PnPUtil Gagal menghapus paket driver

Ketika Anda mencoba untuk menghapus atau menghapus instalan driver perangkat pada komputer Windows 11 atau Windows 10 menggunakan utilitas manajer driver PnPUtil, Anda mungkin mendapatkan kesalahan Gagal menghapus paket driver yang menyatakan Satu atau lebih perangkat saat ini diinstal menggunakan INF yang ditentukan. Dalam posting ini, kami menjelaskan metode untuk menyelesaikan tugas ini tanpa masalah.

Anda akan mendapatkan salah satu dari pesan lengkap berikut ketika Anda tidak dapat menghapus driver;
Failed to delete driver package: Satu atau lebih perangkat saat ini diinstal menggunakan INF yang ditentukan.Menghapus paket driver gagal: Satu atau lebih perangkat saat ini diinstal menggunakan INF.
Apa itu PnPUtil?

PnPUtil.exe adalah utilitas baris perintah yang memungkinkan administrator sistem mengelola driver dengan mudah, dan memperbarui atau menghapus driver dari daftar driver. Dengan menggunakan utilitas, Anda dapat melakukan tindakan berikut pada paket driver:
Menambahkan paket driver ke penyimpanan driver.Menginstal paket driver di komputer.Menghapus paket driver dari penyimpanan driver.Mencatat paket driver yang saat ini ada di driver toko. Hanya paket driver yang bukan paket dalam kotak yang terdaftar. Paket driver dalam kotak disertakan dalam penginstalan default Windows atau paket layanannya. File
INF digunakan oleh paket driver untuk menginstal driver perangkat untuk komponen perangkat keras. File informasi pengaturan (INF) adalah file teks dalam paket driver yang berisi semua informasi komponen instalasi perangkat yang digunakan untuk menginstal paket driver pada perangkat.

PnPUtil Gagal menghapus paket driver

Jika Anda mendapatkan kesalahan PnPUtil Gagal menghapus paket driver ketika Anda mencoba untuk menghapus atau menghapus pengandar perangkat tertentu pada komputer Windows 11/10 Anda, Anda dapat menggunakan salah satu metode yang tercantum di bawah ini untuk berhasil melakukan task.
Delete atau Uninstall driver di Safe ModeJalankan perintah DevCon.exe untuk menghapus/menonaktifkan perangkat menggunakan driverGunakan DriverStore Explorer
Mari kita lihat deskripsi metode ini. Sebelum Anda melanjutkan, kami sarankan Anda membuat titik pemulihan sistem yang dapat Anda kembalikan, jika perlu, karena menghapus driver meskipun sudah usang/lama dapat berpotensi merusak PC Anda atau memengaruhi fungsionalitas sistem normal. Anda mungkin mengalami kerusakan Layar Biru; dalam hal apa pun, Anda dapat menjalankan pemindaian SFC/DISM.

Baca: Bagaimana mengatasi kesalahan Atur pengaturan pengguna ke driver gagal di Windows
1] Hapus atau Hapus instalan driver di Safe Mode
Tidak seperti Clean Boot mode diagnostik lain untuk PC, Safe Mode akan menonaktifkan sebagian besar aplikasi dan layanan yang menyertakan layanan dan komponen non-inti, terutama yang tidak diperlukan untuk menjalankan Windows dan mem-boot PC Anda. Safe Mode direkomendasikan ketika ada yang salah dengan perangkat keras atau driver, dan masalah terkait perangkat lunak.

Metode ini mengharuskan Anda untuk boot ke Safe Mode dan kemudian melakukan operasi penghapusan file driver di lingkungan itu.

Baca: Cara Memasang & Menghapus Instalasi program di Safe Mode di Windows
2] Jalankan perintah DevCon.exe untuk menghapus/menonaktifkan perangkat menggunakan driver

DevCon (DevCon.exe) adalah alat baris perintah yang dapat menampilkan informasi terperinci tentang perangkat di komputer yang menjalankan Windows. Anda juga dapat menggunakan DevCon untuk mengaktifkan, menonaktifkan, menginstal, mengonfigurasi, dan menghapus perangkat.

Solusi ini mengharuskan Anda:
Menonaktifkan perangkat dengan pola IDMenonaktifkan perangkat berdasarkan instance perangkat ID
Setelah Anda menonaktifkan perangkat menggunakan driver, Anda sekarang dapat menghapus/mencopot pemasangan pengemudi. Saat Anda menonaktifkan perangkat, perangkat tetap terhubung secara fisik ke komputer, tetapi drivernya dikeluarkan dari memori dan sumber dayanya dibebaskan sehingga perangkat tidak dapat digunakan. Demikian pula, saat Anda menghapus perangkat dari pohon perangkat dan menghapus tumpukan perangkat untuk perangkat, perangkat anak akan dihapus dari pohon perangkat dan driver yang mendukung perangkat dibongkar. Tindakan ini hanya berlaku di komputer lokal dan driver perangkat atau file apa pun yang diinstal untuk perangkat tidak dihapus – file tetap ada, dan perangkat masih diwakili secara internal sebagai perangkat yang tidak ada yang dapat dihitung.

Baca: Cara mendapatkan Windows Daftar Driver yang Terinstal menggunakan PowerShell

Untuk menonaktifkan perangkat dengan pola ID atau ID instans perangkat, Anda harus terlebih dahulu menemukan perangkat menurut pola ID perangkat keras atau ID instans perangkat sesuai kasusnya. Setelah Anda mengidentifikasi pola ID perangkat keras atau ID instans perangkat untuk perangkat yang ingin Anda hapus drivernya, sekarang Anda dapat menjalankan perintah di bawah ini untuk menonaktifkan perangkat. Buka learn.microsoft.com untuk lebih banyak.
devcon [/r] nonaktifkan {* | ID [ID …] | =class [ID [ID …]]}
Where;
/r Reboot bersyarat. Mem-boot ulang sistem setelah menyelesaikan operasi hanya jika boot ulang diperlukan untuk membuat perubahan efektif.* Mewakili semua perangkat di komputer.ID Menentukan semua atau sebagian ID perangkat keras, ID yang kompatibel, atau ID instance perangkat dari suatu perangkat. Saat menentukan beberapa ID, ketik spasi di antara setiap ID. ID yang menyertakan karakter ampersand (&) harus diapit dengan tanda kutip.
Baca: Cara mendapatkan daftar semua Driver Perangkat menggunakan Command Prompt
3] Gunakan DriverStore Explorer

DriverStore Explorer adalah utilitas sumber terbuka dan gratis yang memudahkan pengelolaan Driver Store di komputer Windows 11/10 Anda. Utilitas ini memungkinkan Anda untuk:
Enumerate atau membuat daftar semua paket yang dipentaskan di toko driver saat ini.Mengekspor daftar sebagai CSV, dan menambahkan paket driver ke toko driver (disebut staging).Instal & tambahkan paket driver ke toko.Hapus paket dari toko (didukung penghapusan paksa), dan GUI lengkap mendukung pengelompokan atau penyortiran pada kolom mana pun dan memilih kolom tertentu. Driver yang tidak berguna di WindowsHapus driver perangkat lama yang tidak digunakan dan tersembunyi dengan GhostBusterCara menghapus driver menggunakan Command Prompt di Windows
Dapatkah Anda menghapus driver dari command prompt?

Untuk menghapus paket driver dari penyimpanan driver, lakukan salah satu langkah berikut: Dari command prompt, gunakan pnputil /delete-driver /uninstall. Setelah paket driver dihapus, paket tersebut tidak lagi tersedia untuk diinstal pada perangkat. Untuk menginstal ulang, unduh driver lagi dari sumbernya, seperti Pembaruan Windows. Menghapus paket driver secara manual dari toko driver dapat mengakibatkan perilaku yang tidak dapat diprediksi.

Bagaimana cara menghapus driver yang tidak dapat dihapus?

Untuk menghapus driver yang tidak dapat dihapus pada PC Windows 11/10, Anda dapat mengunduh dan menggunakan DriverStore Explorer. Menghapus paket driver dari penyimpanan driver akan menghapus metadata terkait dari database internal manajer PnP dan menghapus file INF terkait dari direktori INF sistem. Lakukan hal berikut:
Launch DriverStore Explorer as Administrator.Klik Enumerate.Temukan driver dalam daftar dan centang untuk memilih.Pilih Force deletion.Klik Hapus Package.
Baca: Driver NVIDIA Graphics secara otomatis mencopot pemasangan setelah reboot pada Windows

Bagaimana cara menghapus instalan driver PnPUtil ?

Tersedia mulai di Windows 10, versi 1607, Anda dapat menghapus paket driver dari toko driver.
/uninstall – hapus instalan paket driver dari perangkat apa pun yang menggunakannya./force – hapus paket driver meskipun sedang digunakan oleh perangkat. /reboot – reboot sistem jika diperlukan untuk menyelesaikan operasi.
Bagaimana saya tahu jika driver saya rusak?

Utilitas Pemverifikasi Driver Windows. Driver Verifier membantu Anda memverifikasi semua driver perangkat Anda dan akan memberi tahu Anda jika ada driver yang rusak atau rusak. Jika Anda mengidentifikasi Anda memiliki driver jaringan yang rusak pada PC Anda, Anda dapat menerapkan saran berikut untuk memperbaiki masalah:
Restart komputerGunakan Pemecah Masalah JaringanInstal ulang driver Ethernet secara otomatisInstal ulang driver Ethernet secara manualSetel ulang adaptor jaringanSetel ulang Winsock
Saya harap posting ini bermanfaat.