SQLPlus tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal

Saat mencoba menggunakan utilitas Oracle, jika Anda mendapatkan `sqlplus` tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, program yang dapat dioperasikan, atau kesalahan file batch, berikut adalah cara memperbaiki masalah tersebut. Anda tidak akan dapat menggunakan utilitas baris Perintah Oracle setelah menerima kesalahan ini.

SQLPlus tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal

Jika SQLPlus tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, ikuti langkah berikut:
Buka Prompt Perintah di direktori yang benarTambah Lingkungan Variables
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah ini, lanjutkan membaca.
1] Buka Command Prompt di direktori yang benar
Ini adalah hal pertama yang perlu Anda periksa ketika Anda mendapatkan kesalahan yang disebutkan di atas. Dalam kebanyakan kasus, pengguna lupa untuk membuka Command Prompt di direktori yang benar. Anggaplah Anda telah menginstal utilitas Oracle di Program Files (x86). Jika demikian, Anda perlu membuka Command Prompt di direktori yang sama untuk menggunakan alat baris perintah.

Jika tidak, Anda akan menemukan kesalahan yang disebutkan di atas. Atau, Anda dapat membuka Command Prompt di direktori mana pun, tetapi Anda perlu menavigasi ke direktori instalasi sebelum menjalankan perintah apa pun.
2] Tambahkan Variabel Lingkungans

Dalam beberapa kasus, utilitas baris perintah atau program umum mengharuskan pengguna untuk menambahkan jalur di lokasi yang benar, yang juga disebut Variabel Lingkungan. Secara default, itu harus ditambahkan secara otomatis ketika Anda melalui proses instalasi. Namun, jika belum disertakan, Anda perlu melakukannya secara manual. Untuk itu, lakukan hal berikut:
Search for Advanced system settings di kotak pencarian Taskbar.Klik pada masing-masing hasil pencarian.Klik tombol Environment Variables .Klik tombol New.Tambahkan nama Variabel di kotak kosong pertama.Klik tombol Browse Tombol direktori.Pilih jalur direktori instalasi Oracle.Klik tombol OK dua kali untuk menyimpan perubahan.
Setelah selesai, Anda akan dapat menggunakan perintah sqlplus di Command Prompt serta Terminal Windows.

Bagaimana cara memperbaiki sqlplus tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal?

Untuk memperbaiki sqlplus tidak dikenali sebagai kesalahan perintah internal atau eksternal di Windows 11 atau Windows 10, Anda harus mengikuti solusi yang disebutkan di atas. Pertama, Anda dapat mencoba membuka Command Prompt di direktori yang benar. Kedua, Anda dapat menambahkan jalur di bagian Variabel Lingkungan untuk memperbaiki masalah.

Baca:Perintah tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal

Mengapa SQLPlus tidak berfungsi?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa sqlplus tidak berfungsi di Windows 11 Anda atau komputer Windows 10. Jika jalur tidak dipilih dengan benar, itu tidak akan berfungsi, dan, dalam banyak kasus, itu adalah alasan utama. Untuk menyelesaikan masalah, Anda dapat melalui dua solusi seperti yang disebutkan di atas.

Baca:Telnet tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal.

Itu saja! Semoga solusi ini berhasil untuk Anda.