Perbaiki masalah Encoding yang kelebihan beban di OBS Studio

Apakah Anda mengalami masalah “Encoding overloaded” saat mencoba melakukan streaming atau merekam video dengan OBS Studio? OBS yang merupakan singkatan dari Open Broadcaster Software adalah salah satu perangkat lunak live streaming dan game dan perekaman video gratis dan sumber terbuka yang paling populer. Banyak pengguna OBS mengeluhkan menghadapi masalah Encoding kelebihan beban saat streaming. Saat terjadi, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan berikut:

Encoding kelebihan beban! Pertimbangkan untuk mematikan pengaturan video atau menggunakan preset enkode yang lebih cepat.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda menerima pesan kesalahan ini, jawabannya adalah karena kemacetan CPU. Penggunaan CPU yang tinggi dari OBS Studio yang tidak dapat ditangani oleh sistem Anda adalah alasan utama untuk pesan kesalahan ini. Sekarang, OBS Studio memiliki penggunaan CPU yang tinggi terutama disebabkan karena pengaturan video keluaran yang lebih tinggi.

Berikut adalah beberapa alasan untuk masalah “Encoding overloaded” pada OBS:
Jika resolusi keluaran Anda disetel sangat tinggi, ini akan menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi dari OBS.Alasan lain untuk hal yang sama adalah memilih frekuensi gambar yang lebih tinggi dari 30 fps untuk video keluaran.Memilih preset enkoder yang lebih lambat yang memberikan video berkualitas tinggi tetapi menggunakan penggunaan CPU yang tinggi juga bertanggung jawab atas pesan kesalahan ini.Jika Anda tidak melakukannya Jika Anda tidak memiliki ruang disk yang cukup untuk merender dan menyimpan video keluaran, kemungkinan besar Anda akan mengalami pesan kesalahan ini. Jika Anda telah mengaktifkan fitur Mode Game, PC Anda akan dioptimalkan untuk bermain game dan OBS mungkin tidak memiliki sumber daya sistem yang cukup untuk diproses. perangkat keras terlalu lemah untuk menangani aplikasi yang menuntut seperti OBS Studio. Jika ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, OBS mungkin tidak memiliki sumber daya sistem yang cukup sehingga Anda mendapatkan pesan ini. Aplikasi overlay dan aplikasi konflik lainnya juga dapat Penyebab masalah ini encoding.Ubah prioritas OBS di Task Manager.Periksa sumber rekaman.Akhiri program yang bertentangan menggunakan Task Manager.Kosongkan sebagian ruang disk.Matikan Game Mode.Gunakan alternatif untuk OBS.1] Kurangi resolusi output

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk perbaiki masalahnya adalah mengurangi resolusi keluaran Anda. Jika Anda telah memilih resolusi yang lebih tinggi untuk melakukan streaming gameplay atau video layar, itu akan menghabiskan penggunaan CPU yang tinggi yang tidak dapat diambil oleh sistem Anda. Dan dengan demikian, Anda mendapatkan masalah “Encoding overloaded” di OBS.

Sekarang, Anda mungkin menginginkan video berkualitas tinggi tetapi CPU Anda mungkin tidak dapat menanganinya saat ini. Oleh karena itu, jika skenarionya berlaku, yang perlu Anda lakukan hanyalah menurunkan resolusi keluaran dalam pengaturan video Anda di OBS dan melihat apakah masalahnya sudah diperbaiki. Berikut cara melakukannya:
Pertama, buka OBS Studio dan buka opsi File > Pengaturan atau tekan tombol Pengaturan dari sisi kanan bawah layar. Sekarang, buka tab Video di Pengaturan dan klik Keluaran (Berskala ) Opsi drop-down resolusi. Selanjutnya, pilih resolusi yang lebih rendah dari yang sekarang. Anda dapat bermain dengan pengaturan ini dan melihat resolusi mana yang bekerja dengan baik untuk Anda. Setelah selesai, tekan tombol Apply > OK dan restart komputer Anda. Terakhir, luncurkan kembali OBS dan lihat apakah masalah teratasi atau tidak.
Jika Anda masih mendapatkan pesan “Encoding kelebihan beban” di OBS, Anda dapat mengikuti perbaikan berikutnya.
2] Sesuaikan laju bingkai Anda. Memilih frekuensi gambar yang lebih tinggi cenderung membebani CPU dan GPU Anda dan menyebabkan masalah. Jadi, Anda dapat mencoba menurunkan frekuensi gambar dan menyetelnya di bawah 30 FPS, lalu memeriksa apakah masalahnya hilang. Berikut cara melakukannya:
Pertama, buka OBS Studio dan klik opsi File > Settings. Sekarang, pindah ke tab Video dan klik tombol drop-down Common FPS Values. Dari nilai frame rate yang tersedia, pilih nilai kurang dari 30. Terakhir, klik Terapkan > OK dan luncurkan kembali OBS. Luncurkan aliran Anda dan kemudian lihat apakah masalahnya hilang atau tidak.
Jika frekuensi gambar Anda bukan masalah, lanjutkan dan coba perbaikan potensial berikutnya.

Lihat:Memperbaiki layar hitam penangkapan Game OBS di Windows
3] Ubah preset encoder

OBS menggunakan x264 pembuat enkode video secara default. Sekarang, ia memiliki banyak preset yang dapat Anda gunakan untuk menyandikan video. Prasetel ini berbeda dalam hal kualitas video dan penggunaan CPU. Prasetel enkoder “cepat” memiliki konsumsi CPU yang tinggi dan menghasilkan video berkualitas tinggi, sedangkan prasetel “ultracepat” menggunakan penggunaan CPU yang rendah tetapi memberikan kualitas video yang lebih rendah. Jika Anda telah memilih preset yang lebih lambat daripada yang lain dengan cepat, itu akan memiliki penggunaan CPU yang lebih tinggi yang mungkin menghasilkan peringatan “Encoding overloaded”. Karenanya, pilih preset enkoder yang lebih cepat untuk memperbaiki masalah. Anda dapat memilih preset pembuat enkode “sangat cepat” yang memiliki penggunaan CPU sedang dan memberikan kualitas video standar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah preset pembuat enkode di OBS:
Pertama, luncurkan OBS dan buka File > Pengaturan.Sekarang, pindah ke tab Keluaran dari panel sisi kiri ht dan klik tombol drop-down Encoder preset. Selanjutnya, pilih preset yang lebih cepat seperti preset encoder yang sangat cepat, lebih cepat, atau supercepat. Setelah itu, tekan Terapkan > OK untuk menyimpan perubahan dan kemudian luncurkan kembali OBS untuk memeriksa apakah masalah teratasi.
Jika Anda masih mendapatkan pesan kesalahan yang sama, lanjutkan ke solusi berikutnya.
4] Gunakan penyandian perangkat keras

Untuk menurunkan penggunaan CPU, Anda dapat menggunakan penyandi perangkat keras seperti Quicksync (GPU Terintegrasi Intel), AMF (GPU AMD yang lebih baru) , atau NVENC (GPU Nvidia terbaru). Namun, pembuat enkode perangkat keras ini memberikan kualitas video yang lebih rendah tetapi juga mengurangi tekanan pada CPU Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pembuat enkode perangkat keras yang sesuai dari ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah encoder perangkat keras di OBS:
Pertama, mulai OBS dan buka File > Pengaturan. Sekarang, buka tab Output dan atur Encoder ke Hardware. Misalnya, karena milik saya adalah GPU Intel, saya dapat memilih enkoder perangkat keras Quicksync. Terakhir, ketuk Terapkan > OK, lalu mulai ulang OBS untuk memeriksa apakah peringatan “Encoding overloaded” telah berhenti atau tidak.
Baca:OBS tidak menangkap Video Game di Windows PC.
5] Ubah prioritas OBS di Task Manager
Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengatur prioritas proses OBS di Task Manager ke Di Atas Normal atau Tinggi. Ini karena CPU bekerja berdasarkan prioritas tugas. Jika ada beberapa proses dan tugas yang berjalan di latar belakang, OBS mungkin tidak dapat memanfaatkan sumber daya sistem Anda sesuai kebutuhan. Jadi, sebagai hasilnya, Anda mendapatkan peringatan “Encoding overloaded”. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah prioritas OBS yang sesuai dan kemudian melihat apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:
Pertama, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Sekarang, dari tab Processes, klik kanan pada OBS Studio dan pilih opsi Go to details. Setelah itu, pada tab Details, klik kanan pada proses obs64.exe dan pilih Set priority as Above Normal or High. Terakhir, buka OSB dan periksa apakah masalah teratasi atau tidak.6] Periksa sumber rekaman
Sumber rekaman Anda seperti webcam dan kartu penangkap mungkin menghabiskan banyak penggunaan CPU, itulah sebabnya Anda mendapatkan masalah ini. Oleh karena itu, periksa sumber rekaman Anda dan pastikan konfigurasinya sesuai.

Jika Anda menggunakan webcam, pastikan webcam tidak dikonfigurasi untuk berjalan pada resolusi yang lebih tinggi, seperti lebih dari 480p. Untuk pengguna Logitech C920, Anda mungkin menghadapi masalah jika menjalankannya pada resolusi 1080p.
7] Akhiri program yang bertentangan menggunakan Task Manager
Mungkin ada beberapa program bertentangan yang berjalan di latar belakang yang menyebabkan masalah ini. Aplikasi overlay seperti Discord dan NVIDIA Overlay diketahui menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, tutup semua program tersebut menggunakan Task Manager dan kemudian lihat apakah masalahnya teratasi. Jika tidak, Anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.

Anda mungkin juga ingin memeriksa: Tangkapan Layar OBS tidak berfungsi dengan baik di Windows
8] Kosongkan beberapa ruang disk Aplikasi OBS Studio memerlukan ruang penyimpanan untuk menulis beberapa file termasuk keluaran rekaman video . Jika Anda terus mendapatkan pesan “Encoding overloaded” di OBS, mungkin disk Anda kehabisan ruang yang dibutuhkan oleh aplikasi. Akibatnya, Anda tidak akan dapat melakukan streaming video menggunakan OBS. Jadi, Anda perlu mengosongkan sebagian ruang disk untuk memperbaiki masalah ini.

Anda dapat menjalankan alat bawaan Windows yaitu Disk Cleanup untuk mengosongkan ruang di hard drive Anda. Berikut cara menjalankannya:
Pertama, buka Disk Cleanup dari menu Startup.Sekarang, pilih hard drive tempat Anda menginstal OBS Studio dan tekan OK.Selanjutnya, centang jenis file yang ingin Anda hapus dan tekan tombol OK.
Apart dari situ, Anda juga dapat menghapus file pribadi yang tidak diperlukan lagi atau memindahkannya ke drive lain untuk memberi ruang pada drive yang diperlukan.

Jika metode ini cocok untuk Anda, bagus. Namun, jika pesan peringatan “Encoding overloaded” masih terus muncul, Anda dapat menerapkan perbaikan berikutnya.
9] Nonaktifkan Mode Game

Jika Anda telah mengaktifkan Mode Game di komputer untuk mengoptimalkan kinerja game, ini akan menyisakan lebih sedikit sumber daya sistem untuk OBS Studio . Dan dengan demikian, Anda mendapatkan masalahnya. Karenanya, Anda dapat mencoba menonaktifkan fitur Game Mode di Windows 11/10. Berikut cara melakukannya:
Pertama, buka Pengaturan menggunakan Win+I dan buka tab Gaming. Sekarang, klik opsi Game Mode dan nonaktifkan toggle masing-masing.
Mudah-mudahan, pesan peringatan “Encoding overloaded” akan dihentikan sekarang.

Baca : OBS merekam gagap, dan macet setiap beberapa detik di PC.
10] Gunakan alternatif untuk OBS
Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, opsi terakhir adalah menggunakan alternatif untuk OBS Studio. Ada banyak yang gratis yang tersedia di internet yang dapat Anda unduh dan pasang untuk streaming langsung dan untuk merekam permainan Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti XSplit Broadcaster, Lightstream Studio, atau Streamlabs. Ini populer dan bagus.

Jika Anda masih ingin menggunakan OBS Studio, pertimbangkan untuk memutakhirkan perangkat keras Anda. Ini karena CPU Anda mungkin terlalu lemah untuk mendapatkan performa terbaik dari aplikasi OBS dan streaming video berkualitas tinggi. Akibatnya, Anda terus mendapatkan masalah “Encoding overloaded”. Juga, jika terlalu tua, Anda harus mengganti dan memutakhirkan perangkat keras Anda untuk kinerja yang lebih tinggi.

Baca: Memperbaiki OBS Studio terus macet di PC Windows.

Bagaimana cara memperbaiki Encoding overloaded di OBS? Studio, ubah konfigurasi keluaran Anda termasuk resolusi keluaran, frekuensi gambar, prasetel enkoder, dll., karena menyebabkan penggunaan CPU yang tinggi. Selain itu, Anda dapat menggunakan pembuat enkode perangkat keras alih-alih pembuat enkode perangkat lunak, menetapkan prioritas OBS tinggi, mengakhiri semua program latar belakang yang bertentangan, menonaktifkan fitur Mode Game, dan membebaskan sebagian ruang disk. Jika masalahnya tetap sama, periksa sumber rekaman Anda dan pastikan itu tidak berjalan pada resolusi terlalu tinggi yang menyebabkan penggunaan CPU tinggi.

Bagaimana cara menghentikan OBS menggunakan begitu banyak CPU?

Untuk mencegah aplikasi OBS Studio menjadi tinggi Penggunaan CPU, Anda harus menurunkan resolusi output dan menurunkan framerate karena semakin tinggi konfigurasi output ini, semakin tinggi penggunaan CPU. Selain itu, Anda juga dapat mengubah opsi penyandian termasuk prasetel penyandian, dan menyetelnya ke prasetel lebih cepat yang menggunakan penggunaan CPU rendah. Anda juga dapat menggunakan enkoder perangkat keras seperti Quicksync (GPU Terintegrasi Intel), AMF (GPU AMD yang lebih baru), atau NVENC (GPU Nvidia terbaru) untuk memperbaiki masalah ini.

Baca:Kamera OBS Tidak Muncul atau Berfungsi.