Perbaiki penurunan FPS mendadak di Minecraft di PC

Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami penurunan FPS secara tiba-tiba di game Minecraft. Minecraft adalah salah satu game PC populer dan merupakan salah satu game favorit sebagian besar gamer. Saat bermain Minecraft, beberapa gamer PC mengalami masalah dengan frame rate. Menurut mereka, setelah beberapa lama memainkan game tersebut, FPS tiba-tiba turun. Bahkan beberapa gamer dengan komputer kelas atas juga mengalami masalah ini.

Mengapa saya mendapatkan penurunan FPS di Minecraft?

Ada banyak alasan mengapa Anda mendapatkan penurunan FPS di Minecraft. Penyebab utama masalah ini adalah perangkat keras yang tidak didukung. Jika Anda memainkan Minecraft pada perangkat keras yang tidak didukung, Anda akan mengalami beberapa masalah saat bermain game selain penurunan FPS. Oleh karena itu, sebelum memasang game apa pun, Anda harus membaca persyaratan perangkat kerasnya.

Anda juga akan mendapatkan kelambatan di FPS saat bermain Minecraft dalam kasus berikut:
Jika VSync diaktifkan.Jika Anda telah mengonfigurasi pengaturan Minecraft yang salah.Aplikasi atau perangkat lunak latar belakang yang bertentangan.
Perbaiki penurunan FPS mendadak di Minecraft di Windows 11/10

Jika FPS Minecraft turun tiba-tiba bahkan pada PC kelas atas, berikut adalah beberapa saran untuk memperbaiki masalah dan meningkatkan FPS.
Periksa Pembaruan WindowsNonaktifkan VSyncJaga pengaturan partikel Anda seminimal mungkin di MinecraftTurunkan Render Jarak di MinecraftBuat rencana daya khusus untuk gim AndaUnduh dan instal mod untuk Minecraft untuk meningkatkan kinerja dan FPSTetapkan Framerate Maksimum hingga tidak terbatasMemecahkan masalah dalam status Boot Bersih
Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa Pembaruan Windows

Ini adalah perbaikan termudah untuk Minecraft FPS menjatuhkan. Periksa apakah pembaruan tersedia untuk PC Windows Anda atau tidak. Jika ya, unduh dan instal pembaruan Windows. Solusi ini berhasil untuk beberapa pengguna. Cukup buka halaman pembaruan Windows di Pengaturan Windows 11/10 Anda dan klik tombol Periksa Pembaruan.
2] Nonaktifkan VSync
VSync adalah teknologi yang menyinkronkan kecepatan bingkai game dengan kecepatan refresh layar Anda. Teknologi ini diperkenalkan untuk memperbaiki efek sobek pada video game. Jika Anda telah mengaktifkan Sinkronisasi Vertikal atau VSync pada kartu grafis Anda, Anda mungkin mengalami penurunan kecepatan bingkai saat bermain game. Matikan VSync dan lihat apakah ada perubahan.
3] Pertahankan pengaturan partikel Anda seminimal mungkin di Minecraft
Menjaga pengaturan partikel seminimal mungkin dapat menghasilkan sedikit peningkatan pada FPS game. Buka pengaturan Minecraft Anda dan atur efek partikel ke minimal. Petunjuk berikut akan memandu Anda dalam hal ini:

Luncurkan Minecraft.Buka “Pengaturan > Pengaturan Video.” Klik opsi Partikel dan atur ke Minimal.4] Turunkan Jarak Render di Minecraft
Jarak Render juga sedikit berdampak pada permainan FPS. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penurunan frekuensi gambar di Minecraft, menurunkan Jarak Render akan membantu. Buka Pengaturan Video di Minecraft untuk menurunkan Jarak Render. Anda dapat menggunakan metode hit and trial sambil mengubah Jarak Render di Minecraft untuk melihat di pengaturan mana Anda akan mendapatkan FPS maksimum.
5] Buat rencana daya khusus untuk game Anda
Untuk mendapatkan FPS maksimum dalam game di PC Windows, itu adalah disarankan untuk memilih rencana daya kinerja tinggi. Buka Control Panel dan buat rencana daya kustom baru untuk game Anda. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda dalam hal ini:

Klik pada Pencarian Windows dan ketik panel kontrol.Pilih Panel Kontrol dari Hasil Pencarian.Ketika Panel Kontrol muncul di layar Anda, pilih Kategori dalam mode Lihat berdasarkan.Buka “Perangkat keras dan Suara > Opsi Daya.” Klik tautan Buat rencana daya di sisi kiri. Pilih Kinerja Tinggi dan ketik nama Paket Anda. Klik Berikutnya, lalu klik Buat. bermain Minecraft. Setelah bermain Minecraft, pilih power plan default.

Atau, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengaktifkan dan menggunakan Ultimate Performance Power Plan.
6] Unduh dan instal mod untuk Minecraft untuk meningkatkan kinerja dan FPS
Menurut beberapa pengguna yang terpengaruh, instal Sodium, Lithium, dan Mode fosfor di Minecraft memperbaiki masalah kelambatan FPS. Anda juga dapat mencoba ini dan melihat apakah ini membantu Anda.

Jika mod ini tidak membantu meningkatkan FPS di Minecraft, unduh dan instal mod Optifine. Mod Optifine adalah salah satu mod Minecraft yang paling banyak diunduh. Ini membantu meningkatkan kinerja game dan meningkatkan FPS.
7] Setel Framerate Maksimum ke unlimited
Buka pengaturan Minecraft dan periksa apakah Anda telah membatasi framerate. Jika sudah, ubah menjadi unlimited untuk mendapatkan FPS maksimal. Langkah-langkah berikut akan memandu Anda dalam hal ini:

Buka Minecraft. Buka “Pengaturan > Pengaturan Video.” Setel Kecepatan Bingkai Maks ke Tidak Terbatas. Klik Selesai.8] Memecahkan masalah dalam status Boot Bersih
Anda mungkin menghadapi kelambatan di FPS karena beberapa aplikasi latar belakang . Untuk memeriksa ini, pecahkan masalah komputer Anda dalam status Boot Bersih. Clean Boot adalah keadaan yang memulai Windows hanya dengan layanan dan aplikasi yang diperlukan. Semua layanan dan aplikasi lain tetap dinonaktifkan dalam status Boot Bersih.

Setelah memulai komputer Anda dalam status Boot Bersih, luncurkan Minecraft dan periksa apakah masalah tetap ada. Jika tidak ada kelambatan dalam kecepatan bingkai Minecraft, salah satu program startup yang dinonaktifkan dalam status Boot Bersih menyebabkan masalah. Sekarang, aktifkan beberapa program yang dinonaktifkan dan restart komputer Anda dalam mode normal. Jika masalah muncul kembali dalam keadaan normal, salah satu program yang baru saja Anda aktifkan adalah pelakunya. Anda harus mengidentifikasi program itu. Untuk ini, nonaktifkan program yang baru saja Anda aktifkan satu per satu dan periksa kecepatan bingkai di Minecraft setelah menonaktifkan setiap program latar belakang. Proses ini akan memakan waktu tetapi Anda akan dapat mengidentifikasi aplikasi atau perangkat lunak yang bermasalah.

Setelah Anda menemukan aplikasi atau perangkat lunak yang bermasalah, Anda dapat mencopot pemasangannya atau memeriksa versi terbarunya di situs web resmi.

Baca: Peluncur Minecraft tidak akan buka di PC Windows.

Bagaimana cara memperbaiki kelambatan FPS di Minecraft?

Ada beberapa tweak perangkat lunak yang akan membantu Anda meningkatkan FPS di game apa pun. Jika setelah mengubah pengaturan ini, Anda masih mengalami kelambatan dalam kecepatan bingkai saat bermain Minecraft, Anda dapat mengubah beberapa pengaturan dalam game, seperti:
Pertahankan Jarak Render ke minimum. Atur Framerate Maksimum ke Tidak Terbatas. Pertahankan pengaturan partikel Anda ke minimum.
Terkait: Perbaiki Game Gagap dengan FPS drop di PC Windows

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Minecraft terus mogok atau macet di PC Windows.