Perbaiki masalah Layar Hitam Webcam pada Windows 11/10

Apakah Anda menghadapi masalah layar hitam dengan webcam Anda di Windows 11/10? Banyak pengguna Windows telah melaporkan menghadapi layar hitam setiap kali mereka mencoba menggunakan kamera internal atau webcam eksternal di PC mereka. Webcam adalah perangkat penting untuk melakukan streaming video, merekam video, melakukan panggilan video, dan melakukan lebih banyak lagi di PC Anda. Melihat layar hitam setiap kali Anda mencoba menggunakan webcam membuat frustrasi. Sekarang, jika Anda adalah salah satu pengguna yang terganggu oleh masalah ini, kami membantu Anda. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode untuk memperbaiki masalah layar hitam webcam pada PC Anda. Sebelum kami menyebutkan perbaikannya, mari kita coba dan pahami skenario yang memicu masalah yang dihadapi.

Mengapa webcam saya menampilkan layar hitam?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin melihat layar hitam di webcam Anda. Berikut adalah kemungkinan penyebabnya:
Mungkin Anda belum memberikan izin yang diperlukan untuk webcam Anda. Oleh karena itu, sebelum mencoba perbaikan lanjutan, pastikan untuk mengizinkan izin aplikasi ke webcam Anda. Jika Anda menggunakan webcam lama yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang lebih baru, Anda mungkin mengalami masalah ini. Dalam hal ini, Anda harus memutakhirkan webcam Anda dan mendapatkan yang kompatibel dengan PC Anda. Terlalu banyak perangkat USB yang terhubung ke PC Anda dapat mengganggu webcam Anda dan menyebabkan masalah yang dihadapi. Jadi, coba putuskan sambungan semua perangkat USB lainnya dan periksa apakah masalahnya telah diperbaiki atau tidak. Driver webcam yang sudah usang atau rusak dapat menjadi alasan untuk masalah yang dihadapi. Jadi, perbarui atau instal ulang driver webcam Anda untuk memperbaiki masalah. Ada kemungkinan Anda akan melihat layar hitam di webcam jika aplikasi perekaman Anda tidak diperbarui. Oleh karena itu, perbarui aplikasi perekam Anda untuk memperbaiki masalah ini. Konflik perangkat lunak pada PC Anda dapat menjadi alasan lain untuk masalah ini. Jadi, restart PC Anda dalam keadaan boot bersih untuk memperbaiki masalah.
Berdasarkan skenario di atas, Anda dapat mencoba perbaikan yang sesuai untuk menghilangkan masalah layar hitam pada webcam Anda.

Perbaiki Layar Hitam Webcam di Windows 11/10

Berikut adalah perbaikan yang dapat Anda coba untuk menghilangkan masalah layar hitam di Webcam pada Windows 11/10 PC:
Izinkan izin aplikasi untuk webcam Anda. Pastikan webcam Anda kompatibel dengan PC Anda. Cabut perangkat USB lain dan coba sambungkan webcam Anda ke port yang berbeda.Perbarui driver webcam Anda.Instal ulang driver webcam Anda.Unduh & instal semua pembaruan Windows yang tertunda.Perbarui aplikasi perekaman Anda.Pecahkan masalah dalam Status Boot Bersih.1] Izinkan izin aplikasi untuk webcam

AndaPertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda webcam memiliki izin yang diperlukan untuk merekam video di PC Anda. Anda mungkin melihat layar hitam jika Anda belum memberikan izin akses yang diperlukan ke webcam Anda. Jadi, izinkan izin aplikasi untuk webcam Anda menggunakan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, tekan Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan. Sekarang, pilih tab Privasi & keamanan. Selanjutnya, gulir ke bawah ke bagian Izin aplikasi dan klik Kamera. Setelah itu , pastikan sakelar akses Kamera diaktifkan. Sekarang, pastikan bahwa aplikasi perekaman yang Anda gunakan diizinkan untuk mengakses webcam Anda di bawah bagian Biarkan aplikasi mengakses kamera Anda. Terakhir, coba gunakan webcam Anda dan lihat apakah masalahnya telah diperbaiki atau tidak .
Jika izin yang diperlukan diberikan dan Anda masih mendapatkan masalah, coba perbaikan potensial berikutnya.
2] Pastikan webcam Anda kompatibel dengan PC
AndaMasalah layar hitam dengan webcam Anda mungkin disebabkan jika webcam Anda tidak kompatibel dengan PC Anda. Jika Anda menggunakan model lama webcam, mungkin kompatibel dengan Windows 11/10 dan dengan demikian, masalah layar hitam. Oleh karena itu, jika skenario berlaku, Anda akan diminta untuk mengubah webcam Anda dan menggunakan yang kompatibel dengan sistem Anda.

Jika masalah masih muncul, lanjutkan dan coba perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.

Baca:Webcam berkedip di Teams selama panggilan video.
3 Cabut perangkat USB lain dan coba sambungkan webcam Anda ke port lain. Jika Anda menggunakan webcam USB, coba cabut perangkat USB lain yang tersambung. Anda mungkin mengalami masalah ini jika ada terlalu banyak perangkat USB yang terhubung ke sistem Anda. Jadi, cukup cabut perangkat USB yang tidak digunakan saat ini dan kemudian periksa apakah masalahnya telah teratasi atau tidak.

Selain solusi di atas, Anda juga dapat mencoba menghubungkan webcam Anda ke port USB yang berbeda. Hubungkan webcam Anda ke setiap port USB lainnya dan lihat apakah masalahnya telah diperbaiki.
4] Perbarui driver webcam Anda. Masalah layar hitam biasanya terhubung ke driver perangkat yang sudah usang dan rusak. Jika Anda mendapatkan layar hitam pada webcam, masalahnya mungkin disebabkan karena driver webcam yang kedaluwarsa. Karenanya, jika skenarionya berlaku, perbarui driver webcam Anda untuk memperbaiki masalah tersebut. Selain itu, pastikan driver grafis Anda juga diperbarui.

Anda dapat menggunakan metode di bawah ini untuk memperbarui driver webcam di PC Windows:
Anda mengunduh driver webcam dari situs web resmi produsen perangkat. Ini adalah salah satu cara paling umum untuk mendapatkan dan menginstal versi terbaru driver Anda. Coba buka aplikasi Pengaturan menggunakan tombol pintas Win+I, lalu buka bagian Pembaruan Windows > Opsi lanjutan. Sekarang, ketuk opsi Pembaruan Opsional dan instal semua pembaruan yang tertunda untuk webcam dan driver lainnya. Gunakan aplikasi Device Manager untuk memperbarui driver webcam. Anda juga dapat mencoba pembaruan driver pihak ketiga gratis untuk memperbarui driver webcam Anda secara otomatis.
Setelah memperbarui driver webcam Anda, periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Jika masalah masih berlanjut, coba solusi potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.

Lihat:Perbaiki Webcam terus mati dan hidup lagi
5] Instal ulang driver webcam Anda
Jika memperbarui driver Anda tidak membantu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginstal ulang driver webcam Anda. Untuk itu, Anda harus terlebih dahulu meng-uninstall driver Anda dan kemudian menginstalnya kembali. Berikut adalah cara melakukannya:
Pertama, tekan Win + X dan pilih Pengelola Perangkat dari menu pintasan. Sekarang, di Pengelola Perangkat, cari webcam Anda dan perluas menu masing-masing. Selanjutnya, klik kanan pada driver webcam Anda dan pilih Uninstall opsi perangkat. Setelah driver dihapus, klik opsi Tindakan > Pindai perubahan perangkat keras untuk membiarkan Windows menginstal ulang driver yang hilang. Akhirnya, reboot PC Anda dan lihat apakah masalah “Layar hitam webcam” telah diperbaiki atau tidak.6] Unduh & instal semua pembaruan Windows yang tertunda
Dalam banyak kasus, masalah seperti itu disebabkan jika Anda tidak menggunakan versi Windows terbaru. Oleh karena itu, untuk meningkatkan stabilitas sistem dan memperbaiki bug tersebut, pastikan PC Anda mutakhir. Untuk memperbarui Windows, luncurkan Pengaturan menggunakan Win+I dan buka tab Pembaruan Windows. Kemudian, tekan tombol Periksa pembaruan untuk mengunduh dan menginstal semua pembaruan Windows yang tertunda.
7] Perbarui aplikasi perekaman Anda
Masalahnya mungkin juga disebabkan jika aplikasi perekaman webcam Anda tidak diperbarui. Karenanya, coba perbarui aplikasi rekaman Anda dan lihat apakah masalah teratasi atau tidak. Anda bisa mendapatkan versi terbaru aplikasi dari situs web resmi aplikasi. Jika Anda menggunakan aplikasi WIndows, perbarui aplikasi dari Microsoft Store. Periksa apakah metode ini memperbaiki masalah untuk Anda.

Baca:Webcam terus membeku atau mogok
8] Pemecahan Masalah dalam Status Boot Bersih

Ini juga dapat disebabkan karena konflik perangkat lunak dengan aplikasi webcam Anda. Karenanya, jika skenarionya berlaku, Anda dapat mencoba melakukan boot bersih dan melihat apakah masalah telah diperbaiki atau tidak. Untuk melakukan boot bersih, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Pertama, buka dialog Run dengan menekan tombol pintas Windows + R. Sekarang, ketik msconfig di bidang Buka dan tekan Enter untuk membuka jendela Konfigurasi Sistem. Di jendela Konfigurasi Sistem , buka tab Layanan dan aktifkan kotak centang Sembunyikan semua layanan Microsoft. Ini akan memastikan bahwa tidak ada layanan Windows penting yang dinonaktifkan secara tidak sengaja. Setelah itu, nonaktifkan semua layanan, pindah ke tab Startup, tekan tombol Open Task Manager, dan nonaktifkan semua aplikasi startup. Sekarang, pindah ke jendela System Configuration dan ketuk tombol Terapkan > OK untuk menerapkan perubahan. Setelah selesai, reboot PC Anda dan lihat apakah masalahnya telah diperbaiki atau belum.
Itu saja. Semoga postingan ini dapat membantu Anda mengatasi masalah layar hitam webcam pada Windows 11/10.

Bagaimana cara mengatasi layar hitam pada webcam?

Untuk memperbaiki layar hitam pada webcam Anda, pastikan perangkat webcam Anda kompatibel dengan perangkat webcam Anda. komputer. Selain itu, Anda dapat mencoba memperbarui driver webcam Anda, menginstal pembaruan Windows, memperbarui aplikasi perekaman Anda, dll.

Sekarang baca:Kamera Laptop atau Webcam tidak berfungsi di Windows.