Perbedaan Terminal vs PowerShell vs Command Prompt dijelaskan

Sistem operasi komputer Anda dapat berinteraksi dengan berbagai cara. Dalam kebanyakan kasus, pengguna akan menggunakan antarmuka pengguna grafis (GUI), yang memudahkan mereka untuk menyelesaikan tugas tanpa harus memahami cara kerja sistem operasi. Untuk melakukan tindakan yang berbeda, Anda dapat mengklik atau mengarahkan ke Windows dan menu pada antarmuka pengguna grafis. Namun, terkadang Anda mungkin menemukan bahwa antarmuka pengguna grafis tidak terlalu berguna ketika berhadapan dengan komputer dalam skenario yang lebih kompleks. Situasi menjadi lebih kritis ketika Anda perlu mengotomatisasi tugas atau menjalankan serangkaian perintah berulang kali.

Dalam keadaan ini, menggunakan antarmuka baris perintah akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat daripada dengan sistem operasi berbasis GUI. Ada beberapa opsi berbeda yang tersedia saat menggunakan antarmuka baris perintah pada komputer Windows 11/10. Dalam artikel ini, kami membahas tiga di antaranya – PowerShell, Command Prompt, dan Terminal Windows — menjelaskan perbedaan satu sama lain dan kapan harus digunakan.

Perbedaan antara Terminal, PowerShell, dan Command Prompt

Saat Anda bekerja dengan komputer, Anda akan sering menemukan diri Anda dalam situasi di mana Anda harus mengakses baris perintah. Banyak pengguna Windows terbiasa meluncurkan program dengan mengetikkan nama mereka ke dalam kotak pencarian menu Start, tetapi menggunakan metode ini tidak akan membantu Anda menggunakan baris perintah. Sebagai gantinya, Anda memerlukan metode berbeda untuk mengakses baris perintah saat Anda membutuhkannya. Artikel ini akan memberi Anda gambaran umum tentang tiga antarmuka baris perintah dan menjelaskan apa yang membuatnya berbeda dan mana yang harus Anda gunakan. Namun, sebelum kita mulai, mari kita lihat dulu apa itu antarmuka baris perintah.

Apa itu Antarmuka Baris Perintah?

Antarmuka Baris perintah adalah sistem instruksi berbasis teks yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, mengelola file, dan berinteraksi dengan komputer. Hal-hal ini mungkin tampak membosankan bagi sebagian orang, tetapi sebenarnya sangat penting bagi komputer Anda untuk beroperasi secara efisien. Setiap antarmuka memiliki fungsi khusus sendiri, dan mereka memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan komputer Anda. Untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang antarmuka pengguna ini, panduan ini akan memberi Anda detail masing-masing sehingga Anda dapat memutuskan mana yang tepat untuk Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan terminal vs PowerShell vs Command Prompt dijelaskan.

Apa itu Command Prompt?

Komputer Microsoft Windows dilengkapi dengan Command Prompt yang merupakan salah satu editor baris perintah yang paling kuat. Perangkat lunak ini memudahkan untuk mengonfigurasi beberapa tugas serupa dengan menyalin dan menempelkan perintah kompleks tanpa harus mengklik opsi. Command Prompt sering disebut sebagai CMD, yang memungkinkan Anda menggunakan skrip atau file batch untuk mengotomatiskan berbagai tugas terkait sistem.

Baca: Perbedaan antara Command Prompt dan Windows PowerShell

Apa itu PowerShell?

Windows PowerShell adalah aplikasi Windows hebat lainnya yang mampu melakukan semua tugas yang bisa dilakukan Command Prompt. Ini menggabungkan fungsionalitas program CMD lama dengan bahasa skrip baru, serta fitur administrasi sistem. Cmdlet PowerShell menawarkan administrator dan pengguna kemampuan untuk melakukan tugas-tugas kompleks dengan bantuan skrip yang dapat digunakan kembali. Ini adalah alat yang ampuh untuk administrator sistem dan profesional TI yang menyertakan setiap cmdlet yang mungkin Anda perlukan untuk administrasi, jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk menggunakan CMD lagi.

PowerShell kompatibel dengan menjalankan file batch, seperti command prompt. Itu juga mampu menjadwalkan saat tugas dijalankan, yang memungkinkan otomatisasi yang lebih besar. Dengan demikian, Anda dapat merencanakan tugas sebelumnya dan membiarkan PowerShell menangani sisanya saat Anda mengerjakan hal lain. Dengan cara ini, Anda dapat merencanakan tugas PowerShell terlebih dahulu sehingga Anda dapat fokus pada tugas lain saat PowerShell berjalan. Keterampilan yang terlibat dalam PowerShell dapat menjadi keuntungan tersendiri untuk diterima bekerja atau bahkan persyaratan untuk pekerjaan, jadi sangat bermanfaat untuk dipelajari.

Baca: Windows PowerShell ISE vs Windows PowerShell: Apa perbedaannya?

Apa itu Terminal Windows?

Windows Terminal sangat kuat aplikasi yang mendukung sebagian besar shell baris perintah dan diperkenalkan dengan Windows 10. Salah satu aspek yang paling menarik dari aplikasi ini adalah membawa ke Windows alat baris perintah BASH (Bourne Again Shell), yang sebelumnya hanya tersedia di operasi Linux sistem. Selain itu, Terminal Windows menawarkan antarmuka tab baru yang mampu menjalankan banyak perintah pada saat yang bersamaan. Dukungan Unicode dan UTF di Terminal Windows memungkinkan Anda menggunakan karakter khusus dan emoji dari bahasa lain. Ini mendukung GIF dan menawarkan berbagai skema warna dan gambar latar belakang sebagai opsi untuk menyesuaikan antarmuka. Selain itu, program ini menyertakan font kode Cascadia, yang memungkinkan pemrogram untuk memperluas cakrawala mereka.

Baca: Cara menggunakan Terminal Windows di Windows.

Terminal vs PowerShell vs Command Prompt perbedaan dijelaskan

Windows PowerShell, Command Prompt, dan Terminal menawarkan fungsionalitas yang serupa dengan alat khusus . Cara perintah dijalankan di Windows PowerShell dan di dalam jendela PowerShell Terminal Windows adalah sama. Demikian pula, menjalankan perintah di jendela CMD khusus berfungsi sama dengan menjalankannya di prompt perintah Terminal Windows.

Di antara alat baris perintah berbasis tugas, PowerShell dan Command Prompt keduanya berguna untuk mengotomatisasi tugas administrasi sistem, tetapi fungsi dan kemampuannya berbeda sedikit. Shell Command Prompt didasarkan pada prinsip yang sama seperti DOS dan diperkenalkan bersama dengan Windows NT. PowerShell, di sisi lain, adalah shell baris perintah dan bahasa skrip berbasis tugas berdasarkan kerangka .Net yang terutama digunakan untuk pemrosesan batch dan manajemen sistem.

PowerShell dan Command Prompt adalah alat baris perintah yang memungkinkan Anda untuk menulis skrip dan file batch untuk melakukan berbagai tugas administrasi sistem. Kedua antarmuka bekerja secara berbeda meskipun tampaknya perintah dir beroperasi dengan cara yang sama pada keduanya. Dibandingkan dengan PowerShell, command prompt menawarkan kemampuan administratif yang terbatas, sedangkan PowerShell menawarkan lingkungan shell yang canggih dan lebih banyak fitur. Sementara fungsi PowerShell lebih kompleks daripada Command Prompt tradisional, mereka masih cukup kuat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa PowerShell memiliki keunggulan dibandingkan Command Prompt. Jadi sementara Microsoft telah mengembangkan PowerShell sebagai cara untuk meningkatkan CommandPrompt, mengapa kita memerlukan Terminal Windows? Apakah Terminal Windows benar-benar perlu ada?

Windows Terminal adalah proyek sumber terbuka yang menawarkan antarmuka pengguna tab yang intuitif. Aplikasi ini mendukung beberapa proses baris perintah secara paralel. Dengan demikian, Anda dapat membuka banyak tab secara bersamaan, dan menjalankan perintah PowerShell dan Command Prompt secara bersamaan. Program ini juga mendukung Unicode dan UTF, yang memungkinkan Anda memasukkan emoji dan karakter khusus lainnya. Selain itu, aplikasi ini menyertakan GIF dan opsi konfigurasi, sehingga Anda dapat bermain dengan skema warna dan latar belakang yang berbeda untuk menyesuaikannya.

Dalam sifatnya yang open-source, Terminal Windows diharapkan terus berkembang tanpa batas. Beberapa tahun yang lalu, Microsoft mengumumkan dukungannya untuk BASH di dalam Windows, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Ubuntu dan Terminal sehingga akhirnya memungkinkan.

Baca: Apa itu Windows PowerShell, PowerShell, Azure Cloud Shell, Command Prompt di Windows Terminal

Terminal, PowerShell, dan Antarmuka Command Prompt

Terminal, PowerShell, dan Command Prompt semuanya memiliki antarmuka baris perintah, yang memungkinkan pengguna menggunakannya dengan mudah dan intuitif. Jika Anda melihat antarmuka program-program ini, Anda akan menemukan bahwa Command Prompt memiliki antarmuka yang paling sederhana. Ini akan membawa Anda kembali ke hari-hari awal halaman web ketika Anda bisa mengetik perintah ke dalam bidang pada latar belakang hitam dengan font putih.

Jika kita berbicara tentang terminal Windows, tata letak tab membawa pengalaman ke tingkat yang sama sekali baru. Ini memungkinkan Anda untuk membuka banyak tab secara bersamaan sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas atau proyek secara bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki menu pengaturan yang memungkinkan Anda menyesuaikan skema warna dan aspek aplikasi lainnya. Antarmuka pengguna Terminal Microsoft telah berubah secara signifikan, tetapi ini tidak berarti bahwa PowerShell tidak memiliki kelebihannya sendiri. PowerShell memungkinkan Anda menerapkan warna tertentu pada hasil akhir yang memudahkan untuk memahami informasi.

Postingan Terkait: Tips dan Trik Terminal Windows.