Setel Ulang PC ini tidak berfungsi; Tidak Dapat Mengatur Ulang PC di Windows 11/10

Jika opsi Reset This PC tidak bekerja pada komputer Windows 11 atau Windows 10 Anda, dan ketika Anda mencoba melakukan operasi, hanya muncul lingkaran pemintalan pemuatan dan kemudian menghilang atau dalam beberapa kasus macet di layar Reset this PC pada a latar belakang hitam, maka posting ini akan membantu Anda.

Pengguna PC yang terpengaruh telah melaporkan ketika mencoba mereset PC, pada titik tertentu, mereka mendapatkan pesan Undoing changes, diikuti dengan pop up layar biru dengan pesan Ada masalah saat mereset Anda komputer; Tidak ada perubahan yang dilakukan. Penyebab yang paling mungkin untuk masalah ini adalah korupsi file sistem, citra sistem yang buruk atau masalah izin; mungkin disebabkan oleh paket pembaruan Windows yang gagal.

Reset PC ini tidak berfungsi pada Windows 11/10

Jika Anda tidak dapat menyetel ulang PC Windows 11/10, Anda dapat mencoba solusi yang kami rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu untuk menyelesaikan masalah pada sistem Anda.
Run Automatic Startup RepairLakukan pemindaian SFC dan DISMLakukan operasi reset dalam status Boot BersihLakukan operasi reset melalui Opsi LanjutanLakukan Perbaikan Peningkatan di TempatClean install Windows 11/10
Mari kita lihat deskripsi proses yang terlibat mengenai masing-masing solusi yang terdaftar.

Tidak Dapat Mengatur Ulang PC

Sebelum mencoba solusi di bawah, periksa pembaruan dan instal bit yang tersedia di perangkat Windows 11/10 Anda dan lihat apakah Anda berhasil menyelesaikan prosedur penyetelan ulang. Jika masalah dimulai setelah pembaruan Windows baru-baru ini, Anda dapat melakukan Pemulihan Sistem atau menghapus instalan pembaruan. Salah satu dari tindakan ini akan membuat sistem Anda kembali ke kondisi kerja normal untuk memungkinkan operasi reset PC berhasil diselesaikan. Namun, jika ada masalah mendasar lain yang mengganggu prosedur, Anda harus melanjutkan dengan solusi di bawah ini.
1] Jalankan Perbaikan Startup Otomatis

Anda dapat memulai pemecahan masalah untuk memperbaiki masalah Anda tidak dapat mereset PC Windows 11/10 Anda dengan menjalankan Perbaikan Startup Otomatis. Alat Perbaikan Pengaktifan bawaan dirancang untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah pengaktifan umum yang mungkin Anda hadapi.

Setelah perbaikan pengaktifan selesai, lihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
2] Lakukan pemindaian SFC dan DISM Seperti yang telah ditunjukkan, masalah yang menjadi fokus ini dapat disebabkan oleh kerusakan file sistem atau citra sistem yang buruk; mungkin disebabkan oleh paket pembaruan Windows yang gagal. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menjalankan pemindaian SFC dan pemindaian DISM, dan setelah Anda harus mendapatkan tagihan kesehatan yang bersih pada kedua pemindaian, coba operasi reset lagi dan lihat apakah masalah berlanjut.

SFC/DISM keduanya adalah alat asli untuk OS Windows yang dapat digunakan pengguna PC untuk memperbaiki file sistem/gambar yang rusak atau hilang pada komputer Windows 11/10.
3] Lakukan operasi reset di Clean Boot state
Jika beberapa dari banyak driver perangkat, pengaturan, dan perangkat lunak diinstal pada sistem Anda rusak, Anda mungkin mengalami masalah yang disorot. Atau mungkin, beberapa konflik yang disebutkan di atas dengan fitur Reset This PC – Anda tidak akan dapat mereset perangkat Anda. Dalam hal ini, untuk mengesampingkan kemungkinan ini, Anda dapat membersihkan boot perangkat Windows Anda, dan kemudian Anda dapat mengatur ulang komputer Anda dalam status sistem itu dan melihat apakah tugas selesai tanpa masalah. Jika tidak, coba solusi berikutnya.
4] Lakukan operasi reset melalui Opsi Lanjutan

Solusi ini mengharuskan Anda untuk melakukan operasi reset melalui Opsi Lanjutan. Begini caranya:
Mulai komputer​, dan tekan F11 untuk masuk ke menu Opsi Startup Lanjutan. Pilih Pemecahan Masalah. ​Pilih Setel ulang PC ini. ​Pilih Hapus semuanya. ​Pilih Hanya hapus file saya atau Hapus file dan bersihkan drive. ​Ikuti petunjuk di layar.​5] Lakukan Perbaikan Peningkatan di Tempat Pada dasarnya, proses reset PC dimaksudkan untuk menginstal ulang Windows 11/10 di komputer Anda dengan atau tanpa menghapus file di komputer Anda, sesuai pilihan Anda. Jika Anda tidak dapat mereset Windows 11/10 atau fitur reset tidak berfungsi, kemungkinan partisi pemulihan mungkin rusak. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah yang ada, Anda dapat melakukan perbaikan pemutakhiran di tempat – prosedur ini akan memperbaiki file sistem yang rusak atau gambar buruk, yang pada gilirannya dapat membuat fitur reset berfungsi secara normal.
6] Bersihkan instal Windows 11 /10
Pada titik ini, jika masalah dalam pandangan masih belum terselesaikan, kemungkinan besar karena beberapa jenis kerusakan sistem yang tidak dapat diselesaikan secara konvensional. Dalam hal ini, Anda dapat membersihkan penginstalan Windows – melakukan penginstalan bersih kemungkinan akan menyelesaikan masalah apa pun, namun perlu diingat bahwa selama prosedur, semua data di hard drive komputer akan dihapus — jadi pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan seperti mencadangkan file Anda sebelum melanjutkan.

Semoga posting ini membantu Anda!

Bagaimana cara mengembalikan PC ke pengaturan pabrik?

Navigasi ke Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Pemulihan. Di bawah bagian “Reset PC ini”, klik Mulai. Sekarang, Anda dapat memilih Simpan File Saya atau Hapus Semuanya. Yang pertama menyetel ulang opsi Anda ke default dan menghapus aplikasi yang dihapus instalasinya, seperti browser, tetapi menjaga data Anda tetap utuh.

Apakah memformat ulang komputer menghapus semuanya?

Memformat ulang sama dengan menghapus file di hard drive, kecuali setiap file dihapus sekaligus. Namun, meskipun drive mungkin tampak kosong, data dapat dipulihkan baik melalui penggunaan perangkat lunak pemulihan data atau dengan layanan spesialis pemulihan data.