Perubahan kursor mouse tidak akan tetap permanen di Windows 11/10

Windows hadir dengan beberapa skema kursor mouse yang sudah diinstal sebelumnya. Anda dapat mengubah skema kursor mouse Anda di pengaturan mouse. Jika Anda tidak ingin menggunakan skema Windows apa pun untuk kursor mouse Anda, Anda juga dapat menginstal skema kursor mouse kustom. Beberapa pengguna menghadapi masalah dengan skema kursor mouse khusus. Menurut mereka, skema kursor mouse khusus diatur ulang ke skema kursor default Windows setiap kali mereka me-restart komputer mereka. Karena itu, mereka harus mengatur skema kursor mouse khusus setiap kali mereka menyalakan komputer mereka. Jika perubahan kursor mouse Anda tidak permanen di Windows 11/10, solusi yang dijelaskan dalam artikel ini pasti akan membantu Anda memperbaiki masalah.

Perubahan kursor mouse tidak akan permanen di Windows 11/10

Jika skema kursor mouse kustom Anda direset ke skema kursor default Windows setiap kali Anda me-restart komputer Anda, solusi berikut akan membantu Anda memperbaiki masalah.
Simpan skema kursor kustom dengan nama lainPerbarui driver mouse AndaMatikan Fast StartupTempatkan file .cur di dalam folder Cursors secara manual
Mari kita lihat semua solusi ini secara detail.
1] Simpan skema kursor kustom dengan nama lain
Secara default, kursor pada komputer Windows terletak di lokasi berikut:
C:WindowsCursors
Penting bahwa skema kursor kustom yang ingin Anda gunakan pada PC Windows Anda harus dipasang di lokasi default ini. Jika tidak diinstal pada lokasi default, kursor mouse Anda akan diatur ulang secara otomatis ke skema default Windows setiap kali Anda menghidupkan komputer. Untuk memperbaiki masalah ini, ikuti petunjuk berikut.

Tekan tombol Ctrl + R untuk meluncurkan kotak perintah Jalankan. Ketik panel kontrol dan klik OK. Ini akan meluncurkan Panel Kontrol. Pilih ikon Besar dalam mode Lihat menurut. Klik Mouse. Ini akan membuka jendela properti mouse.Pilih tab Pointer.Klik menu tarik-turun Skema dan pilih skema kursor khusus Anda.Klik tombol Simpan Sebagai dan simpan skema ini dengan nama lain.Klik Terapkan lalu klik OK.
Ini harus memperbaiki masalah. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
2] Perbarui driver mouse Anda
Jika metode di atas tidak membantu, masalah mungkin terjadi karena driver mouse yang rusak. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus memperbarui driver mouse Anda. Jika versi terbaru dari driver mouse Anda dirilis oleh pabrikan, itu akan ditampilkan di Pembaruan Opsional Windows. Buka halaman Pembaruan Opsional di Pengaturan Windows 11/10 Anda dan lihat apakah ada pembaruan yang tersedia untuk driver mouse Anda. Jika ya, instal versi terbaru driver mouse Anda.

Anda juga dapat mengunjungi situs web produsen dan mengunduh driver untuk model mouse Anda. Sekarang, jalankan file penginstal untuk menginstal driver mouse secara manual. Setelah memperbarui driver mouse Anda, ubah skema kursor default Windows ke skema kursor khusus dan mulai ulang komputer Anda. Periksa apakah masalah tetap ada.
3] Nonaktifkan Fast Startup
Terkadang fitur Fast Startup di perangkat Windows 11/10 menimbulkan masalah. Oleh karena itu, jika Anda telah mengaktifkan Fast Startup, nonaktifkan dan periksa apakah skema kursor kustom diatur ulang ke default setelah memulai ulang sistem Anda.
4] Tempatkan file .cur di dalam folder Kursor secara manual
Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah Anda, Anda telah untuk secara manual menempatkan file .cur di folder kursor dan kemudian membuat skema kustom baru untuk kursor Anda. Langkah-langkah untuk melakukannya tersedia di bawah ini:

Pergi ke lokasi tempat Anda mengunduh folder kursor khusus. Buka folder itu. Di folder itu, Anda akan melihat satu file INF dan file .cur lainnya. File INF adalah file pengaturan untuk skema kursor khusus Anda. Saat menginstal file INF, seluruh skema kursor diinstal pada sistem Anda. Karena file INF tidak diinstal pada lokasi kursor default, Anda tidak perlu menginstal file INF ini. Salin semua file .cur. Jangan copy file INF. Buka File Explorer kemudian buka drive C. Sekarang, buka folder Windows lalu buka folder Cursors. Buat folder baru di folder Cursors.Buka folder yang baru dibuat dan tempel semua file .cur yang disalin di sana.Buka Control Panel.Pilih ikon Besar di mode View by.Klik Mouse.Jendela Mouse Properties akan muncul. Pilih tab Pointer. Anda akan melihat skema kursor default Windows di sana. Klik tombol Simpan sebagai di bawah bagian Skema. Beri nama untuk skema baru Anda dan klik OK. Ini akan membuat skema baru untuk kursor Anda. Sekarang, klik drop-down di bawah bagian Skema dan pilih skema kursor yang baru dibuat. Pilih kursor di kotak penyesuaian satu per satu dan klik tombol telusuri. Sekarang, ganti kursor default Windows dengan kursor khusus Anda dengan memilih file .cur yang ditempatkan di dalam folder Kursor. Setelah selesai, klik Terapkan lalu klik OK.
Proses di atas akan memakan waktu tetapi menyelesaikan masalah Anda. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, masalah seharusnya tidak terjadi lagi.

Baca: Bagaimana cara mengubah kecepatan gulir mouse di Windows 11/10.

Bagaimana cara menghentikan pengaturan ulang kursor khusus saya?

Untuk menghentikan kursor khusus Anda agar tidak diatur ulang secara otomatis, seharusnya ditempatkan di dalam folder Cursors pada perangkat Windows Anda. Anda akan menemukan folder Cursors di lokasi berikut:
C:WindowsCursors
Jika file INF skema kursor kustom Anda tidak diinstal di dalam folder Cursors, Anda harus membuat skema baru dan menambahkan semua kursor (file .cur ) secara manual. Kami telah menjelaskan proses ini secara rinci dalam artikel ini.

Bagaimana Anda membuat kursor berubah secara permanen?

Jika file INF kursor kustom Anda diinstal di folder Kursor pada drive C, kursor kustom Anda tidak akan berubah setelah restart. Jika tidak dipasang di lokasi default, Anda harus membuat skema kursor khusus untuk membuat kursor Anda berubah secara permanen.

Semoga ini membantu.

Baca selanjutnya: Mouse menyorot semuanya saat saya mengklik.