game di Windows 11/10

Panduan ini menunjukkan cara mengatasi masalah layar hitam saat bermain game di PC Windows. Masalah ini dapat terjadi pada game apa pun yang Anda mainkan di perangkat Windows 11/10 Anda. Menurut umpan balik yang diberikan oleh beberapa pengguna yang terpengaruh, beberapa game menampilkan layar hitam saat startup atau saat memuat, sedangkan, di beberapa game, layar menjadi hitam setelah beberapa menit meluncurkan game. Saat layar menjadi hitam, game tidak berhenti atau crash, pengguna dapat mendengar suara game mereka tetapi tidak dapat melihat apa pun di layar. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa solusi untuk memperbaiki Layar Hitam saat bermain game di Windows 11/10.

Memperbaiki Layar Hitam saat bermain game di Windows 11/10

Jika Anda melihat layar hitam saat peluncuran atau beberapa saat setelah meluncurkan game, berikut adalah beberapa saran yang pasti akan membantu Anda memperbaiki masalah. Tetapi sebelum Anda melanjutkan, periksa apakah sistem Anda memenuhi persyaratan perangkat keras untuk permainan. Kunjungi situs web resmi pengembang game Anda dan periksa semua persyaratan sistem. Jika meskipun memenuhi persyaratan perangkat keras, Anda masih mengalami masalah layar hitam pada PC Anda, coba solusi berikut.
Periksa kabel yang Anda gunakan untuk menyambungkan monitor ke PCRoll Kembalikan driver kartu grafis AndaPerbarui atau instal ulang driver kartu grafis AndaPeriksa PSU Anda kartu grafisUbah pengaturan waktu respons monitor AndaNonaktifkan Mode GameAwasi suhu GPUJalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat Siklus daya konsol Xbox Anda (solusi untuk pengguna Xbox)Beralih ke pengaturan rencana daya kinerja tinggiNonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras di Chrome atau Firefox (jika Anda bermain game di Chrome atau Firefox)Matikan ASCR di monitor AndaJalankan game dalam mode kompatibilitasMemecahkan masalah dalam status Boot BersihLakukan Pemulihan SistemCopot pemasangan dan instal ulang gameTingkatkan versi perangkat keras sistem Anda
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Periksa kabel yang Anda gunakan menghubungkan monitor Anda ke PC
Anda Anda dapat menghubungkan monitor ke PC melalui kabel HDMI atau VGA. Periksa apakah masalah terjadi di semua game. Jika ya, kabel HDMI atau VGA Anda mungkin rusak. Ubah kabel HDMI atau VGA Anda dan kemudian periksa apakah ini memperbaiki masalah. Jika mengganti kabel HDMI atau VGA tidak membantu, masalahnya terjadi karena beberapa penyebab lain. Maju dan coba perbaikan berikutnya.
2] Kembalikan driver kartu grafis Anda

Microsoft menyarankan pengguna untuk memperbarui sistem mereka. Menginstal Pembaruan Windows terbaru sangat penting untuk keamanan sistem. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa fitur tambahan setelah menginstal pembaruan terbaru. Saat Anda menginstal Pembaruan Windows, pengandar perangkat usang Anda juga diperbarui secara otomatis (jika pembaruan dari produsen pengandar perangkat dirilis). Jika Anda mengalami masalah setelah menginstal Pembaruan Windows terbaru, memutar kembali driver kartu grafis Anda dapat memperbaiki masalah. Opsi untuk mengembalikan driver perangkat tersedia di Device Manager.

Buka Device Manager dan lihat apakah opsi Roll Back tersedia untuk driver kartu grafis Anda. Jika ya, klik di atasnya. Jika memutar kembali driver tidak memperbaiki masalah atau jika tombol Roll Back berwarna abu-abu, hapus instalasi Windows Update.
3 terbaru] Perbarui atau instal ulang driver kartu grafis Anda
Penyebab paling umum dari masalah ini adalah driver kartu grafis yang kedaluwarsa atau rusak. Buka halaman Pembaruan Opsional di Pengaturan Windows 11/10 Anda dan lihat apakah pembaruan untuk driver kartu grafis Anda tersedia. Jika ya, instal. Jika setelah memperbarui driver kartu grafis, masalah masih berlanjut, unduh versi terbaru driver kartu grafis Anda dari situs web produsen dan instal secara manual.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Kunjungi situs web produsen dan unduh versi terbaru driver kartu grafis Anda .Buka Device Manager.Perluas cabang Display Adapters.Klik kanan pada driver kartu grafis Anda dan pilih Uninstall device. Jangan khawatir, Anda tidak akan kehilangan tampilan setelah menguninstall driver. Windows akan menggunakan driver default untuk menampilkan konten di layar Anda.Jalankan file installer untuk menginstal driver kartu grafis secara manual.Restart komputer Anda.4] Periksa PSU
AndaJika daya yang dikirimkan oleh PSU (Unit Catu Daya) Anda ke kartu grafis Anda kurang dari daya yang dibutuhkan oleh kartu grafis Anda untuk beroperasi dengan benar, Anda akan mengalami beberapa masalah saat bermain game. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan menghubungkan kartu grafis Anda dengan PSU lain. Jika Anda memiliki teman gamer, Anda dapat meminta PSU-nya untuk menguji gim Anda. Jika tidak ada PSU lain yang tersedia, Anda dapat melewati metode pemecahan masalah ini dan mencoba solusi lain yang disediakan dalam artikel ini.
5] Periksa kartu grafis Anda
Jika masalah layar hitam terjadi di semua game yang diinstal di komputer Anda, kartu grafis Anda mungkin rusak. rusak. Untuk memeriksanya, lepaskan kartu grafis Anda dari komputer dan mainkan game-game yang didukung oleh kartu grafis terintegrasi Anda. Jika masalah tidak muncul saat memainkan game dari kartu grafis terintegrasi Anda, masalahnya mungkin terkait dengan kartu grafis khusus Anda. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menghubungkan komputer Anda dengan kartu grafis teman Anda (jika tersedia) dan melihat apakah layar menjadi hitam saat bermain game.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti kartu grafis Anda, kami sarankan Anda mencoba perbaikan lain yang disediakan di sini dan lihat apakah ada di antara mereka yang membantu.
6] Ubah pengaturan waktu respons monitor Anda
Menurut beberapa pengguna, mengubah pengaturan waktu respons monitor mereka memperbaiki masalah. Ada tiga pengaturan untuk mengubah waktu respons monitor, rendah, sedang, dan tinggi. Atur waktu respons monitor Anda ke sedang dan lihat apakah ada perubahan.
7] Nonaktifkan Game Mode

Beberapa pengguna menemukan bahwa masalah mulai terjadi setelah mengaktifkan Mode Game. Ketika mereka mematikan Mode Game, masalahnya hilang. Anda juga dapat mencoba ini. Untuk mematikan Game Mode, buka Pengaturan WIndows 11/10 dan masuk ke “Gaming > Game Mode” dan matikan Game Mode.
8] Awasi suhu GPU
Saat Anda bermain game, beban pada kartu grafis Anda meningkat karena yang suhunya juga meningkat. Kartu grafis memerlukan pendinginan yang cukup untuk menghasilkan kinerja terbaik. Oleh karena itu, kipas Anda perlu memberikan pendinginan yang memadai ke kartu grafis.

Jika layar menjadi hitam setelah beberapa saat memainkan game, perhatikan suhu kartu grafis Anda. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis untuk memantau suhu kartu grafis Anda. Jika kipas Anda tidak memberikan pendinginan yang cukup untuk kartu grafis Anda, tingkatkan kecepatan kipas Anda.
9] Jalankan Pemecahan Masalah Perangkat Keras dan Perangkatbsp

Jika ada masalah terkait perangkat keras yang dapat diperbaiki di pihak Anda, menjalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat dapat membantu . Sebelumnya, alat ini dapat diakses melalui aplikasi Pengaturan Windows 11/10. Sekarang, Anda harus menjalankan perintah berikut di Command Prompt yang ditinggikan untuk meluncurkannya.
msdt.exe -id DeviceDiagnostic10] Siklus daya konsol Xbox Anda (solusi untuk pengguna Xbox)
Jika tampilan Anda menjadi hitam saat bermain game melalui Konsol Xbox, daya siklus Konsol Xbox Anda dan lihat apakah ini memperbaiki masalah. Petunjuk berikut akan membantu Anda.
Tekan dan tahan tombol Xbox di konsol Anda sampai mati dengan benar.Putuskan sambungan Konsol Xbox dari komputer Anda.Cabut kabel daya.Tunggu beberapa menit. Sambungkan kabel daya. Sambungkan Konsol Xbox ke komputer Anda dan hidupkan.
Sekarang, periksa apakah masalah berlanjut.

Baca: Battlefield 2042 Layar Hitam saat startup atau saat memuat.
11] Beralih ke pengaturan rencana daya kinerja tinggi
Terkadang, keseimbangan pengaturan rencana daya menyebabkan masalah saat bermain game. Itulah mengapa pengaturan power plan performa tinggi selalu disarankan untuk performa gaming terbaik. Buat rencana daya baru di laptop Anda dengan pengaturan rencana daya kinerja tinggi.

Langkah-langkah untuk hal yang sama adalah sebagai berikut:
Buka Control Panel.Pastikan bahwa Kategori dipilih dalam mode View by.Buka “Hardware and Sound > Opsi Daya.” Pilih Buat opsi Rencana Daya dari sisi kiri. Pilih Performa tinggi dan beri nama rencana daya Anda. Klik Berikutnya lalu klik Buat. beralih kembali ke paket daya seimbang setelah memainkan game.
12] Nonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras di Chrome atau Firefox (jika Anda memainkan game di Chrome atau Firefox)

Saat ini, sejumlah platform game tersedia, seperti Steam, Origin, dll. Anda dapat membuka platform game ini di browser web Anda untuk bermain game. Pengguna biasanya melakukan ini ketika mereka mengalami masalah di aplikasi platform game ini. Jika Anda mengalami masalah layar hitam saat bermain game di Chrome atau Firefox, menonaktifkan akselerasi perangkat keras di Chrome dan Firefox dapat memperbaiki masalah tersebut.
13] Matikan ASCR di monitor Anda
Solusi ini ditujukan untuk pengguna yang memiliki monitor ASUS. ASCR adalah singkatan dari ASUS Smart Contrast Ratio. ASUS mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan rasio kontras dinamis tampilan hingga 100.000.000:1, yang menyesuaikan kecerahan sesuai dengan konten. Beberapa pengguna telah menemukan teknologi ini mengganggu permainan karena layar monitor mereka menjadi hitam.

Matikan ASCR dan lihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:
Tekan tombol Menu untuk masuk ke menu OSD. Buka “Image > ASCR.” Matikan.14] Jalankan game dalam mode
kompatibilitas Satu hal lagi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah adalah menjalankan game dalam mode kompatibilitas. Lihat apakah layar hitam muncul saat bermain game. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Klik kanan pada shortcut game Anda dan pilih Properties. Ketika jendela properti muncul, pilih tab Compatibility. Di bawah bagian Compatibility mode, aktifkan kotak centang “Run this program in compatibility mode for”. Pilih Windows 8 di drop-down.Klik Terapkan lalu klik OK.
Jika ini memperbaiki masalah, biarkan pengaturan mode kompatibilitas diaktifkan untuk game Anda.

Baca: Perbaiki masalah Far Cry 6 Black Screen pada Windows PC.
15] Pemecahan Masalah di Clean Boot state
Mungkin ada aplikasi latar belakang pihak ketiga yang mengganggu permainan karena Anda mengalami masalah layar hitam. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus memulai komputer Anda dalam keadaan Boot Bersih dan kemudian memecahkan masalah.

Setelah memulai komputer Anda di Boot Bersih, luncurkan game Anda dan pantau selama beberapa waktu untuk melihat apakah layar hitam muncul. Jika Anda dapat memainkan game tanpa gangguan apa pun dalam status Boot Bersih, salah satu aplikasi latar belakang adalah penyebabnya. Untuk mengidentifikasinya, aktifkan beberapa program yang dinonaktifkan di Clean Boot dan mulai komputer Anda dalam keadaan normal. Sekarang, periksa apakah masalah terjadi. Jika masalah muncul kembali dalam mode normal, mulai nonaktifkan aplikasi satu per satu yang baru saja Anda aktifkan dan luncurkan game Anda setiap kali Anda menonaktifkan aplikasi. Proses ini akan memakan waktu tetapi Anda akan dapat mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah. Setelah Anda menemukan pelakunya, hapus instalannya atau periksa versi terbarunya di situs web resminya.
16] Lakukan Pemulihan SistemJika Anda telah membuat titik Pemulihan Sistem pada saat semuanya berfungsi dengan baik, Anda dapat mengembalikan sistem Anda ke keadaan itu dengan menggunakan titik Pemulihan Sistem itu. Melakukan Pemulihan Sistem akan memperbaiki masalah, asalkan komponen perangkat keras sistem Anda berfungsi dengan baik.
17] Copot pemasangan dan instal ulang game
Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi, hapus instalan dan instal ulang game yang bermasalah. Anda dapat menghapus game melalui Pengaturan Windows 11/10.
18] Tingkatkan perangkat keras sistem Anda
Langkah terakhir untuk memperbaiki masalah layar hitam saat bermain game di Windows 11/10 adalah meningkatkan perangkat keras sistem Anda. Jika sistem Anda memiliki lebih sedikit RAM, katakanlah 4 GB, memutakhirkannya ke 8 GB atau 16 GB dapat membantu. Jika layar hitam muncul di setiap game yang Anda mainkan di komputer, masalahnya mungkin terkait dengan kartu grafis Anda. Ganti kartu grafis Anda jika Anda memiliki kartu grafis yang lebih lama.

Baca: Memperbaiki layar hitam Steam atau tidak memuat di PC Windows.

Mengapa layar komputer saya tetap hitam saat saya bermain game?

Layar hitam saat bermain game mungkin merupakan indikasi kartu grafis yang rusak. Untuk mengonfirmasi ini, Anda dapat menghubungkan kartu grafis lain ke komputer Anda (jika tersedia) dan memeriksa apakah masalah masih berlanjut. Jika kartu grafis lain tidak tersedia, Anda dapat melakukan satu hal, lepaskan kartu grafis khusus dan jalankan game pada kartu grafis terintegrasi Anda (permainan yang didukung oleh kartu grafis terintegrasi Anda). Jika layar hitam tidak muncul, kartu grafis Anda mungkin rusak.

Penyebab lain dari masalah ini adalah driver kartu grafis yang rusak. Perbarui driver kartu grafis Anda dan lihat apakah ini membantu. Jika masalah mulai terjadi setelah Pembaruan Windows tertentu, putar kembali driver kartu grafis Anda (jika opsi tersedia) atau hapus instalan Pembaruan Windows terbaru.

Bagaimana cara memperbaiki layar hitam pada Windows 11?

Jika hanya ada kursor di layar layar dan seluruh layar berwarna hitam, coba buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete. Setelah Task Manager muncul, restart Windows Explorer dan lihat apakah itu membantu. Jika Pembaruan Windows baru-baru ini menyebabkan masalah layar hitam, reboot ke Safe Mode dan putar kembali driver tampilan. Jika opsi rollback berwarna abu-abu, hapus instalan driver tampilan dalam Safe Mode dan mulai ulang sistem Anda dalam mode normal. Setelah restart, Windows akan secara otomatis mendeteksi perubahan perangkat keras dan menginstal versi terbaru driver tampilan Anda.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya:
Perbaiki Layar Hitam saat meluncurkan Perang Dunia 3.Perbaiki Cincin Elden berkedip kotak layar hitam.