Perbaiki Tidak dapat menginisialisasi kesalahan SteamAPI

Jadi, apa yang lebih membuat frustrasi, pergi ke kamar mandi dan menyadari bahwa tidak ada sabun atau mendapatkan pesan kesalahan setiap kali Anda mencoba memainkan game. Jika Anda seorang gamer, saya yakin jawaban Anda adalah yang terakhir. Beruntung bagi Anda Tidak dapat menginisialisasi SteamAPI adalah kesalahan yang dapat dipecahkan. Berikut ini adalah pesan kesalahan yang tepat dari masalah yang dimaksud.

Tidak dapat menginisialisasi Steam API Pastikan Steam berjalan dan Anda masuk ke akun yang berhak atas game.

Dalam artikel ini, kita akan menyelesaikan masalah dengan beberapa solusi yang sangat mudah.

Mengapa SteamAPI tidak diinisialisasi?

Lebih sering daripada tidak, Anda akan melihat pesan kesalahan yang dimaksud jika antivirus atau firewall Anda memblokir Steam. Ini adalah masalah yang sangat umum karena sebagian besar aplikasi yang terhubung ke web dapat diblokir dengan mudah. Pembela Anda mengira itu adalah virus dan karenanya memblokirnya. Namun, Anda selalu dapat melewati perangkat lunak melalui firewall. Ada beberapa alasan dan solusi lain yang telah kami sebutkan selanjutnya.

Fix Tidak dapat menginisialisasi SteamAPI error

Jika Anda melihat “Tidak dapat menginisialisasi SteamAPI” dan ingin memperbaikinya, coba solusi berikut.
Izinkan Steam melalui FirewallPastikan Anda masuk ke akun yang sama yang Anda gunakan saat mengunduh gameBuka Steam sebagai administratorTinggalkan Steam Beta
Biarkan kami membicarakannya secara mendetail.
1] Izinkan Steam melalui Firewall

Ternyata, firewall Anda memblokir Steam agar tidak meluncurkan game sebagai akibatnya Anda melihat pesan kesalahan yang dimaksud. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menonaktifkan antivirus pihak ketiga yang Anda miliki atau memasukkan game ke daftar putih. Dalam kasus Windows Defender Firewall, Anda harus mengizinkan aplikasi melewatinya. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengizinkan Steam melalui Windows Firewall.
Buka aplikasi Keamanan Windows dengan menelusurinya dari Menu Mulai.Buka Firewall & perlindungan jaringan.Klik Izinkan aplikasi melalui firewall > Ubah setelan.Centang kotak di samping Steam dan izinkan melalui jaringan Publik dan Pribadi.
Jika Anda tidak dapat menemukan Steam di daftar pengecualian, Anda harus menambahkannya secara manual.

Untuk melakukannya, klik Izinkan aplikasi lain > Jelajahi. Pergi ke lokasi tempat Anda menyimpan Steam dan pilih file. Terakhir, klik Tambahkan. Jika Anda tidak dapat menemukan lokasinya, telusuri “Steam” di Start Menu dan pilih Open file location.

Setelah Anda mengizinkan Steam melalui Firewall, masalah Anda akan teratasi.
2] Pastikan Anda masuk ke akun yang sama Anda gunakan saat mengunduh game
Seperti yang disebutkan dalam pesan kesalahan, Anda perlu memastikan bahwa saat meluncurkan game, Anda masuk dengan akun yang digunakan saat membeli atau mengunduh game. Anda dapat memeriksa akun mana yang Anda gunakan untuk masuk dari sudut kanan atas jendela. Jika bukan itu masalahnya, pindah ke solusi berikutnya.
3] Buka Steam sebagai administrator

Terkadang, Steam tidak mendapatkan izin yang diperlukan sehingga API-nya tidak diinisialisasi. Untuk mengatasinya, kita harus membuka Steam sebagai administrator. Klik kanan pada aplikasi dan pilih Run as administrator. Anda dapat mengonfigurasi properti sedemikian rupa sehingga Steam selalu diluncurkan dengan hak administratif. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk melakukan hal yang sama.
Klik kanan pada Steam dan pilih Properties.Buka tab Compatibility.Centang Run this program as an administrator.Click Apply > Ok.
Dengan cara ini, aplikasi Anda akan selalu terbuka dengan izin yang diperlukan. Sekarang, buka Steam dan luncurkan game yang membuat Anda bermasalah. Semoga kali ini berhasil.
4] Tinggalkan Steam Beta
Jika Anda adalah bagian dari Steam Beta maka Anda harus menyadari bahwa ini bukan versi stabil. Ada banyak bug dan pesan kesalahan yang dimaksud bisa jadi merupakan produk sampingan dari bug tersebut. Kita harus keluar dari Steam Beta dan melihat apakah itu membantu.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Buka Steam.Klik pada Steam (dari sudut kiri atas) lalu Setelan.Dalam Partisipasi Beta, pilih TIDAK ADA- Menyisih dari semua program beta.Klik Ok.
Sekarang, tutup restart Steam dan lihat apakah masalah masih berlanjut.

Semoga solusi ini akan membantu Anda.

Bagaimana cara memperbaiki Steam API tidak diinisialisasi?

Jika Steam API tidak diinisialisasi, Anda dapat mengikuti solusi yang disebutkan dalam artikel ini untuk menyelesaikan masalah. Anda harus memulai pemecahan masalah dalam urutan yang disebutkan di atas karena dalam kasus itu, masalah akan diselesaikan dengan cukup mudah.

Bagaimana cara mengaktifkan Steam API?

Tidak ada cara untuk mengaktifkan Steam API secara manual. Saat Anda meluncurkan game, SteamAPI secara otomatis diaktifkan. Jika tidak diinisialisasi secara otomatis, Anda dapat mengikuti solusi yang disebutkan di sini untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga:
Fix Steam Missing File Privileges errorCara memperbaiki Kesalahan Penulisan Disk di Steam.