Perlindungan Sumber Daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta

System File Checker adalah utilitas di Sistem Operasi Windows yang membantu pengguna memperbaiki file System Image yang rusak. Jika file System Image rusak, komputer Anda tidak akan berfungsi dengan baik dan Anda akan mendapatkan kesalahan dengan beberapa program atau aplikasi. Kerusakan file sistem dapat diperbaiki dengan bantuan alat SFC dan DISM. Anda dapat menjalankan pemindaian SFC kapan saja untuk memperbaiki file sistem yang rusak. Terkadang alat Pemeriksa Berkas Sistem tidak melakukan operasi yang diminta dan memunculkan kesalahan berikut:

Perlindungan Sumber Daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta

Beberapa pengguna telah menerima kesalahan ini saat menjalankan pemindaian SFC. Jika Anda menerima kesalahan yang sama saat menggunakan alat Pemeriksa Berkas Sistem, solusi yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu Anda memperbaikinya.

Perlindungan Sumber Daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta

Jika pesan kesalahan “Perlindungan Sumber Daya Windows tidak dapat melakukan operasi yang diminta” muncul saat menjalankan pemindaian SFC, Pemeriksa Berkas Sistem tidak akan dapat menyelesaikan tugasnya. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mencoba perbaikan berikut. Sebelum Anda melanjutkan, restart komputer Anda. Terkadang masalah terjadi karena kesalahan kecil yang hanya dapat diperbaiki dengan memulai ulang perangkat. Saya juga mengalami kesalahan yang sama saat menjalankan pemindaian SFC. Ketika saya meluncurkan alat SFC setelah memulai ulang laptop saya, tidak ada kesalahan seperti itu.

Jika memulai ulang perangkat tidak membantu, coba solusi berikut:
Periksa apakah layanan Penginstal Modul Windows sedang berjalanJalankan Chkdsk scanRun System File Checker dalam Safe Mode, Boot Time atau OfflineJalankan alat Pemeriksa Berkas Sistem dari Lingkungan Pemulihan WindowsGunakan alat DISM Mari kita lihat semua solusi ini secara mendetail.
1] Periksa apakah layanan Penginstal Modul Windows sedang berjalan
Masalah yang Anda hadapi saat ini mungkin terjadi jika layanan Penginstal Modul Windows dinonaktifkan. Anda dapat memeriksa ini di Windows Services Manager di Windows 11/10. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

Luncurkan kotak perintah Jalankan dengan menekan tombol Win + R. Ketik services.msc dan klik OK. Ini akan membuka aplikasi Layanan. Gulir ke bawah dan temukan Penginstal Modul Windows. Setelah Anda menemukannya, periksa statusnya. Jika dihentikan, klik kanan padanya dan pilih Properties. Pilih Manual di tipe Start. Sekarang, klik Start, lalu klik Apply. Klik OK.
Sekarang klik Start untuk memulai Layanan dan periksa apakah Anda dapat menjalankan SFC tool.
2] Jalankan Chkdsk scan
Ada kemungkinan HDD komputer Anda mengalami bad sector atau kesalahan logika. Hal ini diperlukan untuk memperbaiki bad sector pada hard drive. Mengabaikan hal ini dapat menimbulkan masalah bagi Anda, karena dapat mengakibatkan hilangnya data atau dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada hard drive. Jika alat SFC tidak dapat menyelesaikan tugas yang diminta, lebih baik mengambil bantuan alat diagnostik dan perbaikan lain.

Anda dapat menjalankan pemindaian Chkdsk di komputer Anda dan melihat apakah itu membantu. Jalankan pemindaian Chkdsk pada semua partisi drive Anda satu per satu. Jika alat menemukan bad sector atau kesalahan logis pada partisi drive Anda, itu akan memperbaikinya. Setelah pemindaian Chkdsk selesai, nyalakan ulang komputer Anda dan periksa apakah Anda dapat menjalankan pemindaian SFC.
3] Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem dalam Mode Aman, Waktu Boot atau Offline
Jika Anda tidak dapat menjalankan pemindaian SFC setelah memperbaiki hard drive Anda, beberapa komponen sistem Anda mungkin bertentangan dengan alat SFC. Anda dapat mencoba menjalankan Pemeriksa Berkas Sistem Jalankan dalam Mode Aman, Waktu Booting atau Offline.

Jika Anda tidak mendapatkan kesalahan saat menjalankan pemindaian SFC dalam Mode Aman, biarkan Pemeriksa Berkas Sistem menyelesaikan tugasnya. Ini akan memperbaiki semua file Gambar Sistem yang rusak di Safe Mode.
4] Jalankan alat Pemeriksa File Sistem dari Lingkungan Pemulihan Windows. Jika karena alasan tertentu, Windows tidak dapat masuk ke Safe Mode, coba jalankan alat SFC dari Lingkungan Pemulihan Windows. Untuk melakukannya, pertama-tama, Anda harus masuk ke Lingkungan Pemulihan Windows.

Setelah Anda berada di Lingkungan Pemulihan Windows, buka “Pemecahan Masalah > Opsi lanjutan > Prompt Perintah.” Setelah meluncurkan Command Prompt dari WinRE, ketik perintah berikut untuk menjalankan scan SFC.
sfc /scannow
Jika alat Pemeriksa Berkas Sistem tidak menampilkan pesan kesalahan waktu, biarkan menyelesaikan pemindaian.
5] Gunakan alat DISM
Alat DISM sangat membantu ketika SFC tidak dapat memperbaiki file sistem yang rusak atau jika alat SFC gagal menyelesaikan tugas yang diminta. Alat DISM juga membantu memperbaiki file System Image yang rusak. Karena alat SFC gagal di komputer Anda, Anda dapat menggunakan pemindaian DISM sebagai gantinya.

Baca: SFC tidak berfungsi, tidak akan berjalan atau tidak dapat memperbaiki file yang rusak.

Mengapa pemindaian SFC tidak berfungsi?

Jika pemindaian SFC tidak berfungsi , mungkin ada beberapa kesalahan logis atau bad sector di disk Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menjalankan pemindaian Chkdsk. Microsoft telah mengembangkan utilitas Chkdsk untuk memperbaiki kesalahan logis dan bad sector pada disk komputer. Anda dapat menjalankan Chkdsk san di semua partisi hard drive.

Bagaimana cara memperbaiki SFC Scannow Windows Resource Protection tidak dapat memulai layanan perbaikan?

Saat menjalankan pemindaian SFC, Anda mungkin menerima pesan galat berikut:

Windows Resource Protection could not start the repair service

Kesalahan di atas menghentikan proses pemindaian SFC. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus memeriksa apakah Penginstal Modul Windows dinonaktifkan atau tidak. Jika Anda menemukannya dinonaktifkan, mulai. Ini akan memperbaiki masalah.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa perbaikan lain, seperti menjalankan pemindaian SFC dalam Mode Aman, menjalankan utilitas Chkdsk dan DISM, dll. tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa di antaranya.