Perbaiki Tidak dapat terhubung dengan aman ke kesalahan halaman ini di Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah salah satu browser web populer. Ini menawarkan pengguna pengalaman menjelajah web yang aman dan terjamin. Dengan setiap pembaruan, Microsoft mencoba membuat Edge lebih baik dari sebelumnya. Saat menjelajahi internet, beberapa pengguna menemukan pesan kesalahan “Tidak dapat terhubung dengan aman ke halaman ini”. Menurut mereka, Edge menampilkan pesan kesalahan ini di beberapa situs web tertentu. Kesalahan dapat terjadi di situs web mana pun, meskipun situs web tersebut menggunakan protokol HTTPS. Pada artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa tips pemecahan masalah yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah ini di Microsoft Edge.

Pesan kesalahan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Tidak dapat terhubung dengan aman ke halaman ini

Ini mungkin karena situs menggunakan pengaturan keamanan TLS yang kedaluwarsa atau tidak aman. Jika hal ini terus terjadi, coba hubungi pemilik situs web.

Sesuai pesan kesalahan, kesalahan terjadi karena situs web menggunakan pengaturan keamanan TLS yang usang atau tidak aman. Selain itu, ada penyebab lain juga yang dapat memicu kesalahan ini di Edge. Anda mungkin mengalami masalah ini jika situs web yang Anda coba kunjungi menggunakan versi TLS yang berbeda dan Microsoft Edge menggunakan versi TLS yang berbeda di sistem Anda. Misalnya, jika situs web menggunakan TLS versi 1.2 dan Anda telah menonaktifkan versi TLS itu di komputer Anda, Anda mungkin mengalami kesalahan ini di Edge.

Tidak dapat terhubung dengan aman ke halaman ini di Microsoft Edge

Anda akan mendapatkan kesalahan ini jika situs web Anda mencoba untuk mengunjungi dilarang di negara Anda. Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukan apa pun. Jika tidak demikian, Anda dapat mencoba perbaikan berikut untuk mengatasi masalah ini:
Periksa Pembaruan WindowsPeriksa dan konfigurasikan pengaturan TLS sistem AndaNonaktifkan antivirus Anda untuk sementara Matikan Windows Defender SmartScreenTambahkan situs web sebagai situs web tepercaya di pengaturan Opsi InternetAktifkan Tampilkan opsi Konten Campuran Perbarui driver Jaringan Anda
Mari kita lihat semua metode pemecahan masalah ini secara detail.
1] Periksa Pembaruan Windows
Menurut beberapa pengguna, masalah hilang setelah menginstal Pembaruan Windows terbaru. Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Jika ya, perbarui sistem Anda dan periksa apakah itu membantu. Anda dapat menginstal pembaruan terbaru pada sistem Anda dengan membuka halaman Pembaruan Windows di Pengaturan Windows 11/10.
2] Periksa dan konfigurasikan pengaturan TLS sistem Anda
Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya di artikel ini, penyebab utama masalah ini adalah pengaturan TLS yang salah dari sistem Anda. Anda dapat memeriksanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tekan tombol Win + R untuk meluncurkan kotak perintah Run. Ketik inetcpl.cpl dan klik OK. Ini akan membuka jendela Opsi Internet.Pilih tab Umum.Aktifkan opsi berikut: Gunakan TLS 1.0Gunakan TLS 1.1Gunakan TLS 1.2Gunakan TLS 1.3Nonaktifkan opsi Gunakan SSL 3.0.Klik Terapkan lalu OK.Sekarang, luncurkan Microsoft Edge dan centang jika masalah hilang.
Dalam langkah-langkah di atas, kami menyarankan Anda menonaktifkan SSL 3.0. SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer. Ini adalah protokol keamanan yang digunakan oleh situs web untuk mengenkripsi data melalui internet. TLS telah menggantikan SSL dan dianggap lebih aman daripada SSL. Selain itu, Google telah mengidentifikasi beberapa kelemahan kritis dalam SSL versi 3.0 yang dapat membuat situs web yang menggunakan SSL 3.0 rentan terhadap serangan POODLE. Inilah alasan mengapa banyak situs web tidak menggunakan SSL versi 3.0 saat ini. Anda mungkin mengalami kesalahan “Tidak Dapat Terhubung dengan Aman ke halaman ini” pada Microsoft Edge.
3] Nonaktifkan antivirus Anda untuk sementara
Ada kemungkinan bahwa antivirus Anda memblokir situs web yang Anda coba kunjungi. Untuk memeriksa ini, Anda dapat menonaktifkan antivirus Anda sementara dan kemudian mengunjungi situs web itu. Jika ini memperbaiki masalah Anda, Anda dapat mengecualikan situs web itu dari pengaturan antivirus Anda.
4] Matikan Sementara Windows Defender SmartScreen

Windows Defender SmartScreen membantu melindungi perangkat Anda dari situs web, aplikasi, dan file berbahaya. Terkadang, itu memblokir beberapa situs web tepercaya karena positif palsu. Ini mungkin terjadi pada Anda. Anda dapat menonaktifkan Windows Defender SmartScreen di browser Edge dan memeriksa apakah itu memperbaiki masalah Anda.
5] Tambahkan situs web sebagai situs web tepercaya di pengaturan Opsi Internet
Solusi efektif lain untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menambahkan situs web sebagai situs web tepercaya di pengaturan Opsi Internet . Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Luncurkan kotak perintah Run dengan menekan tombol Win + R. Ketik inetcpl.cpl dan klik OK. Jendela Opsi Internet akan muncul di layar Anda. Pilih tab Keamanan. Sekarang, pilih situs Tepercaya dan kemudian klik tombol Situs. Salin URL situs web yang ingin Anda kunjungi dan tempel ke “Tambahkan situs web ini ke zona”.Klik Tutup.Sekarang, klik Terapkan lalu OK.6] Aktifkan opsi Tampilkan Konten Campuran
Mengaktifkan opsi Konten Campuran di pengaturan Opsi Internet juga dapat membantu Anda memperbaiki kesalahan. Langkah-langkah untuk melakukan ini disediakan di bawah ini:

Klik Pencarian Windows dan ketik Opsi Internet. Pilih aplikasi Opsi Internet dari hasil pencarian. Pilih tab Keamanan di jendela Opsi Internet. Klik tombol Tingkat Kustom. Gulir ke bawah dan temukan opsi Tampilkan konten campuran. Setelah Anda menemukannya, klik Aktifkan. Klik OK. Klik Terapkan dan kemudian OK.
Baca: Perbaiki Kami tidak dapat mencapai kesalahan halaman ini di Microsoft Edge.
7] Perbarui driver Jaringan Anda Jika masalah masih berlanjut, driver Jaringan Anda mungkin rusak atau kedaluwarsa. Dalam hal ini, memperbarui driver Jaringan dapat memperbaiki masalah. Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk memperbarui driver Jaringan Anda:
WIndows Fitur Pembaruan OpsionalDari situs web resmi pabrikanMelalui perangkat lunak pembaruan driverDari Device Manager
Bagaimana cara mengubah pengaturan keamanan di Microsoft Edge?

Untuk mengubah pengaturan keamanan di Microsoft Edge, ikuti petunjuk langkah-langkah di bawah ini:
Buka Microsoft Edge.Klik pada tiga titik horizontal di sisi kanan atas.Pilih Pengaturan.Pilih Privasi, pencarian, dan layanan dari sisi kiri.Sekarang, ubah pengaturan privasi dan keamanan di Edge sesuai kebutuhan Anda.
Cara apakah Anda memperbaiki masalah TLS?

Anda dapat memperbaiki masalah TLS di browser web Anda, dengan mengonfigurasi pengaturan TLS di Opsi Internet di sistem Anda. Jika ini tidak memperbaiki masalah Anda, Anda dapat mencoba hal lain, seperti menonaktifkan sementara antivirus Anda, menonaktifkan SmartScreen Windows Defender, dll.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Tidak dapat membuka situs web tertentu di Chrome, Edge, atau Firefox.