Printer tidak berfungsi setelah Pembaruan Windows [Tetap]

Pembaruan
Windows dikenal karena membawa fitur terbaru dan pembaruan keamanan ke komputer Anda. Namun, itu tidak membahayakan komputer Anda. Namun terkadang, Anda mungkin menghadapi masalah aneh. Salah satu masalah tersebut adalah printer tidak berfungsi setelah pembaruan Windows. Masalah mungkin muncul karena file driver printer Anda tidak kompatibel dengan versi windows terbaru. Tapi untungnya, memperbaiki masalah ini tidak begitu rumit. Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa solusi untuk memperbaiki masalah, dimulai dengan pemecahan masalah dasar.

Memperbaiki Printer tidak berfungsi setelah Pembaruan Windows

Jika Printer Anda berhenti berfungsi setelah Pembaruan Windows, berikut beberapa saran untuk membantu Anda mendapatkan kembali printer:
Pastikan printer Anda terhubungJalankan Pemecah Masalah PrinterUnduh dan Instal perangkat lunak dan driver printer terbaru.Copot Instalasi Pembaruan Windows TerbaruInstal Ulang Driver Printer
Jadi, mari kita lanjutkan dan periksa langkah-langkahnya:
1] Pastikan printer Anda terhubung
Sebelum Anda melakukan perbaikan, pastikan Printer Anda terhubung. Apakah Printer Anda dihidupkan? Apakah koneksi ke soket daya dan komputer baik-baik saja?

Anda harus melalui seluruh koneksi lagi, coba masukkan kembali kabel dan reboot komputer Anda. Bahkan jika itu tidak memperbaiki masalah Anda, Anda dapat mencoba menghidupkan kembali Printer Anda.

Untuk melakukannya, matikan printer Anda, cabut stekernya dari stopkontak, dan biarkan selama sekitar satu menit. Setelah itu, nyalakan Printer Anda dan lihat apakah komputer Windows Anda mengenali Printer Anda.
2] Jalankan Pemecah Masalah Printerbsp

Akan lebih baik jika Anda juga mencoba menjalankan pemecah masalah printer. Pemecah masalah sering memperbaiki masalah secara otomatis. Bahkan jika itu tidak memperbaiki masalah, kadang-kadang mengisyaratkan apa kesalahannya. Untuk menjalankan pemecah masalah Printer, ikuti langkah berikut:
Tekan tombol Windows + I untuk meluncurkan Pengaturan. Navigasikan ke Sistem > Pemecahan masalah > Pemecah masalah lainnya. Cari Printer dan klik tombol Jalankan di sebelahnya. Terakhir, biarkan pemecah masalah berjalan dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.3] Unduh dan instal perangkat lunak dan driver printer terbaru
Karena Anda telah memperbarui Windows, driver printer Anda mungkin tidak kompatibel dengan OS versi terbaru. Karenanya, unduh dan instal perangkat lunak dan driver printer terbaru.

Anda harus membuka halaman pengunduhan driver produsen printer untuk memperbarui driver printer Anda. Dari sana, gunakan model printer Anda untuk mencari driver yang tersedia. Misalnya, jika Anda memiliki printer HP, Anda dapat pergi ke Google dan mencari unduhan driver printer HP lalu pergi ke situs web HP dan mencari driver printer.

Setelah itu, unduh driver dan instal di komputer Anda dan lihat apakah itu memperbaiki Printer yang tidak berfungsi setelah pembaruan Windows.
4] Copot pemasangan Pembaruan Windows baru-baru ini karena masalah terjadi setelah Pembaruan Windows, Anda dapat memilih untuk menghapus pembaruan. Namun, ini hanya berfungsi untuk pembaruan kecil dan bukan pembaruan signifikan. Ikuti panduan terperinci kami tentang cara menghapus pembaruan Windows.
5] Instal ulang Printer
Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menghapus Printer dari komputer Anda dan menginstalnya kembali. Pertama-tama Anda harus menghapus Printer Anda dan kemudian menambahkannya lagi. Ikuti langkah-langkah mendetail untuk menginstal ulang printer di Windows.

Hapus instalan Printer

Tekan Windows + I untuk membuka Pengaturan.Navigasikan ke Bluetooth & perangkat > Pencetak & pemindai.Klik nama printer Anda, pilih Hapus, dan ikuti semua petunjuk di layar.Setelah Anda menghapus Printer, buka bagian Aplikasi di pengaturan Windows, dan hapus semua perangkat lunak terkait printer. Nyalakan ulang komputer Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Catatan: Hanya hapus perangkat lunak yang terkait dengan printer itu, dan tidak semua.

Instal Printer
Unduh driver printer atau wizard penginstalan dari situs web pabrikan. Jalankan aplikasi dan ikuti semua langkah di layar.
Jadi itu saja untuk Printer yang tidak berfungsi setelah pembaruan Windows. Masalah ini dapat diperbaiki dengan menginstal ulang driver printer Anda. Jika itu tidak berhasil, coba instal ulang Printer. Jika Anda mengalami kebuntuan, jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini.

Baca: Pemindai Printer HP tidak berfungsi

Mengapa komputer saya tiba-tiba tidak mengenali printer saya?

Jika semuanya berfungsi sebelumnya, printer Anda terhubung, sedang online, dan Anda tidak memperbarui Windows , sebaiknya instal ulang printer agar berfungsi kembali. Beberapa file yang terkait dengan printer mungkin rusak, dan saat Anda menginstal perangkat lunak printer, file tersebut akan diperbaiki. Selalu gunakan perangkat lunak OEM saat menginstal, karena hanya akan menginstal driver yang kompatibel.

Perbaiki:Printer Nirkabel tidak merespons

Bagaimana cara memulihkan koneksi printer saya?

Pastikan printer hidup, terhubung ke PC, dan tidak dalam mode tidur. Sebagian besar printer masuk ke mode tidur saat tidak digunakan untuk waktu yang lama. Jika ini adalah printer bersama, periksa apakah Anda terhubung ke jaringan yang sama, dan dalam kasus printer yang terhubung dengan PC, pastikan PC dihidupkan agar penemuan berfungsi.