Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan [Tetap]

Menurut beberapa pengguna, setelah mengatur ulang komputer dari USB, saat mengakses drive dari Command Prompt, ketika mencoba membuka folder di drive, atau hanya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hard drive, pesan kesalahan berikut akan muncul.

The sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan

Pesan kesalahan ini, terkadang, muncul bersama atau setelah Kode ERROR_INVALID_DRIVE 15.

Apa itu Sistem tidak dapat menemukan kesalahan jalur yang ditentukan?

Anda mungkin melihat Kesalahan 15 atau pesan kesalahan yang dimaksud saat mencoba mengakses drive tertentu atau a folder di drive itu. Apa yang terjadi di sini adalah bahwa komputer Anda tidak dapat mengambil drive itu meskipun dicolokkan ke sistem Anda. Pesan kesalahan telah diberitahukan baik ketika mencoba mengakses file secara manual atau ketika melakukan hal yang sama melalui Command Prompt.

Ada berbagai alasan mengapa ini bisa terjadi, berikut ini adalah beberapa yang paling umum, tetapi daftarnya tidak lengkap.
Disk atau file sistem yang rusak. Serangan malware atau virus Perangkat lunak yang bentrok. Kurangnya izin
Selanjutnya, kita akan membicarakan alasan dan solusi untuk hal yang sama secara mendetail.

Baca: Perbaiki kesalahan dan masalah MBR2GPT yang gagal

Perbaiki Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan

Jika Anda melihat pesan kesalahan “Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan” di komputer Windows 11/10 Anda, pertama-tama, perbarui komputer Anda, dan jika masalah berlanjut, coba solusi berikut untuk mengatasinya.
Mulai ulang komputer AndaJalankan ChkDskFix untuk Drive Bersama ( jika berlaku)Berikan izin ke drive atau fileInstal ulang/Perbarui driver disk
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Mulai ulang komputer Anda
Pertama, coba restart komputer. Jika masalahnya karena kesalahan, memulai ulang adalah cara termudah dan terbaik untuk memperbaikinya. Jadi, lakukan itu, dan periksa apakah masalah tetap ada. Jika, memulai ulang tidak berhasil, pindah ke solusi berikutnya.
2] Jalankan ChkDsk
Selanjutnya, kita perlu menjalankan perintah untuk memeriksa kesehatan disk dan mungkin memperbaikinya. Untuk melakukannya, buka Command Prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut.
Chkdsk C: /f
Ganti C dengan huruf drive yang bermasalah.

Setelah menjalankan perintah, tunggu hingga proses selesai, semoga, masalah Anda akan terselesaikan.
3] Perbaiki untuk Drive Bersama (jika berlaku)

Jika Anda tidak menghadapi masalah ini di drive bersama, lewati solusi ini. Namun menurut beberapa pengguna, drive yang dipetakan saat dibuka dalam mode yang ditinggikan menunjukkan pesan kesalahan yang dimaksud. Masalahnya terkait dengan UAC atau Kontrol Akun Pengguna. Kami akan menggunakan Editor Registri atau Editor Kebijakan Grup Lokal untuk memperbaiki masalah ini.

Buka Editor Kebijakan Grup dari Menu Mulai dan buka lokasi berikut.
Local Computer Policy > Pengaturan Windows > Pengaturan Keamanan > Kebijakan Lokal > Opsi Keamanan

Lalu, cari Kontrol Akun Pengguna: Perilaku perintah elevasi untuk administrator dalam Mode Persetujuan Admin. Klik kanan padanya dan pilih Properties. Sekarang, dari menu tarik-turun, pilih Prompt for consent.

Jika Anda memiliki Registry Editor, buka, dan buka lokasi berikut.
ComputerHKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionPoliciesSystem
Sekarang, klik kanan pada ruang kosong dan pilih Baru > Nilai DWORD (32-bit). Beri nama “EnableLinkedConnection”, setel Value data ke 1, dan klik Ok.

Terakhir, mulai ulang komputer Anda dan periksa apakah masalah terus berlanjut.
4] Berikan Izin ke file atau drive
Jika Anda mendapatkan ERROR_INVALID_DRIVE, coba berikan izin ke file atau drive menyetir. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Klik kanan pada file atau drive dan pilih Properties.Buka Security > Advanced > Change Permissions.Pilih pengguna dan klik Edit.Centang Full Control dan klik Ok.
Sekarang, mulai ulang komputer Anda dan coba akses drive itu.
5] Instal ulang/Perbarui driver disk
Pertama, Anda perlu menghapus driver disk, lalu mem-boot ulang komputer Anda. Saat boot, Windows akan menginstal ulang driver disk secara otomatis. Periksa apakah masalah telah teratasi, jika tidak, Anda dapat mencoba memperbarui driver disk dan melihat apakah itu membantu.
Anda dapat memperbarui driver disk secara manual melalui Pengelola Perangkat, atau Anda bisa mendapatkan pembaruan driver di bagian Pembaruan Opsional di bawah Pembaruan Windows. Anda juga dapat mengunduh driver versi terbaru dari situs web produsen disk.
Semoga solusi ini dapat membantu Anda.

Baca: Kesalahan Pengelola Pemulihan Tidak Lengkap Pemulihan pada Windows

Bagaimana cara memperbaikinya Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan?

Untuk memperbaiki “Sistem tidak dapat menemukan drive yang ditentukan”, Anda harus mencoba solusi yang telah kami sebutkan sebelumnya di artikel ini. Ini adalah panduan lengkap yang akan membantu Anda dalam memperbaiki masalah dengan mudah.

Periksa juga: Sistem tidak dapat menemukan file yang ditentukan error.