Proses WSL keluar dengan kode 4294967295 di Windows 11

Apakah Anda frustrasi dengan kode kesalahan 4294967295 yang ditampilkan di Windows 11? Ini terutama terjadi ketika pengguna mencoba memulai Subsistem Windows untuk Linux. Meskipun instalasi WSL mudah dan tidak merepotkan dan dapat dilakukan dengan satu perintah, masalah masih dapat muncul, yang menyebabkan proses WSL untuk keluar atau ditutup. Posting ini akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat memperbaiki situasi di mana proses WSL keluar dengan kode 4294967295 di Windows 11.

Mengapa Proses WSL Keluar dengan Kode 4294967295 Terjadi?

Beberapa pengguna telah melaporkan terjadinya kode kesalahan 4294967295 saat mencoba memulai Windows Subsistem untuk Linux. Pesan pada tampilan layar menyatakan upaya koneksi gagal karena pihak yang terhubung tidak merespons dengan benar setelah jangka waktu tertentu, atau koneksi yang dibuat gagal karena host yang terhubung gagal merespons.

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa kode kesalahan muncul saat mereka menelusuri Distro Linux dengan Window File Explorer. Kegagalan untuk mengakses distribusi menyebabkan masalah ini. Ini sebagian besar merupakan masalah jaringan, dan untungnya, dapat diselesaikan dengan beberapa solusi.

Perbaiki Proses WSL keluar dengan kode 4294967295

Ada beberapa solusi yang dapat Anda terapkan untuk menyelesaikan kode kesalahan WSL 4294967295 pada Windows 11/10:
Reset WinsockStop atau Restart Hyper- VUninstall DNSCryptDisable/Enable WSL & Platform Mesin Virtual
Anda perlu menggunakan akun admin untuk menjalankan saran ini.
1] Setel Ulang Winsock

Winsock adalah API luar biasa yang menangani permintaan keluaran dan masukan yang terkait dengan aplikasi internet di sistem. Menyetel ulang Winsock dilaporkan telah menyelesaikan masalah bagi banyak pengguna. Anda juga dapat mencobanya. Ini adalah langkah-langkah –
Buka Windows Search (Win + S)  dan ketik WTO setelah Windows Terminal muncul, Klik kanan padanya dan pilih Run as administrator dari menu drop-down. Di terminal, ketik netsh winsock reset dan tekan Enter.Sekarang , Restart PC.
Setelah itu, Anda perlu mengamati apakah masalah telah teratasi atau belum.
2] Stop atau Restart Hyper-V Service
Hyper-V adalah alat virtualisasi perangkat keras dari Microsoft. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan berhasil menjalankan mesin virtual. Untuk menjalankan OS lain pada Subsistem Windows untuk Linux secara asli, kehadiran Hyper-V sangat penting. Namun, untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat mencoba memulai ulang atau menghentikan Hyper-V.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka prompt Run, ketik services, dan tekan Shift + Enter untuk meluncurkan Windows ServicesLocate HV Host ServiceKlik kanan di atasnya dan pilih untuk memulai ulang  Jika tidak berjalan, mulai.3] Copot pemasangan DNSCrypt
DNSCrypt adalah perangkat lunak yang mengautentikasi dan mengenkripsi komunikasi antara OpenDNS dan pengguna. Ini mencegah mata-mata atau memperoleh data dari sistem seseorang tanpa sepengetahuan mereka. Ini meningkatkan keamanan dan privasi komputer. Namun, dalam beberapa kasus, DNSCrypt dapat menyebabkan kode kesalahan 4294967295. Dalam hal ini, Anda harus menghapus instalasi DNSCrypt dan melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini yang akan membantu Anda melakukannya:
Buka Pengaturan Windows > Aplikasi dan temukan DNSCryptKlik menu tree-dot di sebelah DNSCrypt dan pilih Uninstall dari drop-down. Ikuti petunjuk di layar.
Atau, Anda dapat menggunakan uninstaller.exe untuk menghapus program. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Temukan folder instalasi DNSCrypt di C:Programs files atau C:Program files(x86). Setelah Anda menemukannya, gulir ke bawah dan temukan uninstaller.exe. Klik dan ikuti langkah-langkah setelah menghapus DNSCrypt dari sistem.4] Nonaktifkan/Aktifkan WSL & Platform Mesin Virtual
Cara terbaik lainnya untuk memperbaiki kode kesalahan 4294967295 adalah dengan menonaktifkan dan kemudian mengaktifkan kembali WSL pada sistem. Anda tidak perlu khawatir berpikir bahwa data dari komputer akan terhapus. Lihatlah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti –
Type WT di bilah pencarian Windows. Klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Setelah Terminal Windows terbuka, ketik perintah berikut dan jalankan: DISM /online /disable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /norestart DISM /online /disable-feature /featurename:Microsoft- Windows-Subsystem-Linux /norestartRestart komputer. Setelah PC dimulai, Anda harus kembali ke Terminal Windows dan menjalankan perintah berikut:DISM /online /enable-feature /featurename:VirtualMachinePlatform /norestart DISM /online /enable-feature /featurename:Microsoft-Windows-Subsystem-Linux /norestart
Mulai ulang PC dan lihat apakah masalah teratasi atau tidak. Kode

Error 4294967295 muncul saat pengguna mencoba menggunakan Subsistem Windows untuk Linux. Masalah jaringan, meskipun membuat frustrasi, dapat diselesaikan dengan beberapa perbaikan. Anda dapat mencoba salah satu atau semua metode yang disebutkan di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, jika masalah masih ada, Anda harus menghubungi seorang profesional.

Bagaimana saya tahu jika WSL telah diinstal?

Meskipun Anda dapat memeriksa di daftar fitur, cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengetikkan WSL di run prompt dan tekan tombol Enter. Jika tidak ada kesalahan, dan Anda dapat melihat terminal terbuka yang terlihat seperti Linux, maka Anda memiliki WSL.

Apakah WSL diaktifkan secara default?

No. Anda dapat menggunakan perintah wsl –install pada terminal apa pun yang tersedia di Windows untuk menginstalnya. Setelah diaktifkan, Anda kemudian dapat menginstal salah satu varian Linux dari Microsoft Store.