Perbaiki masalah Resolusi Layar di Windows 11/10

Anda dapat menghubungkan monitor eksternal ke komputer desktop atau laptop Anda melalui kabel HDMI atau VGA. Tergantung pada jumlah port HDMI dan VGA yang dimiliki sistem Anda, Anda dapat menghubungkan beberapa monitor ke dalamnya. Setelah menghubungkan monitor eksternal ke komputer desktop atau laptop Anda, Anda dapat bermain game, menonton film, dan melakukan pekerjaan Anda di layar yang lebih besar dari layar bawaan laptop Anda. Windows juga memungkinkan Anda mengatur resolusi layar dan tingkat penskalaan yang berbeda untuk monitor atau tampilan yang berbeda. Terkadang pengaturan resolusi layar tidak berfungsi seperti yang diharapkan saat Anda menyambungkan monitor eksternal. Masalah resolusi layar seperti itu di perangkat Windows 11/10 merusak pengalaman pengguna. Masalah resolusi layar tidak hanya terjadi pada layar eksternal, Anda mungkin juga mengalami hal yang sama pada layar internal laptop Anda. Pada artikel ini, kita akan melihat cara memperbaiki masalah resolusi layar di Windows 11/10.

Beberapa penyebab umum masalah Resolusi Layar di Windows 11/10

Sebelum berbicara tentang solusi untuk memperbaiki masalah resolusi layar di Windows 11/10, mari kita lihat beberapa masalah umum penyebab masalah resolusi layar pada perangkat WIndows 11/10.
Pengaturan salah: Resolusi tampilan dan pengaturan penskalaan yang salah adalah penyebab utama masalah resolusi layar. Setelah menghubungkan layar atau monitor eksternal, Anda perlu mengonfigurasi pengaturannya dengan benar. Jika Anda melakukan kesalahan saat mengonfigurasi resolusi tampilan dan pengaturan penskalaan, Anda tidak akan mendapatkan resolusi yang diinginkan pada tampilan Anda. Pembaruan Windows: Terkadang, Pembaruan Windows terbaru menyebabkan masalah pada perangkat Windows. Jika Anda mengalami masalah resolusi layar setelah memperbarui sistem Anda, mungkin pembaruan terbaru telah mengganggu pengaturan resolusi layar Anda. Dalam kasus seperti itu, memutar kembali ke versi Windows sebelumnya dapat memperbaiki masalah. Driver yang rusak atau usang: Setiap perangkat keras yang kami sambungkan ke komputer kami memerlukan driver khusus agar berfungsi dengan benar. Driver tampilan yang kedaluwarsa dan rusak juga dapat menyebabkan masalah resolusi layar pada perangkat Windows. Masalah perangkat keras: Jika Anda memiliki layar lama, Anda harus memeriksa apakah itu berfungsi dengan benar. Untuk ini, sambungkan ke komputer lain. Ini akan memberi tahu Anda jika masalahnya terkait dengan perangkat keras atau perangkat lunak.
Cara memperbaiki masalah Resolusi Layar di Windows 11/10

Jika Anda mengalami masalah resolusi layar di Windows 11/10, berikut beberapa saran yang dapat membantu Anda menghilangkannya issue.
Periksa Pembaruan WindowsPerbarui atau instal ulang driver Tampilan AndaInstal driver tampilan dalam mode kompatibilitasPilih resolusi Tampilan yang disarankanJalankan pemecah masalah Perangkat Keras dan PerangkatRoll Back driver tampilan atau hapus instalan Windows Update terbaruSesuaikan penskalaan tampilanPeriksa pengaturan Beberapa TampilanSesuaikan resolusi layar dan penskalaan menggunakan grafik Anda panel kontrol kartuUbah rasio aspek dan resolusi TV Anda (jika Anda telah menghubungkan TV ke PC Anda)
Mari kita lihat semua perbaikan ini secara mendetail.
1] Periksa Pembaruan Windows
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki masalah resolusi tampilan pada Windows 11 Anda /10 perangkat untuk menginstal Pembaruan Windows terbaru (jika tersedia ble). Buka halaman Pembaruan Windows di perangkat Windows Anda dan lihat apakah ada pembaruan Windows yang tersedia. Jika tidak ada pembaruan yang ditampilkan di sana, Anda dapat memeriksa Pembaruan Windows secara manual. Jika pembaruan tersedia, instal dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.
2] Perbarui atau instal ulang driver
tampilan Anda Seperti yang telah kami jelaskan di atas, driver tampilan yang rusak atau kedaluwarsa adalah salah satu penyebab masalah resolusi tampilan di Jendela 11/10. Oleh karena itu, Anda juga harus mencoba memperbarui driver tampilan Anda. Jika pembaruan tersedia untuk driver tampilan Anda, itu akan ditampilkan di halaman Pembaruan Opsional Windows. Buka halaman Pembaruan Opsional Windows di Pengaturan Windows 11/10 dan perbarui driver tampilan Anda (jika pembaruan tersedia).

Jika memperbarui driver tampilan tidak memperbaiki masalah, hapus instalan driver tampilan dari Pengelola Perangkat. Jangan khawatir, Anda tidak akan kehilangan tampilan Anda. Setelah menguninstall driver tampilan, Windows akan menggunakan driver VGA standar atau driver tampilan default lainnya. Sekarang, restart komputer Anda. Setelah me-restart perangkat Anda, Windows akan mendeteksi perubahan perangkat keras dan menginstal versi terbaru dari driver tampilan Anda secara otomatis. Sekarang, periksa apakah masalah masih berlanjut.

Jika masalah masih berlanjut, kunjungi situs web resmi produsen layar Anda dan unduh versi terbaru driver layar Anda. Jika driver diunduh dalam format zip, ekstrak foldernya lalu jalankan file penginstal untuk menginstal driver secara manual. Sebelum Anda menginstal driver, penting bagi Anda untuk menghapus driver tampilan yang terinstal saat ini.
3] Instal driver tampilan dalam mode
kompatibilitasJika solusi di atas tidak memperbaiki masalah Anda, instal driver tampilan yang diunduh dalam mode kompatibilitas dan lihat apakah itu membawa perubahan. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Klik kanan pada file penginstal driver dan pilih Properties.Klik pada tab Compatibility.Di bawah Compatibility mode, pilih kotak centang “Run this program in compatibility mode for”. Pilih Windows 8 di drop -down.Klik Terapkan lalu klik OK.
Sekarang, jalankan file penginstal dan ikuti wizard di layar untuk menginstal driver di bawah mode kompatibilitas.
4] Pilih resolusi tampilan yang direkomendasikan
Salah satu masalah resolusi tampilan yang dialami pengguna di layar mereka secara otomatis beralih ke resolusi yang salah. Beberapa penyebab masalah ini adalah pengaturan daya yang salah dan tampilan yang tidak berfungsi atau driver kartu grafis. Jika masalah seperti itu terjadi pada komputer Anda, buka pengaturan Tampilan dan pilih resolusi tampilan yang disarankan. Langkah-langkah untuk melakukannya tertulis di bawah ini:

Buka Pengaturan Windows 11/10. Buka “Sistem > Tampilan.” Klik pada Resolusi Layar dan pilih resolusi yang disarankan.
Jika ini tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba menjalankan pemecah masalah yang sesuai atau memutar kembali pembaruan Windows. Metode ini dijelaskan di bawah ini.
5] Jalankan pemecahan masalah Perangkat Keras dan Perangkat bsp

Sebelumnya, ada alat bernama Pemecah Masalah Kualitas Tampilan di komputer Windows. Microsoft mengembangkannya untuk memecahkan masalah terkait tampilan. Namun kemudian, Microsoft menghentikannya. Sekarang, Anda dapat menjalankan pemecah masalah Perangkat Keras dan Perangkat untuk memperbaiki masalah terkait tampilan. Anda dapat menjalankan pemecah masalah Perangkat Keras dan Perangkat dari prompt perintah yang ditinggikan dengan menjalankan perintah berikut:
msdt.exe -id DeviceDiagnostic6] Kembalikan driver tampilan atau hapus instalan Windows Update
terbaruJika masalah resolusi layar mulai terjadi setelah menginstal Pembaruan Windows tertentu, kami sarankan Anda memutar kembali driver tampilan Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Device Manager.Klik kanan pada driver tampilan Anda dan pilih Properties.Pilih tab Driver.Lihat apakah tombol Roll Back Driver dapat diklik. Jika ya, klik di atasnya.
Proses di atas akan menginstal versi sebelumnya dari driver tampilan Anda. Ini harus memperbaiki masalah. Jika tidak, kami sarankan Anda menghapus Pembaruan Windows terbaru.

Baca: Perbaiki Resolusi tidak didukung Kesalahan monitor pada PC Windows.
7] Sesuaikan penskalaan tampilanKadang-kadang, Anda mungkin mengalami efek zoom-in pada monitor eksternal Anda. Ini meregangkan seluruh tampilan karena ikon tampak lebih besar dan gambar tampak terdistorsi. Ini biasanya terjadi jika Anda telah memilih penskalaan yang salah untuk tampilan Anda. Menurut pengguna, tingkat penskalaan 125% menyebabkan masalah ini.

Jika Anda mengalami masalah seperti itu di layar, ubah tingkat penskalaan dari 125% menjadi 100%. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
Buka Pengaturan WIndows 11/10. Buka “Sistem > Tampilan.” Klik pada drop-down Skala dan pilih opsi penskalaan 100% atau pilih salah satu yang direkomendasikan oleh Windows untuk tampilan Anda .8] Periksa pengaturan Beberapa Layar Anda
Jika Anda telah menghubungkan beberapa monitor ke komputer Windows dan Anda mengalami masalah resolusi layar pada salah satu dari semuanya, periksa pengaturan Beberapa Layar Anda. Petunjuk berikut akan membantu Anda memeriksa pengaturan Multiple Displays.
Buka Pengaturan Windows 11/10. Buka “System > Display.” Di sana, Anda akan menemukan pengaturan bernama Multiple Displays. Jika Duplikat tampilan ini dipilih di drop-down , ubah ke Perpanjang tampilan ini.
Pengaturan “Gandakan tampilan ini” menyalin resolusi monitor utama ke semua monitor. Jika Anda ingin mengatur resolusi layar yang berbeda untuk semua tampilan Anda, Anda harus mengubah pengaturan ini.
9] Sesuaikan resolusi layar dan penskalaan menggunakan panel kontrol kartu grafis Anda
Jika Anda tidak dapat mengubah resolusi tampilan melalui Pengaturan Windows 11/10 , coba ubah resolusi dan penskalaan melalui panel kontrol kartu grafis Anda. Kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk beberapa kartu grafis.

Mengubah resolusi dan penskalaan tampilan melalui Panel Kontrol Grafis Intel HD

Ikuti langkah-langkah yang tertulis di bawah ini untuk mengubah resolusi tampilan dan penskalaan melalui Panel Kontrol Grafis Intel HD.

Klik kanan pada ruang kosong di desktop Anda dan pilih Pengaturan Grafik Intel. Jika Anda pengguna Windows 11, pertama-tama pilih Show more options di menu konteks klik kanan, lalu klik Intel Graphics Settings. Ketika Intel HD Graphics Control Panel terbuka, pilih Display. Sekarang, pilih display Anda dari menu Select Display -turun dan ubah resolusinya.
Jika opsi untuk mengubah penskalaan tampilan tersedia, ubahlah sesuai dengan itu.

Ubah resolusi dan penskalaan tampilan melalui Pusat Kontrol Katalis AMD

Jika sistem Anda memiliki kartu grafis AMD, Anda dapat mengubah resolusi tampilan melalui AMD Pusat Kontrol Katalis. Langkah-langkah untuk hal yang sama tertulis di bawah ini:

Buka Pusat Kontrol AMD Catalyst.Perluas tab Manajemen Tampilan di sisi kiri.Pilih Properti Tampilan.Pilih resolusi tampilan dari daftar yang ditampilkan di sisi kanan.Klik Terapkan.
Demikian pula, Anda juga dapat mengubah skala tampilan. Untuk melakukannya, perluas tab My Display Flat-Panels di sisi kiri dan pilih Scaling Options (Digital Flat-Panel). Anda akan melihat penggeser di sisi kanan. Pindahkan untuk menyesuaikan skala tampilan. Menurut umpan balik dari sebagian besar pengguna, penskalaan 5% memperbaiki masalah resolusi tampilan pada Windows 11/10.

Mengubah resolusi tampilan dan penskalaan di Panel Kontrol NVIDIA

Jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, Anda dapat mengubah resolusi tampilan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Buka Panel Kontrol NVIDIA.Perluas Display node di sisi kiri.Pilih Ubah resolusi.Sekarang, pilih resolusi tampilan di sisi kanan.10] Ubah rasio aspek dan resolusi TV Anda (jika Anda telah menghubungkan TV ke PC)
Jika Anda telah menyambungkan TV ke komputer sebagai ganti monitor, masalahnya mungkin terkait dengan pengaturan tampilan TV Anda. Kami menyarankan Anda mengubah rasio aspek dan resolusi layar TV Anda. Anda akan menemukan rasio aspek dan resolusi layar yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan metode hit and trial untuk memilih resolusi yang paling sesuai dengan layar TV Anda.

Baca: Cara mengubah Resolusi Layar di Windows 11/10.

Mengapa saya tidak dapat mengubah resolusi layar di Windows 11?

If Anda tidak dapat mengubah resolusi layar pada PC Windows 11 Anda, masalahnya mungkin terkait dengan driver tampilan Anda. Perbarui driver tampilan Anda dan periksa apakah ini memperbaiki masalah. Jika masalah mulai terjadi setelah pembaruan Windows tertentu, Anda dapat mencoba memutar kembali driver tampilan atau menghapus instalan pembaruan Windows terbaru. Jika Anda tidak dapat mengubah resolusi layar melalui Pengaturan Windows 11/10, Anda dapat mencoba hal yang sama dengan menggunakan panel kontrol kartu grafis Anda.

Bagaimana cara mendapatkan resolusi 1920×1080 pada layar 1366×768 di Windows 11?

Untuk mendapatkan resolusi 1920×1080 pada layar 1366×768 di Windows 11/10, ubah resolusi tampilan di Pengaturan Windows 11. Buka aplikasi Pengaturan Windows 11 dan kemudian pergi ke “Sistem> Tampilan.” Di sana Anda akan melihat opsi untuk mengubah resolusi tampilan. Klik pada menu drop-down dan pilih resolusi layar yang diinginkan. Jika resolusi layar 1920×1080 tidak tersedia di Pengaturan Windows 11, sistem Anda mungkin memiliki driver tampilan yang sudah ketinggalan zaman. Untuk memperbaiki masalah ini, perbarui driver tampilan Anda.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Cara membuat dan mengatur Resolusi Kustom pada Windows 11/10.