Perbaiki Windows tidak dapat menemukan komputer atau perangkat bernama

Saat menemukan komputer bersama pada Windows 11/10 yang diinstal secara virtual di VirtualBox atau VMWare, berikut adalah cara Anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Namun, Anda dapat menggunakan tips dan trik yang sama meskipun menerima pesan kesalahan, Windows tidak dapat menemukan komputer atau perangkat bernama `pc-name`, di komputer host, atau bahkan jika Anda tidak menggunakan Windows 11/ 10 tanpa perangkat lunak mesin virtual.

Pesan kesalahan yang tepat mengatakan sesuatu seperti ini:

Windows tidak dapat menemukan komputer atau perangkat bernama `nama-komputer`

Kesalahan ini terutama terjadi ketika Anda telah mengatur folder bersama di VMware atau VirtualBox, tetapi kemudian Anda mengubah nama komputer host. Dalam situasi seperti itu, Anda tidak akan menemukan folder bersama di mesin virtual Anda, dan jika Anda menjalankan Pemecah Masalah yang sesuai, Anda akan menemukan kesalahan yang disebutkan di atas.

Windows tidak dapat menemukan komputer atau perangkat bernama

Untuk memperbaiki Windows tidak dapat menemukan komputer atau kesalahan bernama perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:
Aktifkan penemuan JaringanAtur folder bersama di VMwareAtur folder bersama di VirtualBoxAktifkan Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi ini, lanjutkan membaca.
1] Aktifkan Penemuan Jaringan

Ini adalah yang pertama hal yang perlu Anda periksa ketika mesin virtual atau komputer host Anda tidak dapat menemukan folder bersama. Tanpa mengaktifkan pengaturan penemuan jaringan, Anda tidak akan dapat menggunakan atau berbagi file dari mesin virtual ke komputer host dan sebaliknya. Oleh karena itu, lakukan hal berikut untuk mengaktifkan penemuan Jaringan di PC Anda:
Buka File Explorer dan buka bagian Jaringan.Klik tombol OK.Klik bilah notifikasi kuning.Pilih opsi Aktifkan penemuan jaringan dan berbagi file.Pilih opsi Tidak, jadikan jaringan tempat saya terhubung ke jaringan pribadi option.
Namun, jika Anda sudah melakukannya sebelumnya, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk memverifikasi atau mengaktifkan setelan penemuan jaringan menggunakan Control Panel. Karena Panel Kontrol menawarkan lebih banyak opsi daripada metode lainnya, Anda harus memeriksa dengan Panel Kontrol. Jika Anda melewatkan atau mengubah pengaturan apa pun sebelumnya, ada kemungkinan mendapatkan kesalahan seperti itu di PC Anda.

Secara umum, solusi ini berfungsi dan menyelesaikan masalah dalam beberapa saat. Namun, jika Anda baru saja mengubah pengaturan folder bersama di komputer host, Anda harus memasukkan detail yang dimodifikasi. VirtualBox atau VMware tidak mengambil detail folder bersama secara otomatis. Anda perlu mengatur segala sesuatunya sesuai dengan requirements.
2] Siapkan folder bersama di VMware

Untuk berbagi folder di VMware, Anda harus membuat folder bersama di komputer host terlebih dahulu. Untuk itu, buka properti folder > buka tab Berbagi > klik tombol Berbagi Lanjutan dan centang kotak Bagikan folder ini.

Kemudian, klik tombol Izin dan centang kotak Kontrol Penuh.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka VMware > klik kanan pada mesin virtual > dan pilih Setelan. Beralih ke tab Opsi dan klik setelan Folder Bersama. Pilih opsi Selalu diaktifkan dan klik tombol Tambah. Pilih folder bersama path dan klik tombol OK.Mulai mesin virtual Anda dan aktifkan penemuan jaringan.
Namun, jika Anda ingin membaca panduan ini secara mendetail, Anda dapat mengikuti tutorial ini untuk membuat folder bersama di VMware.
3] Menyiapkan folder bersama di VirtualBox

To mengatur folder bersama di VirtualBox, Anda perlu membuat folder bersama di komputer host. Untuk itu, lakukan hal berikut:
Klik kanan pada folder dan pilih Properties.Beralih ke tab Sharing.Klik tombol Advanced Sharing.Centang kotak Share this folder dan klik tombol Permissions.Centang kotak Full Control .Klik OK button.
Setelah itu, Anda perlu membuka VirtualBox dan melakukan hal berikut:
Klik kanan pada mesin virtual dan pilih Pengaturan.Beralih ke tab Folder Bersama.Klik ikon Tambahkan folder bersama baru.Pilih jalur folder bersama yang baru .Centang kotak Pasang otomatis .Klik tombol OK.
Lalu, coba temukan folder bersama di mesin virtual Anda.
4] Aktifkan Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS.
SMB 1.0/CIFS Dukungan Berbagi File diperlukan saat Anda ingin berbagi file antara dua perangkat di LAN. Untuk memverifikasi apakah itu diaktifkan atau tidak, ikuti langkah-langkah berikut:
Telusuri untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur windows di kotak telusur bilah tugas.Klik hasil penelusuran individual. Centang kotak Dukungan Berbagi File SMB 1.0/CIFS.Klik tombol OK .Restart komputer Anda.
Setelah itu, Anda seharusnya tidak memiliki masalah.

Mengapa Windows tidak dapat menemukan perangkat saya?

Jika PC Windows 11/10 Anda tidak dapat menemukan perangkat Anda atau komputer lain di jaringan yang sama, Anda harus memeriksa komputer nama dulu. Setelah itu, disarankan untuk mengaktifkan penemuan Jaringan di Windows menggunakan panduan ini. Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menghubungkan kedua perangkat ke jaringan yang sama.

Baca: Komputer jaringan tidak muncul di Windows 11/10

Mengapa saya tidak dapat melihat semua komputer di jaringan saya Windows 11/10?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa Anda tidak dapat melihat semua komputer di jaringan Anda yang menjalankan Windows 11/10. Misalnya, jika Anda mengubah nama komputer baru-baru ini, Anda mungkin menghadapi masalah dalam menemukan perangkat. Di sisi lain, jika penemuan Jaringan dinonaktifkan pada komputer jarak jauh, Anda tidak dapat melihat komputer meskipun terhubung ke jaringan yang sama.

Baca: Cara berbagi file antar komputer menggunakan LAN di Windows 11/10.