Perbaiki Photoshop tidak cukup kesalahan RAM

Postingan ini menampilkan solusi untuk memperbaiki kesalahan Photoshop tidak cukup RAM. Masalah ini terutama terjadi saat meluncurkan Photoshop atau saat mengedit foto di perangkat lunak. Pesan kesalahan berbunyi:

Tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda karena tidak cukup memori (RAM)

Apa yang menyebabkan Photoshop tidak cukup RAM kesalahan?

Alasannya jelas. Perangkat lunak membutuhkan lebih banyak memori daripada yang tersedia untuk itu. Ini dapat secara langsung disebabkan oleh alasan berikut:
Terlalu banyak menjalankan aplikasi latar belakang Driver grafis yang kedaluwarsaMenggunakan Photoshop versi bajakan Pembatasan penggunaan RAM
Memperbaiki Photoshop tidak cukup RAM error

Anda dapat memperbaiki Tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda karena tidak ada cukup memori (RAM) di Photoshop pada Anda Komputer Windows dengan mengikuti saran berikut:
Gunakan perangkat lunak Photoshop asli dan periksa persyaratan sistemNonaktifkan semua proses latar belakangPerbarui Driver GrafisTingkatkan ruang RAM yang diizinkanInstal Ulang Photoshop
Sekarang mari kita lihat ini secara mendetail.
1] Gunakan perangkat lunak Photoshop asli dan periksa persyaratan sistem
Sebelum memulai dengan berbagai metode untuk memperbaiki masalah ini , periksa apakah Anda menggunakan versi asli Adobe Photoshop. Ini karena versi bajakan lebih rentan terhadap virus dan bug. Beli versi resmi dan periksa apakah masalah masih terjadi.

Anda juga harus memastikan bahwa PC Anda memenuhi persyaratan sistem untuk PhotoShop. Persyaratan minimum untuk Photoshop adalah,
Processor – Prosesor Intel atau AMD dengan dukungan 64-bitSistem operasi – Windows 10 64-bit (versi 1909) atau yang lebih baru; Versi LTSC tidak didukungRAM – 8 GBKartu grafis – GPU dengan dukungan DirectX 12 dan memori GPU 1,5 GBResolusi monitor – Tampilan 1280 x 800 pada skala UI 100% Ruang hard disk – 4 GB ruang hard disk yang tersedia; ruang tambahan diperlukan untuk instalasi
Pastikan PC Anda melebihi persyaratan minimum. Anda dapat melihat info sistem Anda di Pengaturan atau Panel kontrol.

Baca: Alternatif Photoshop untuk PC
2] Nonaktifkan Proses Latar Belakang

Ketersediaan memori yang rendah juga bisa menjadi alasan mengapa Photoshop menghadapi kesalahan ini. Nonaktifkan semua proses latar belakang dengan melakukan boot bersih dan periksa apakah masalah telah diperbaiki. Begini caranya:
Klik pada Mulai, cari Konfigurasi Sistem dan buka. Arahkan ke tab Umum.Periksa opsi Startup Selektif dan Opsi Muat Layanan Sistem di bawahnya. Kemudian navigasikan ke tab Layanan dan centang opsi Sembunyikan semua layanan Microsoft. Kemudian klik Nonaktifkan semua di sudut kanan bawah dan tekan Terapkan lalu OK untuk menyimpan perubahan.
Anda dapat memilih untuk tetap menjalankan proses perangkat lunak keamanan pihak ketiga jika diinginkan.

Periksa apakah ini membantu.
3] Perbarui Driver GrafikUntuk menjalankan Photoshop efisien, jumlah memori grafis yang ditentukan sangat penting. Driver grafis yang kedaluwarsa dapat menyebabkan Photoshop tidak memiliki cukup RAM. Berikut adalah bagaimana Anda dapat memperbarui driver grafis.

Anda dapat mengunjungi situs web produsen komputer Anda untuk mengunduh dan menginstal driver. Beberapa dari Anda mungkin ingin menggunakan perangkat lunak atau alat Pembaruan Driver gratis seperti AMD Driver Autodetect, Utilitas Pembaruan Driver Intel, atau utilitas Pembaruan Dell untuk memperbarui driver perangkat Anda. NV Updater akan terus memperbarui Driver Kartu Grafis NVIDIA.
4] Meningkatkan RAM yang diizinkan space

Photoshop memungkinkan pengguna menyetel jumlah RAM khusus yang akan digunakan. Jadi, kesalahan dapat terjadi karena kurangnya RAM. Untuk memperbaikinya, Anda harus meningkatkan RAM yang dapat digunakan Photoshop.

Yo harus mengubah nilai REgistry dan kemudian mengubah pengaturan PhotoShop:
Tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run.Ketik regedit dan tekan Enter.Once the Registry Editor terbuka, navigasikan ke jalur berikut.HKEY_CURRENT_USERSoftwareAdobePhotoshop140.0Klik kanan pada folder yang muncul di layar Anda dan klik New.Pilih DWORD(32-bit)VALUE dan ganti nama kunci baru sebagai OverridePhysicalMemoryMB .Sekarang klik kanan pada kunci yang baru dibuat dan pilih Modify.In Value Data, ketikkan RAM yang terpasang di sistem Anda. Misalnya, jika RAM yang terpasang adalah 8GB, ketik 8000. Sekarang klik OK untuk menyimpan perubahan dan tutup Registry Editor.
Sekarang, buka Photoshop dan klik Preferences > Performance.

Pindahkan penggeser untuk menambah RAM yang akan digunakan oleh Photoshop.

Setelah selesai, tutup Photoshop dan mulai ulang perangkat Anda untuk menyimpan perubahan.
5] Instal ulang Photoshop
Jika tidak ada langkah-langkah ini yang dapat membantu Anda, pertimbangkan untuk menginstal ulang Photoshop. Ini telah diketahui membantu sebagian besar pengguna mengatasi kesalahan ini.

Baca: Photoshop mengalami masalah dengan tampilan driver

Berapa banyak RAM yang saya perlukan untuk Photoshop?

Untuk menjalankan Photoshop, diperlukan minimal 8GB RAM. RAM yang direkomendasikan adalah 16GB. Tetapi untuk melakukan tugas-tugas berat di Photoshop, Anda memerlukan setidaknya 32GB DDR4 RAM dan ruang disk tambahan. Namun, berbagai perusahaan kini menawarkan laptop murah yang mampu menangani beban tinggi Photoshop.

Berapa banyak RAM yang harus saya alokasikan ke Photoshop?

Photoshop akan menggunakan memori cadangan sebanyak yang dimungkinkan oleh pengaturan. Namun, itu tergantung pada apa yang akan Anda lakukan di Photoshop. Jika Anda melakukan pengeditan tingkat pemula, lebih sedikit RAM yang harus dialokasikan; untuk gambar kelas atas, diperlukan lebih banyak RAM.

Tidak dapat menyelesaikan operasi ini, tidak ada cukup memori yang tersedia

Kesalahan ini biasanya muncul saat pengguna mengklik opsi “Simpan untuk Web”. Untuk memperbaikinya, tingkatkan RAM yang dapat digunakan Photoshop atau instal ulang aplikasi.

Apakah RAM 4GB cukup untuk Photoshop?

Photoshop hampir tidak dapat berjalan dengan RAM 4 GB. Namun, itu akan mulai tertinggal setelah Anda menggunakan alat seperti kuas dan efek mendetail. Jika beban bertambah, program mungkin membeku atau menjadi tidak dapat digunakan.

Fix: Adobe Photoshop Graphics Processor tidak terdeteksi.