Perbaiki VBA Run-time error Kelas tidak terdaftar di Excel

Saat menggunakan Microsoft Visual Basic for Applications di Excel, jika Anda mendapatkan kesalahan Run-time, Kelas tidak terdaftar, berikut adalah cara memperbaiki masalah tersebut. Ini cukup umum ketika ada beberapa masalah dengan kode atau instalasi Office. Itulah mengapa Anda dapat mengikuti tip dan trik ini untuk mengatasi masalah ini.

Anda dapat menjalankan berbagai kode melalui Visual Basic pada spreadsheet Excel untuk menyelesaikan berbagai hal dalam sekejap dan otomatis. Namun, saat menjalankan kode seperti itu, jika Anda mendapatkan kesalahan yang disebutkan di atas, Anda tidak akan dapat melakukan apa yang Anda harapkan. Jika demikian, Anda dapat mengikuti solusi berikut untuk menghilangkan kesalahan, seperti yang disebutkan di atas.

Perbaiki VBA Run-time error Kelas tidak terdaftar di Excel

Untuk memperbaiki Microsoft Visual Basic Run-time error Kelas tidak terdaftar di Excel, ikuti langkah berikut:
Check the codeUpdate Excel/OfficeAktifkan akses kepercayaan ke VBARepair Microsoft Office
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Periksa code
Ini adalah hal pertama yang perlu Anda periksa ketika Anda mendapatkan kesalahan yang disebutkan di Excel. Jika kode yang dimasukkan atau ditulis salah, argumen tidak ada, dll., Anda tidak akan dapat menjalankannya di spreadsheet. Akibatnya, Anda mungkin mendapatkan kesalahan seperti yang dikatakan di atas. Itulah mengapa disarankan untuk memverifikasi kode sebelum menjalankannya lagi atau menuju ke solusi lain.

Baca: Cara membuat Fungsi Excel Kustom menggunakan VBA
2] Perbarui Excel/Office

Jika Anda belum memperbarui Excel atau Office untuk waktu yang sangat lama, itu dianjurkan untuk melakukan itu. Terkadang, Microsoft mungkin mengubah berbagai hal, dan itu bisa menjadi alasan mengapa Anda mendapatkan kesalahan seperti itu. Untuk memperbarui Office, lakukan hal berikut:
Buka Excel di komputer Anda.Klik pada Akun.Perluas Opsi Pembaruan.Klik opsi Perbarui Sekarang.
Kemudian, ia akan mencari pembaruan yang tertunda dan menginstalnya sebagaimana mestinya.
3] Aktifkan akses Kepercayaan to VBA

Ketika Anda mendapatkan kesalahan ini, Anda harus memeriksa apakah pengaturan ini diaktifkan atau tidak. Jika tidak, disarankan untuk mengaktifkannya di komputer Anda. Untuk mengaktifkan akses kepercayaan ke proyek VBA, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Excel dan klik Opsi.Beralih ke tab Pusat Kepercayaan.Klik tombol Setelan Pusat Kepercayaan.Buka tab Setelan Makro.Centang Akses Percaya ke proyek VBA kotak centang model objek.Klik tombol OK.
Lalu, mulai ulang Excel dan periksa apakah masalahnya tetap ada atau tidak.
4] Perbaiki Microsoft Office

Ini adalah hal terakhir yang perlu Anda lakukan untuk memecahkan masalah kesalahan. Untuk memperbaiki Office di Windows 11/10, lakukan hal berikut:
Tekan Win+I untuk membuka Pengaturan Windows.Buka Aplikasi > Aplikasi & fitur.Klik tombol tiga titik pada Microsoft 365.Pilih opsi Ubah.Klik tombol Ya di perintah UAC.Pilih opsi Perbaikan Online.Klik tombol Perbaiki.
Setelah proses selesai, Anda dapat memulai ulang komputer dan memeriksa apakah masalah telah teratasi atau belum.

Selain mencoba solusi ini, Anda juga dapat menjalankan Pemeriksa File Sistem . Terkadang, konflik internal dapat menyebabkan kesalahan yang disebutkan di atas. Jika demikian, Anda dapat memperbaikinya dengan bantuan SFC Scan.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan Runtime di Excel VBA?

Untuk memperbaiki kesalahan Run-time di Excel VBA, Anda harus mengikuti solusi yang disebutkan di atas. Anda harus memulai proses pemecahan masalah dengan memverifikasi kode. Namun, jika tidak ada yang berhasil, Anda harus memperbaiki penginstalan Office. Dalam hal ini, pilih opsi Perbaikan Online daripada Perbaikan Cepat.

Baca: Bagaimana cara memperbaiki Runtime Error 1004 di Microsoft Excel

Bagaimana cara melewati kesalahan VBA di Excel?

Tidak ada cara untuk melewati kesalahan VBA di Excel jika Anda ingin menggunakan kode. Anda harus menyelesaikan masalah agar dapat menggunakannya tanpa kesalahan. Panduan terperinci dari empat solusi seperti yang disebutkan di atas, dan disarankan untuk mengikuti semuanya untuk memecahkan masalah kesalahan VBA di Excel.

Related: Cara memperbaiki kesalahan VBA 400 di Excel.