Perbaiki masalah Konfigurasi Printer 0x80070077 pada Windows 11/10

Printer adalah salah satu gadget elektronik yang sangat berguna di kantor, sekolah, bahkan rumah. Ini membantu dalam mencetak halaman web, file PDF, gambar, dll., Dengan mudah. Kemajuan teknologi telah menyederhanakan proses pencetakan secara signifikan. Sekarang, tidak perlu lagi menyimpan halaman atau dokumen untuk dicetak. Anda dapat mengklik kanan pada halaman yang diinginkan dan memilih opsi Cetak. Itu akan mengirim halaman ke printer untuk dicetak. Namun, beberapa pengguna Microsoft Edge telah melaporkan masalah 0x80070077. Posting ini akan menyarankan bagaimana Anda dapat mengatasi kesalahan Konfigurasi Printer 0x80070077 pada Windows.

Printer Anda mengalami masalah konfigurasi yang tidak terduga dengan kode kesalahan (0x80070077)

Penting untuk dicatat bahwa menggunakan browser lain seperti Chrome atau Opera tidak menyebabkan kesalahan ini. Selain itu, kesalahan hanya muncul ketika pengguna mencoba mencetak file PDF. Terjadinya kesalahan mengganggu proses pencetakan. Akibatnya tidak tercetak.

Apa Penyebab Error 0X8007007e pada Windows?

Berbagai penyebab dapat menyebabkan terjadinya error 0X8007007e pada Windows. Penyebab utamanya adalah ketidakcocokan antara sistem operasi Windows dan driver perangkat printer. Misalnya, kesalahan ini dapat terjadi jika sistem operasi tidak mutakhir saat pengandar pencetak diperbarui. Demikian pula, memperbarui Windows tanpa melakukan hal yang sama untuk pengandar pencetak dapat menyebabkan masalah ini.

Kesalahan 0X8007007e juga dapat terjadi pada Windows ketika mencoba menghubungkannya ke pencetak jarak jauh. Versi DLL yang berbeda menyebabkan tampilan kesalahan ini di layar komputer. Jika komputer Anda memiliki lingkungan 64-bit, tetapi printer berjalan pada lingkungan 32-bit, kesalahan 0X8007007e dapat terjadi. Terlepas dari ini, faktor lain dapat menyebabkan Masalah Konfigurasi Printer 0x80070077 pada Windows. Ini termasuk file sistem yang rusak, driver printer yang rusak, virus, dan file PrintConfig.dll yang hilang.

Perbaiki masalah Konfigurasi Printer 0x80070077 pada Windows 11/10

Ada beberapa solusi yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Pastikan untuk memeriksa apakah masalah teratasi setelah mencoba setiap solusi.
Run Pemecah Masalah PrinterBerbagi Printer melalui JaringanGanti PrintConfig.dll File
Beberapa di antaranya memerlukan izin admin.
1. Jalankan Printer Troubleshooter
Menggunakan pemecah masalah printer adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah konfigurasi printer 0x80070077 pada Windows. Pemecah Masalah Printer menilai situasi dan memeriksa apakah ada strategi yang dapat diterapkan. Setelah mengidentifikasi masalah, pemecah masalah merekomendasikan solusi.

Buka Run Prompt menggunakan Win + RKetik ms-settings:troubleshoot dan tekan Enter untuk membuka pengaturan TroubleshootBuka Pemecah masalah lain dan pilih Printer dari daftar.Pilih tombol Jalankan di samping Printer Anda akan diminta untuk memilih printer yang memiliki masalah. Posting ini, pemecah masalah akan memeriksa kemungkinan masalah. Setelah selesai, apakah itu dapat menerapkan perubahan secara otomatis, atau Anda perlu mengklik Terapkan perbaikan ini hanya ketika Windows menyajikan solusi untuk masalah tersebut.Tutup tab. Periksa dan lihat apakah kesalahan telah teratasi dengan me-restart komputer.2. Bagikan Printer melalui Network
Metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kesalahan 0x80070077 adalah memastikan bahwa printer dapat dibagikan. Terkadang printer bersama tidak ditemukan, dan satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan membagikannya kembali melalui jaringan. Bahkan mungkin menunjukkan printer tersedia tetapi itu karena cache jaringan, printer tampaknya tersedia untuk dicetak.

Buka Pengaturan Windows menggunakan Win + IBuka Bluetooth & Perangkat > Printer & PemindaiKlik pada Printer yang bermasalahKlik pada Properti printer untuk membuka pengaturan lanjutan. Pada tab Berbagi, centang opsi Bagikan Printer ini. Tambahkan nama dan pilih Terapkan lalu OK.
Catatan: Jika printer sudah dalam mode bersama, hapus centang pada kotak, terapkan perubahan, dan lalu bagikan lagi. Sekarang, periksa apakah kesalahan telah teratasi dengan mencoba mencetak something.
3. Ganti PrintConfig.dll File
PrintConfig adalah singkatan dari Print Configuration User Interface. DLL digunakan untuk menentukan pengaturan yang digunakan untuk pencetakan, seperti ukuran printer, skala, jangkauan, dan hal lain yang ditawarkan printer. DLL yang hilang atau rusak berarti pencetakan akan terganggu.

Karena kita mengganti DLL, kita perlu menggunakan sistem lain yang serupa agar kesalahan ini tidak terjadi. Setelah Anda yakin, simpan drive USB, lalu ikuti langkah-langkah pada PC yang berbeda:
Pilih tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run. Ketik spool dan tekan Enter. Buka folder Drivers dan cari x64 folder. Di sini, cari file DLL. Jika Anda kesulitan menemukan file, masukkan printconfig di kotak pencarian.Klik kanan pada printconfig.dll dan buka lokasi file-nyaSalin file ke drive USBHubungkan USB di komputer tempat Anda menghadapi masalahBuka Driver Printer lagi, Cari folder x64 dan paste printconfig.dil di folder.
Restart PC dan amati apakah masih terjadi error atau tidak. Mudah-mudahan ini akan menyelesaikan masalah.

Masalah Konfigurasi Printer 0x80070077 pada Windows memang merepotkan, terutama ketika Anda sangat membutuhkan untuk mencetak beberapa dokumen. Lihatlah solusi yang tercantum di sini dan terapkan untuk melihat apakah kesalahan telah teratasi. Jika tidak berhasil, Anda harus mencari nasihat dari seorang profesional.

Terkait: Printer Anda mengalami masalah konfigurasi yang tidak terduga

Bagaimana Cara Memperbarui Driver Printer?

Cara terbaik untuk memperbarui Driver Printer adalah dengan mengunduhnya dari situs web OEM dan menginstalnya dia. Meskipun Windows menawarkannya melalui Pembaruan Windows (Pembaruan Opsional), terkadang prosesnya memakan waktu terlalu lama, dan mengunduhnya dari situs web Printer adalah metode yang lebih baik untuk melanjutkan.

Bagaimana Memperbaiki File Sistem yang Rusak?

Meskipun ada beberapa cara untuk memperbaiki file yang rusak file sistem, cara paling mudah adalah dengan menggunakan Pemeriksa File Sistem. Anda dapat menjalankan perintah SFC / scannow pada Terminal Windows atau Command Prompt yang ditinggikan dan biarkan program melakukan tugasnya. Perintah dapat mem-boot ulang sistem dalam mode konsol dan kemudian melakukan pemeriksaan, terutama untuk drive sistem.

Alat SFC akan memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang selama proses. Namun, dalam beberapa kasus, itu mungkin tidak mungkin. Jika file tidak rusak, Anda akan mendapatkan pesan – Windows Resource Protection tidak menemukan pelanggaran integritas di layar PC. Atau, Anda juga dapat menggunakan alat DISM untuk memperbaiki citra sistem yang rusak. Bahkan mengganti file secara manual adalah cara terbaik untuk menangani file yang rusak atau rusak.