Perbaiki Minecraft Tidak dapat menyelesaikan masalah nama host

Dalam posting ini, kita akan berbicara tentang cara memperbaiki Minecraft Tidak dapat menyelesaikan masalah nama host. Ketika seorang pengguna mencoba untuk terhubung ke server temannya atau bahkan bergabung dengan server baru, masalah terjadi. Kesalahan menunjukkan bahwa Minecraft tidak dapat terhubung ke nama host karena alamat IP tidak dapat ditemukan. Untungnya, seperti masalah Minecraft lainnya, ini juga dapat diselesaikan dengan cepat. Coba saja solusi yang disebutkan dalam posting ini untuk memperbaiki masalah.

Apa yang menyebabkan Minecraft Tidak dapat menyelesaikan masalah nama host?

Ada beberapa alasan di balik Minecraft Tidak dapat menyelesaikan masalah nama host. Tetapi di antara semuanya, di bawah ini adalah yang paling umum menyebabkan masalah.
Jika alamat IP salah eja, Anda akan menghadapi pesan kesalahan.Masalah akan terjadi jika Windows Firewall memblokir Minecraft.Jika rentang DNS ditetapkan dengan buruk, Anda kemungkinan besar menghadapi pesan kesalahan dalam game.
Sekarang setelah Anda mengetahui berbagai alasan yang menyebabkan masalah, mari lihat cara memperbaikinya.

Minecraft tidak dapat menyelesaikan hostname

Di bawah ini adalah daftar semua solusi efektif yang dapat Anda coba untuk memperbaiki Minecraft tidak dapat menyelesaikan nama host.
Ketik nama host dengan benarHubungkan ke alamat IP yang benarHapus cache DNSPeriksa masalah server Izinkan Minecraft dari Windows Firewall
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Ketikkan nama host dengan benar
Sebelum mencoba salah satu solusi teknis berikut, yang pertama hal yang harus Anda pastikan adalah bahwa Anda telah menulis nama host dengan benar. Juga, periksa apakah alamat IP server ditulis dengan benar atau tidak. Ternyata, bahkan satu spasi, simbol, atau spasi tambahan dapat menjadi penyebab masalah.

Coba sambungkan ke server lagi setelah memperbaiki nama host dan alamat IP server. Jika masalahnya sudah terpecahkan, Anda siap berangkat. Tetapi jika terus berlanjut, coba solusi berikutnya pada daftar.
2] Hubungkan ke alamat IP yang benar
Salah satu solusi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki Minecraft tidak dapat menyelesaikan masalah nama host adalah menghubungkan ke alamat IP yang benar. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Untuk memulainya, tekan tombol Windows untuk membuka menu mulai. Ketik Command Prompt, dan dari hasilnya, pilih opsi Run as administrator. Di jendela Command Prompt, ketik nslookup , dan tekan kunci masuk. Misalkan, jika nama host adalah play.TheWindowsClub.org, lalu ketik nslookup play.TheWindowsClub.org.Di bawah bagian Non-authoritative answer, Anda akan menemukan alamat IP server yang sebenarnya. Salin. Tempel alamat IP server yang disalin ke Minecraft.
Sekarang, periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki atau belum. Jika tidak, coba solusi berikutnya.

Lihat: Memperbaiki game Minecraft yang mogok dengan Kode Keluar 0
3] Menghapus cache

DNS dalam jumlah besar dapat menjadi alasan signifikan lain di balik masalah yang disebutkan. Anda harus menghapus data cache DNS untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk menyelesaikan pekerjaan.
Buka Command Prompt di jendela administrator. Ketik ipconfig/flushdns dan tekan tombol enter. Setelah perintah dijalankan, Anda akan melihat – Konfigurasi IP Windows. Berhasil membersihkan DNS Resolver Cache. Sekarang, tutup jendela Command Prompt.
Itu saja. Cache DNS Anda seharusnya sudah diatur ulang sekarang. Periksa apakah masalah telah diperbaiki atau belum.

Lihat: Memperbaiki Minecraft Launcher Error 0x803f8001 pada Windows PC
4] Periksa masalah server
Jika Anda masih menghadapi masalah, kemungkinan besar masalah server menyebabkan masalah. Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda coba adalah memeriksa server di luar Minecraft. Begini caranya.
Buka Command Prompt dalam mode administrator. Di tempat yang disediakan, ketik ping dan tekan tombol enter. Jika Anda melihat pesan Request timed out, berarti Anda tidak dapat terhubung dengan server. Padahal, jika perintah dijalankan tanpa menunjukkan masalah apa pun, maka itu menunjukkan bahwa pengaturan Windows Firewall terutama menyebabkan masalah Minecraft yang disebutkan.5] Izinkan Minecraft dari Windows Firewall
Jika Minecraft diblokir di bawah pengaturan Windows Firewall, Anda akan menghadapi kesalahan yang disebutkan pesan. Anda harus memasukkan Minecraft ke daftar putih dari Windows Firewall untuk menyelesaikan masalah. Ikuti prosesnya, dan periksa apakah ada perbedaan.

Baca: Perbaiki Pesan kesalahan Driver Minecraft Kedaluwarsa di Windows PC

Bagaimana cara memperbaiki gagal menyelesaikan nama host? pastikan Anda memasukkan informasi yang benar, periksa apakah server berjalan atau tidak, dan izinkan aplikasi melalui pengaturan Windows Firewall. Menyetel ulang cache DNS dapat menjadi solusi efektif lainnya dalam situasi tersebut.

Mengapa dikatakan Tidak dapat menyelesaikan nama host?

Masalah tidak dapat menyelesaikan nama host terutama terjadi ketika Anda memasukkan nama host server yang salah. Untuk mengatasi masalah ini, periksa kembali nama host, dan hapus spasi atau karakter tambahan yang menyebabkan masalah.

Baca Selanjutnya: Minecraft not install on Windows 11/10 PC