Pindai drive untuk pemberitahuan kesalahan terus muncul di Windows 11/10

Menghadapi pemberitahuan kesalahan pemindaian drive pada komputer Windows Anda secara acak dapat menjadi pengalaman yang menjengkelkan. Ini muncul terutama ketika penginstalan program gagal karena pemutusan Internet atau unduhan sebagian. Setelah melanjutkan proses, semua yang Anda perhatikan adalah pemberitahuan kesalahan yang muncul lagi di area pemberitahuan.

Fix Drive pemindaian untuk pemberitahuan kesalahan terus muncul

Scan drive untuk pemberitahuan kesalahan adalah keadaan sementara yang harus dihadapi pengguna Windows dari waktu ke waktu. Namun demikian, mudah untuk memperbaikinya dan Anda dapat memulihkan keadaan normal dengan mengikuti salah satu metode yang dijelaskan di bawah ini.
Jalankan CHKDSKJalankan pemindaian virus menyeluruhGunakan perangkat lunak pemeriksa kesalahan disk alternatifJalankan tes SMARTBatalkan ChkDsk menggunakan Command Prompt.
Kesalahan mungkin menghentikan Anda untuk menggunakan komputer secara normal karena segera setelah Anda melihat pesan kesalahan, komputer Anda akan restart secara otomatis dan ketika Anda masuk, pesan pop-up dari Pusat Aksi akan muncul lagi.
1] Jalankan CHKDSK
Jika beberapa shutdown tiba-tiba sebelumnya, perangkat lunak yang rusak atau korupsi metadata mengakibatkan kesalahan ini, Jadi jalankan utilitas CHKDSK.

Buka CMD yang ditinggikan, ketik yang berikut ini dan tekan Enter untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan disk pada drive C Anda:
chkdsk c: /r
Jika diminta untuk memulai ulang. izinkan untuk memulai ulang dan menjalankan chkdsk saat boot.

Baca: ChkDsk berjalan di setiap startup di Windows
2] Jalankan pemindaian virus menyeluruhWindows Defender membantu melindungi komputer Anda dari pop-up yang mengganggu, kinerja lambat, dan ancaman keamanan yang disebabkan oleh virus dan spyware. Jadi, jika Anda secara tidak sengaja mengizinkan virus atau malware masuk ke sistem Anda saat menginstal aplikasi tertentu menggunakan USB flash drive atau media yang dapat dipindahkan lainnya, itu dapat menghasilkan pesan kesalahan Scan drive. Anda dapat menggunakan Windows Defender untuk memindai infeksi apa pun dan secara otomatis menghapus (atau mengkarantina sementara) apa pun yang terdeteksi selama pemindaian. Alat ini terintegrasi dengan Windows dan karenanya, tidak diperlukan penginstalan atau langganan. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak antivirus on-demand portabel pihak ketiga gratis.

Related: Mulai ulang untuk memperbaiki kesalahan drive yang terus muncul setelah reboot
3] Gunakan perangkat lunak pemeriksa kesalahan disk alternatif
Untuk mengesampingkan kemungkinan bahwa kesalahan ini positif palsu, artinya Anda drive tidak memiliki kesalahan untuk diperbaiki, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemeriksa kesalahan disk alternatif.
4] Jalankan S.M.A.R.T test
Pada titik ini, dengan asumsi Anda telah kehabisan opsi tetapi masih menghadapi masalah, mungkin Anda berurusan dengan drive yang gagal.

In dalam hal ini, Anda dapat menjalankan pengujian SMART dan melihat hasilnya sebelum mempertimbangkan untuk mengganti drive, lalu membersihkan instal Windows 11/10.
5] Batalkan ChkDsk menggunakan Command Prompt
Anda dapat membatalkan operasi ChkDsk menggunakan baris perintah dan melihat apakah yang membantu.

Buka jendela prompt perintah, ketik berikut ini dan tekan Enter:
fsutil kueri kotor g:
Perintah ini akan menanyakan drive, dan kemungkinan besar akan memberi tahu Anda bahwa saya t kotor.

Selanjutnya, jalankan perintah berikut:
CHKNTFS /X G:
The X memberitahu Windows untuk TIDAK memeriksa drive tertentu (G) pada reboot berikutnya.

Saat ini, reboot komputer Anda secara manual, seharusnya tidak menjalankan Chkdsk sekarang, tetapi membawa Anda langsung ke Windows.

Setelah Windows terisi penuh, buka prompt perintah lain dan jalankan perintah berikut:
Chkdsk /f /r g:
Ini akan membawa Anda melalui lima tahap pemindaian dan akan menghapus bit kotor itu. Terakhir, ketik perintah berikut dan tekan Enter:
fsutil kueri kotor g:
Windows akan mengonfirmasi bahwa bit kotor tidak disetel pada drive itu.

Ada berapa jenis drive?

Terutama 2 jenis drive: HDD (hard disk drive) dan SSD (solid-state drive). HDD dipasang di sebagian besar PC dan laptop. Mereka mengandung bagian yang bergerak seperti itu, mereka rentan terhadap masalah pemanasan dan dapat rusak. Semua operasi membaca dan menulis dilakukan karena rotasi pelat dan kepala penginderaan yang terletak beberapa nanometer. Solid-state drive tidak mengandung bagian yang bergerak dan dengan demikian, bekerja lebih dingin dan menggunakan lebih sedikit energi. Selain itu, mereka memberikan kinerja dan daya tahan yang unggul.

Apa perbedaan antara drive C: dan D?

C: drive juga dikenal sebagai Disk Lokal adalah drive terpenting di komputer. Ini paling baik digunakan sebagai lokasi penyimpanan sementara untuk file yang sedang Anda kerjakan. Selain itu, program atau aplikasi apa pun yang Anda unduh dan instal disimpan di bawah drive ini secara default. (D:) drive di sisi lain, terutama digunakan oleh banyak produsen untuk berfungsi sebagai disk pemulihan.

Bagaimana saya tahu kapan hard drive saya buruk?

Tanda-tanda paling umum dari hard drive yang gagal adalah komputer yang terlalu panas, suara-suara aneh (seperti suara klik atau suara mendesing), dan kerusakan data atau file. Gejala kegagalan hard drive apa pun tidak boleh diabaikan dan diselidiki secara menyeluruh untuk menyimpan file Anda dan mencegah hilangnya data apa pun.