Sambungan antara titik akses, router, atau modem kabel Anda dan Internet terputus

Jika Anda tidak dapat terhubung ke internet di komputer Windows 11 atau Windows 10 karena masalah Wi-Fi, dan saat menjalankan Pemecah Masalah Koneksi Internet, Anda akan melihat pesan Koneksi antara titik akses, router, atau modem kabel dan Internet rusak ditampilkan dalam laporan Diagnostik Jaringan Windows, maka posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda dengan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Koneksi antara titik akses, router, atau modem kabel Anda dan Internet terputus

Jika laporan Diagnostik Jaringan Windows ditampilkan pesan Koneksi antara titik akses, router, atau modem kabel Anda dan Internet terputus setelah Anda menjalankan Pemecah Masalah Koneksi Internet dalam upaya untuk memperbaiki masalah internet yang mungkin Anda alami pada PC Windows 11/10 Anda, maka saran kami sebagai disediakan di bawah ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Reposisi perangkat internet Anda (modem/router) Nyalakan ulang perangkat internet Anda (router/ modem) dan PCPeriksa pemadaman internetPastikan firmware perangkat internet dan Windows diperbaruiPastikan driver adaptor jaringan Wi-Fi diperbaruiNonaktifkan sementara perangkat lunak keamananHubungkan dengan kabel EthernetSetel ulang perangkat internet ke pengaturan defaultSetel ulang adaptor jaringan Wi-FiJalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan PerangkatGunakan dongle USB adaptor Wi-Fi eksternalHubungi Penyedia Layanan Internet AndaBaca: Perbaiki Masalah Jaringan & Koneksi Internet di Windows 11/10

Mari kita lihat deskripsi proses yang terkait dengan masing-masing solusi yang tercantum.
1] Ubah posisi perangkat internet Anda (modem/router )
Kemungkinan error Koneksi antara access point, router, atau modem kabel Anda dan Internet terputus terjadi karena lokasi perangkat internet Anda. Jadi, Anda dapat mulai memecahkan masalah dengan memposisikan ulang perangkat internet Anda. Memindahkan router Wi-FI dua atau tiga meter melintasi ruangan dapat membuat perbedaan besar saat mencoba mendapatkan jangkauan terbaik di rumah/kantor Anda. Pastikan router Wi-Fi Anda ditempatkan secara terpusat di rumah Anda. Untuk memindahkan modem Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Matikan modem atau cabut kabel perangkat dari sumber listrik.Putuskan sambungan modem dari router atau perangkat keras lainnya.Pindahkan modem ke lokasi baru.Hubungkan kembali modem Anda ke konektor coaxial atau colokan telepon dan colokkan kembali peralatan lain seperti router Anda.2] Nyalakan ulang perangkat internet Anda (router/modem) dan PC
. Tindakan Anda selanjutnya untuk memecahkan masalah yang ada adalah cukup me-restart perangkat internet Anda dengan mencabutnya, menunggu sekitar 10 detik, mencolokkannya kembali, dan membiarkannya melakukan boot ulang. Lebih sering daripada tidak, ini akan menyelesaikan pemadaman koneksi internet rumah Anda yang kemungkinan besar disebabkan oleh cegukan pada modem dan/atau router Anda. menekan atau menahan tombol apa pun pada perangkat itu sendiri karena ini dapat meminta perangkat melakukan hard reset dan mengembalikan ke pengaturan pabrik dan menghapus pengaturan jaringan Wi-Fi Anda. Meskipun reset kemungkinan akan membangun kembali koneksi internet Anda, Anda sekarang harus mengonfigurasi pengaturan router Wi-Fi Anda lagi. Selama reboot jika lampu pada modem atau router Anda tidak padam saat Anda mencabutnya dari listrik, perangkat Anda mungkin memiliki cadangan baterai, jadi periksa untuk melihat apakah ada baterai yang terpasang di suatu tempat dan cabut sementara saat memulai ulang perangkat Anda .

Demikian pula, Anda juga dapat me-reboot PC Anda untuk menghapus semua gangguan koneksi antara komputer Windows 11/10 Anda dan modem dan/atau router Anda. Meskipun perangkat lain dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa masalah, me-reboot perangkat internet dan PC yang bermasalah dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Baca: Mengapa memulai ulang PC Windows memperbaiki begitu banyak masalah? internet outage

Dari waktu ke waktu mungkin ada pemeliharaan terencana atau insiden tak terduga yang dapat menyebabkan pemadaman dan memengaruhi layanan Anda. Jadi, jika internet Anda benar-benar mati dan Anda sudah mencoba me-restart router, periksa halaman media sosial penyedia Anda, situs web resmi, atau sumber seperti downdector.com (situs web online gratis yang memantau untuk memeriksa apakah situs web sedang down atau tidak ) untuk pembaruan dan laporan pemadaman. Jika memang ada pemadaman di ujung ISP Anda, tidak ada yang dapat Anda lakukan dalam situasi seperti itu selain menunggu layanan kembali yang biasanya dalam beberapa menit/jam. pastikan firmware perangkat internet dan Windows diperbarui
Semua perangkat lunak dan perangkat mengandung kerentanan dan perlu diperbarui setiap kali pembaruan tersedia. Meskipun sebagian besar router memperbarui firmware mereka secara otomatis, masih bagus untuk memeriksanya secara manual secara berkala. Router mungkin memiliki tambalan perangkat lunak yang dibuat untuk meningkatkan keamanan dan fungsionalitas perangkat. Firmware ini harus diupgrade ke versi terbaru saat dirilis. Anda dapat mencari petunjuk untuk prosedur pembaruan firmware router Anda melalui situs web dukungan yang ditawarkan oleh produsen perangkat Anda. Pastikan Anda mencari nomor model yang tepat untuk memperbarui firmware perute agar perangkat Anda tetap berfungsi dengan baik dan meningkatkan keamanan Anda.

Demikian pula, Anda harus memeriksa pembaruan dan memasang bit apa pun yang tersedia di perangkat Windows 11/10 Anda. Jika perangkat internet dan PC Anda telah diperbarui tetapi masalah pada sorotan tidak teratasi, Anda dapat melanjutkan dengan solusi berikutnya.
5] Pastikan driver adaptor jaringan Wi-Fi diperbarui

Solusi ini mengharuskan Anda untuk memastikan Wi-Fi driver adaptor jaringan diperbarui. Anda dapat melakukan tugas ini menggunakan salah satu metode berikut di bawah ini:
Perbarui driver secara manual melalui Device Manager jika Anda telah mengunduh file .inf atau .sys untuk driver tersebut. Perbarui driver melalui Command Prompt. Dapatkan pembaruan driver di bagian Pembaruan Opsional di bawah Pembaruan Windows. Unduh versi terbaru driver dari situs web produsen adaptor jaringan. Perbarui driver Anda secara otomatis menggunakan salah satu Perangkat Lunak Pembaruan Driver gratis untuk PC Windows 11/10.
Jika driver terbaru sudah diinstal, Anda dapat memutar kembali driver atau unduh dan instal driver versi sebelumnya. Jika memperbarui dan/atau mengembalikan driver tidak berfungsi, Anda dapat menghapus instalan driver adaptor jaringan Wi-Fi, lalu memulai ulang PC Anda – saat boot, Windows akan memindai perubahan perangkat keras dan secara otomatis menginstal ulang driver generik untuk perangkat tersebut .
6] Nonaktifkan sementara perangkat lunak keamanan
Ini adalah solusi yang layak untuk masalah yang menjadi fokus. Jadi, jika Anda telah memastikan bahwa semua pengaturan jaringan telah dikonfigurasi dengan benar tetapi Anda masih mengalami masalah koneksi internet, Anda dapat mencoba menonaktifkan firewall untuk sementara dan memeriksa apakah PC terhubung ke internet. Masalah lain mungkin adalah perangkat lunak perlindungan antivirus atau malware yang Anda instal. Jika Anda telah menginstal perangkat lunak keamanan pihak ketiga, coba nonaktifkan perangkat lunak untuk sementara dan uji koneksi Anda.
7] Sambungkan dengan kabel Ethernet
Meskipun ini memiliki keterbatasan yaitu mobilitas, berapa pun panjang kabelnya, pilihan terbaik Anda untuk membangun dan menjaga koneksi yang kuat dan stabil antara PC dan perangkat internet Anda adalah dengan menghubungkan langsung ke modem, router, atau pod/extender menggunakan kabel Ethernet. Jika memungkinkan, gunakan koneksi kabel untuk perangkat yang paling banyak menghabiskan bandwidth, seperti smart TV dan konsol game. Hal ini tidak hanya akan memberikan koneksi yang lebih baik dan lebih cepat, tetapi juga akan mengurangi beban jaringan Wi-Fi Anda. dengan mudah mengatur ulang router atau modem Anda ke pengaturan pabriknya ketika konektivitas internet Anda mulai bermasalah. Perlu diingat bahwa mengatur ulang router Anda akan sepenuhnya menghapus semua konfigurasi yang telah Anda simpan dan mengembalikan router Anda ke pengaturan router default pabriknya, dan reset pabrik dapat memakan waktu beberapa menit dan akan mengganggu akses internet Anda. Untuk sebagian besar router modern (lihat panduan pengguna perangkat), melakukan reset pabrik lengkap hanya memerlukan beberapa langkah sebagai berikut:
Pastikan router Anda terhubung. Temukan tombol reset (biasanya di dalam lubang kecil di bagian belakang). Masukkan klip kertas ke dalam lubang untuk menahan tombol selama 30 detik.Lepaskan tombol dan tunggu router Anda menyala kembali.
Setelah pengaturan ulang, Anda harus menyiapkan perangkat Anda lagi. Jika perute Anda tidak memiliki tombol setel ulang, Anda masih dapat menyetel ulang ke setelan pabrik dengan masuk melalui antarmuka web. Sebagian besar perute juga memungkinkan Anda mencadangkan setelan dari antarmuka web. Untuk menyetel ulang perute melalui antarmuka web, ikuti langkah-langkah berikut:
Temukan alamat IP perute Anda.Ketikkan alamat tersebut ke browser Anda.Masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda.Temukan opsi penyetelan ulang pabrik (biasanya ditemukan di bawah Pengaturan atau Sistem).
Jika Anda menyimpan pengaturan Anda sebelum mengatur ulang, opsi untuk mengembalikan pengaturan tersebut biasanya terletak di menu yang sama.
9] Reset adaptor jaringan Wi-Fi

Anda mungkin mengalami masalah ini karena kesalahan konfigurasi atau driver perangkat yang kedaluwarsa. Menginstal driver terbaru untuk perangkat Anda biasanya merupakan kebijakan terbaik karena memiliki semua perbaikan terbaru. Namun jika pembaruan adaptor jaringan tidak berhasil, Anda dapat mengatur ulang adaptor jaringan Wi-Fi. Reset jaringan akan menghapus dan menginstal ulang semua adapter jaringan di komputer Anda serta mengatur sebagian besar komponen jaringan lainnya kembali ke pengaturan aslinya.
10] Jalankan Pemecahan Masalah Perangkat Keras dan Perangkatbsp

Untuk mengesampingkan perangkat keras PC yang rusak seperti adaptor jaringan sebagai penyebab masalah Anda sedang dihadapi, Anda dapat menjalankan Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat untuk memperbaiki perangkat yang bermasalah. Jika perlu, Anda mungkin harus menggunakan jasa teknisi perangkat keras PC untuk memperbaiki atau mengganti perangkat keras yang terdeteksi rusak.

Baca: Windows tidak mendeteksi perangkat keras jaringan apa pun dongle, stik Wi-Fi, stik internet, atau adaptor jaringan USB, dongle adalah modem kecil yang memungkinkan Anda mengakses data 3G, 4G, atau 5G (bergantung pada paket dongle Anda) dengan mencolokkannya ke port USB di perangkat Anda. menggunakan kembali. Adaptor Wi-Fi USB meniadakan kebutuhan untuk menyambungkan komputer ke router atau perangkat jaringan lain dan mengabaikan fungsi nirkabel bawaan komputer, memberi Anda koneksi yang lebih cepat dan lebih andal ke sinyal jaringan yang tersedia.

Baca: Tidak bisa connect to this network WiFi error in Windows 11/10
12] Hubungi Penyedia Layanan Internet Anda Jika Anda telah kehabisan semua opsi lain tetapi masalah masih belum teratasi, Anda perlu menghubungi Penyedia Layanan Internet (ISP) Anda untuk mengetahui apakah masalahnya mungkin di akhir mereka. Beberapa ISP mungkin memblokir Anda untuk mengakses internet jika Anda melanggar syarat dan ketentuan mereka atau langganan Anda telah kedaluwarsa, dan Anda belum memperbarui paket Anda.

Saya harap postingan ini bermanfaat!

Sekarang baca: Keamanan atau Firewall mungkin memblokir koneksi

Bagaimana cara memperbaiki koneksi internet saya yang rusak?

Jika koneksi internet Anda terputus, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan perbaikan umum ini:
Mulai ulang router Anda.Ganti pita Wi-Fi (2,4 GHz dan 5 GHz).Uji Wi-Fi Anda -Fi di perangkat yang berbeda.Coba kabel Ethernet yang berbeda.Perbaiki posisi perangkat dan/atau router Anda.
Mengapa titik akses WiFi saya terus terputus?

Jika titik akses WiFi Anda terus terputus, ini menunjukkan bahwa Anda atau penyedia internet Anda perlu menyelesaikan satu atau lebih masalah. Misalnya, modem Anda mungkin rusak, firmware router Anda mungkin kedaluwarsa, atau Anda mungkin memiliki terlalu banyak perangkat yang menggunakan terlalu banyak data secara bersamaan. Juga, bisa jadi kabelnya rusak. Alasan lainnya adalah kemacetan jaringan berpotensi memperlambat kecepatan.

Baca: Perbedaan antara Router Nirkabel dan Titik Akses Nirkabel

Bagaimana saya tahu jika saya memerlukan modem atau router baru?
Anda tidak dapat tersambung ke internet.Koneksi internet terputus secara acak.Anda sering kali harus menyetel ulang atau memulai ulang modem.Streaming Anda lamban.Kecepatan internet Anda tidak konsisten.Lampu indikator modem Anda tetap tidak menyala.Modem Anda terus-menerus panas.
Mengapa router saya berhenti terhubung ke internet?

Terkadang, router sepertinya perlu di-boot ulang sesekali agar tetap berfungsi dengan baik. Jadi, jika router Anda berhenti terhubung ke internet, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah mencoba dan memulai ulang router Anda. Reboot router Anda cepat dan mudah – Anda cukup mencabut kabel daya, biarkan beberapa detik, lalu pasang kembali.