Perbaiki masalah koneksi Bluetooth di Windows 11/10

Berikut adalah panduan lengkap untuk memperbaiki masalah koneksi Bluetooth & masalah pemasangan, yang mencakup semua skenario, di komputer Windows 11/10 Anda. Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan Anda menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain secara nirkabel. Setelah menghubungkan dua perangkat secara nirkabel melalui Bluetooth, Anda dapat mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Saat ini, berbagai jenis perangkat Bluetooth tersedia di pasar, termasuk headset Bluetooth, speaker Bluetooth, dll. Oleh karena itu, penggunaan teknologi Bluetooth tidak terbatas pada transfer file. Anda dapat mendengarkan musik melalui headset dan speaker Bluetooth, bermain video game dengan menghubungkan pengontrol Bluetooth ke komputer Anda, dll. Terkadang perangkat Bluetooth menolak untuk terhubung ke komputer Windows. Dalam hal ini, kami tidak dapat menggunakan perangkat Bluetooth kami. Ada beberapa alasan mengapa perangkat Bluetooth menolak untuk terhubung ke komputer.

Alasan mengapa perangkat Bluetooth tidak dapat dipasangkan dengan komputer Windows

Sebelum kita berbicara tentang solusi untuk memperbaiki masalah koneksi Bluetooth, perlu diketahui alasan mengapa perangkat Bluetooth menolak untuk terhubung. memasangkan dengan perangkat lain. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa perangkat Bluetooth tidak dapat dipasangkan dengan komputer Windows.
Di luar jangkauan: Ini adalah penyebab paling umum mengapa perangkat Bluetooth tidak dapat menemukan perangkat lain untuk dipasangkan. Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang bekerja dalam jarak kurang lebih 10 meter. Saat Anda menyambungkan perangkat Bluetooth, pastikan keduanya berada dalam jangkauan pengoperasian. Baterai: Perangkat Bluetooth berjalan dengan baterai. Jika baterai lemah atau habis, perangkat tidak akan dapat terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah koneksi dengan perangkat Bluetooth Anda, pastikan perangkat tersebut terisi penuh (jika menggunakan baterai isi ulang) dan baterai baru (jika menggunakan baterai yang tidak dapat diisi ulang). Gangguan: Gangguan adalah salah satunya. penyebab masalah koneksi Bluetooth. Teknologi Bluetooth bekerja pada 2,45 GHz. Jika komputer Anda menggunakan teknologi nirkabel lain dengan frekuensi yang sama, Anda mungkin menghadapi masalah interferensi dengan perangkat Bluetooth Anda. Jika hal seperti itu terjadi, itu akan mengakibatkan pemutusan sambungan Bluetooth. Ketidakcocokan: Sebagian besar perangkat Bluetooth kompatibel ke belakang. Ini berarti bahwa perangkat dengan versi Bluetooth yang lebih tinggi dapat terhubung dengan versi Bluetooth yang lebih rendah. Tapi ini tidak terjadi dengan semua perangkat Bluetooth. BLE (Bluetooth Low Energy) atau Bluetooth Smart adalah teknologi yang hadir dengan beberapa perangkat Bluetooth. Jenis perangkat ini tidak kompatibel dengan perangkat Bluetooth standar.
Perbaiki masalah koneksi Bluetooth di Windows 11/10

Di atas, kita telah melihat beberapa penyebab umum masalah koneksi Bluetooth. Sekarang, mari kita bicara tentang cara memperbaiki masalah koneksi Bluetooth di perangkat Windows 11/10. Anda dapat mencoba solusi berikut jika Anda menghadapi masalah koneksi Bluetooth di komputer Windows 11/10 Anda. Sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda me-restart komputer Anda, karena terkadang masalah terjadi karena kesalahan kecil yang hanya dapat diselesaikan dengan me-restart perangkat Windows. Juga, coba matikan Bluetooth komputer Anda dan nyalakan lagi. Terkadang, mengaktifkan Bluetooth komputer memperbaiki masalah konektivitas Bluetooth. Jika ini tidak membantu, lakukan perbaikan berikut.
Pastikan Bluetooth PC Anda dihidupkanPeriksa apakah mode Pesawat diaktifkanPeriksa baterai perangkat Bluetooth AndaPeriksa perangkat BluetoothMulai ulang perangkat Bluetooth AndaPeriksa masalah interferensiHapus perangkat Bluetooth Anda dan tambahkan lagiJalankan pemecah masalah yang sesuaiPerbarui dan instal ulang driver Bluetooth Anda Kembalikan driver Bluetooth Anda atau hapus instalan Pembaruan Windows terbaruMulai Ulang Layanan Dukungan BluetoothKonfigurasi Layanan Dukungan BluetoothPeriksa status Layanan Asosiasi PerangkatLakukan Pemulihan SistemLakukan Peningkatan di Tempat
Di bawah ini, kami telah menjelaskan semua perbaikan ini secara rinci.
1 ] Pastikan Bluetooth PC Anda dihidupkan

Periksa apakah Anda telah mengaktifkan Bluetooth komputer Anda. Tombol untuk menghidupkan dan mematikan Bluetooth tersedia di Pengaturan Windows 11/10.
2] Periksa apakah mode Pesawat diaktifkan
Mengaktifkan mode Pesawat akan mematikan semua koneksi nirkabel di perangkat Windows Anda. Oleh karena itu, ini adalah cara cepat untuk mematikan semua koneksi nirkabel sekaligus. Bluetooth juga merupakan koneksi nirkabel. Oleh karena itu, menyalakan mode Pesawat akan secara otomatis mematikan Bluetooth. Periksa apakah Anda telah mengaktifkan mode Pesawat secara tidak sengaja. Jika ya, matikan.

Beberapa laptop memiliki tombol fungsi khusus untuk mengaktifkan mode Pesawat. Jika laptop Anda tidak memiliki tombol fungsi ini, Anda dapat menghidupkan dan mematikannya melalui Pengaturan Windows 11/10 dan Pengaturan Cepat.
3] Periksa baterai perangkat Bluetooth Anda
Pastikan perangkat Bluetooth Anda terisi penuh. Jika perangkat Bluetooth Anda memiliki baterai yang tidak dapat diisi ulang, ganti baterai tersebut dan periksa apakah Anda dapat menghubungkan perangkat Anda ke komputer atau tidak. Juga, pastikan perangkat Bluetooth Anda berada dalam jangkauan, jika tidak, PC Anda tidak akan dapat mendeteksinya.
4] Periksa perangkat Bluetooth Anda
Terkadang, masalahnya terkait dengan perangkat Bluetooth dan bukan dengan komputer Windows. Untuk mengonfirmasi apakah perangkat Bluetooth Anda berfungsi atau tidak, sambungkan ke komputer lain (jika tersedia). Jika komputer lain tidak tersedia, Anda dapat memeriksa fungsionalitas perangkat Bluetooth Anda dengan menghubungkannya ke komputer teman Anda. Jika perangkat Bluetooth terhubung dengan komputer teman Anda tetapi tidak dengan komputer Anda, masalahnya mungkin ada pada driver Bluetooth Anda. Kami akan membicarakannya nanti di artikel ini.

Jika perangkat Bluetooth Anda tidak terhubung ke komputer lain, hubungi produsen perangkat Anda. Jika perangkat Anda masih dalam garansi, Anda dapat menggantinya (sesuai kebijakan pabrikan).
5] Mulai ulang perangkat Bluetooth Anda
Solusi efektif lainnya untuk mengatasi masalah koneksi Bluetooth adalah dengan memulai ulang perangkat Bluetooth. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Matikan perangkat Bluetooth Anda. Tunggu beberapa menit. Nyalakan perangkat Bluetooth Anda.
Sekarang, lihat apakah Anda dapat menghubungkannya ke komputer Anda. Jika tidak, coba solusi lain.
6] Periksa masalah gangguan
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya di artikel ini, salah satu penyebab masalah koneksi Bluetooth adalah gangguan. Gangguan terjadi bila salah satu kondisi berikut terpenuhi:
Bila Anda telah meletakkan perangkat Bluetooth di dekat port USB 3.0.Bila komputer Anda terhubung ke koneksi nirkabel lain yang menggunakan frekuensi yang sama dengan Bluetooth.
Jika laptop Anda memiliki port USB 3.0 , Anda mungkin mengalami masalah koneksi Bluetooth jika Anda meletakkan perangkat Bluetooth di dekat port USB 3.0. Ini biasanya terjadi jika ada perangkat USB yang terhubung ke port USB 3.0. Hal ini terjadi karena kabel USB 3.0 memiliki kecenderungan memancarkan frekuensi radio yang dapat mengganggu perangkat Bluetooth. Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menjauhkan perangkat Bluetooth dari port USB 3.0.

Jika komputer Anda tersambung ke sambungan nirkabel lain yang menggunakan pita frekuensi yang sama dengan Bluetooth, Anda mungkin mengalami masalah sambungan dengan perangkat Bluetooth karena gangguan. Sinyal Wi-Fi dapat beroperasi pada 2,4 GHz dan 5 GHz. Jika sinyal Wi-Fi Anda menggunakan 2,4 GHz, ini dapat menyebabkan gangguan pada perangkat Bluetooth. Untuk mengatasi masalah ini, ubah frekuensi sinyal Wi-Fi Anda dari 2,4 GHz menjadi 5 GHz.

Baca: Headphone Bluetooth muncul sebagai dua perangkat di Windows 11/10.
7] Lepaskan perangkat Bluetooth Anda dan tambahkan lagi
Satu cara yang efektif untuk memperbaiki masalah koneksi Bluetooth adalah dengan menghapus perangkat Bluetooth dari komputer Anda dan kemudian menambahkannya lagi. Jika perangkat Bluetooth Anda terhubung ke komputer Anda sebelumnya tetapi sekarang, Anda menghadapi masalah koneksi dengan perangkat Bluetooth Anda, perangkat Bluetooth sudah ditambahkan ke komputer Anda. Dalam hal ini, menghapus perangkat Bluetooth dari komputer dan menambahkannya lagi dapat memperbaiki masalah.

Langkah yang sama tertulis di bawah ini:
Buka halaman Bluetooth & Perangkat di Pengaturan Windows 11/10 Anda. Pilih perangkat Bluetooth Anda dan klik Hapus perangkat. Tindakan ini akan menghapus perangkat Bluetooth dari komputer Anda. Setelah melepas perangkat Bluetooth, matikan perangkat Bluetooth dan nyalakan ulang komputer Anda. Saat komputer dihidupkan ulang, hidupkan perangkat Bluetooth Anda. Sekarang, buka halaman Bluetooth & perangkat di Pengaturan dan klik tombol Tambah perangkat untuk menambahkan perangkat Bluetooth Anda.
Perangkat Bluetooth Anda sekarang harus terhubung ke komputer Anda.
8] Jalankan pemecah masalah yang sesuai Perangkat Windows dilengkapi dengan alat pemecahan masalah bawaan. Anda dapat menjalankan pemecah masalah yang sesuai untuk memperbaiki masalah yang Anda hadapi. Karena Anda mengalami masalah koneksi Bluetooth pada perangkat Windows Anda, menjalankan pemecah masalah Bluetooth dan pemecah masalah Perangkat Keras & Perangkat dapat membantu.

Untuk menjalankan pemecah masalah Bluetooth di Windows 11, buka aplikasi Pengaturan dan buka “Sistem > Pemecahan Masalah > Pemecah masalah lainnya.” Sekarang, klik tombol Jalankan di sebelah Bluetooth.

Pada Windows 10, buka Pengaturan dan buka “Perbarui & keamanan> Pemecahan Masalah> Pemecah masalah tambahan.” Pilih Bluetooth dan klik tombol Jalankan.
9] Perbarui dan instal ulang driver Bluetooth
Salah satu kemungkinan penyebab masalahnya adalah driver Bluetooth yang sudah usang dan rusak. Driver adalah bagian dari perangkat lunak yang memberi tahu sistem operasi jenis perangkat apa yang terhubung dengannya. Saat driver mengalami malfungsi, Anda mungkin mengalami beberapa masalah dengan perangkat masing-masing.

Jika Anda masih mengalami masalah koneksi Bluetooth pada perangkat Windows, Anda harus memperbarui driver perangkat Bluetooth Anda. Pada komputer Windows, Anda dapat memperbarui driver perangkat Bluetooth Anda melalui fitur Pembaruan Opsional Windows (jika pembaruan untuk driver perangkat Bluetooth Anda tersedia di sana).

Jika ini tidak berhasil, kami sarankan Anda menghapus penginstalan driver Bluetooth yang saat ini diinstal dari sistem Anda. Kemudian kunjungi situs web resmi produsen perangkat Bluetooth Anda. Unduh versi terbaru driver perangkat Bluetooth Anda dan instal secara manual.
10] Kembalikan driver Bluetooth Anda atau hapus instalan Windows Update
terbaruJika masalah mulai terjadi setelah Pembaruan Windows tertentu, ini berarti bahwa driver perangkat Bluetooth Anda juga telah diperbarui bersama dengan Pembaruan Windows. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menghapus versi driver terbaru dan kembali ke versi driver sebelumnya. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.Ketika Device Manager terbuka, cari driver perangkat Bluetooth Anda.Klik kanan padanya dan pilih Properties.Klik pada tab Driver dan lihat jika opsi Roll Back tersedia. Jika ya, klik di atasnya. Proses ini akan menghapus pembaruan driver terbaru dan menginstal versi sebelumnya dari driver perangkat Bluetooth Anda. Sekarang, periksa apakah masalah tetap ada. Jika ya, hapus instalan Pembaruan Windows terbaru.

Baca: Keyboard atau mouse Bluetooth terus masuk ke Sleep
11] Mulai ulang Layanan Dukungan Bluetooth
Layanan Dukungan Bluetooth bertanggung jawab atas berfungsinya perangkat Bluetooth yang terhubung ke komputer Windows. Jika layanan ini tidak berjalan atau dihentikan oleh Anda karena kesalahan, Anda mungkin mengalami beberapa masalah dengan perangkat Bluetooth Anda. Periksa status Layanan Dukungan Bluetooth dan mulai jika Anda menemukannya berhenti.

Langkah-langkah untuk memulai kembali Layanan Dukungan Bluetooth adalah sebagai berikut:

Luncurkan kotak perintah Jalankan dan ketik services.msc. Klik Oke. Perintah ini akan membuka jendela Manajemen Layanan. Di aplikasi Layanan, cari Layanan Dukungan Bluetooth. Setelah Anda menemukannya, periksa statusnya. Jika statusnya menunjukkan Running, klik kanan padanya dan pilih Restart. Jika tidak berjalan, klik kanan padanya dan pilih Mulai. Setelah memulai, klik dua kali untuk membuka propertinya. Klik pada drop-down jenis Startup dan pilih Otomatis. Klik Terapkan lalu klik OK.12] Konfigurasi Layanan Dukungan Bluetooth. Jika memulai ulang Layanan Dukungan Bluetooth tidak memperbaiki masalah Anda, konfigurasikan dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini dan periksa apakah itu membantu.

Buka jendela Manajemen Layanan dengan mengikuti proses yang dijelaskan dalam solusi sebelumnya. Temukan Layanan Dukungan Bluetooth . Klik dua kali untuk membuka propertinya. Pilih tab Log On. Sekarang, pilih Akun Ini dan ketik Layanan Lokal di bidang yang diperlukan. Hapus kata sandi di bidang Kata Sandi dan Konfirmasi Kata Sandi. Klik Terapkan lalu klik OK.13] Periksa status Layanan Asosiasi Perangkat
Layanan Asosiasi Perangkat memungkinkan pemasangan antara perangkat Windows dan perangkat nirkabel. Jika layanan ini tidak berjalan, Anda mungkin menghadapi masalah koneksi dengan perangkat nirkabel Anda. Periksa statusnya di aplikasi Layanan. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Buka aplikasi Layanan.Temukan Layanan Asosiasi Perangkat.Jika statusnya tidak menunjukkan Berjalan, klik kanan padanya dan pilih Mulai.14] Lakukan Pemulihan SistemJika Anda telah membuat titik pemulihan sistem, Anda dapat memulihkan sistem Anda dan memeriksa apakah ini memperbaiki masalah. Metode ini berguna jika Titik Pemulihan Sistem dibuat saat tidak ada masalah koneksi Bluetooth.
15] Lakukan Peningkatan di TempatJika tidak ada metode di atas yang memperbaiki masalah Anda atau jika Bluetooth hilang atau berwarna abu-abu di Pengaturan Windows, melakukan pemutakhiran di tempat dapat memperbaiki masalah.

Baca: Memperbaiki gangguan audio Bluetooth di Windows 11/10.

Mengapa Bluetooth saya terus terputus di Windows 11?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa perangkat Bluetooth Anda terus terputus di Windows 11, seperti lemah baterai, driver perangkat Bluetooth yang rusak atau kedaluwarsa, masalah interferensi dengan koneksi nirkabel lain atau perangkat USB 3.0, dll. Masalah ini dapat terjadi pada perangkat Bluetooth apa pun, seperti mouse Bluetooth, pengontrol Bluetooth, dll.

Untuk memperbaiki masalah seperti itu, Anda dapat mencoba solusi yang dijelaskan di atas dalam artikel ini.

Bagaimana cara memperbaiki masalah pemasangan Bluetooth?

Jika perangkat Bluetooth tidak dipasangkan dengan komputer Windows, Anda dapat mencoba beberapa solusi umum, seperti memulai ulang perangkat Windows Anda, menyalakan kembali perangkat Bluetooth Anda, mengganti baterai perangkat Bluetooth Anda, menjalankan pemecah masalah Bluetooth, dll.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Memperbaiki Bluetooth yang tidak berfungsi setelah bangun dari Tidur