StartMenuExperienceHost.exe Kesalahan 1000, 1002 pada Windows 11/10

If setelah pembaruan/peningkatan sistem dan Start Menu tidak berfungsi, membuka, membeku, atau tidak merespons, dan Anda melihat kesalahan StartMenuExperienceHost.exe dengan ID Peristiwa 1000, 1002 di Peraga Peristiwa atau masuk di bawah Peristiwa Kritis di Monitor Keandalan pada Anda Windows 11 atau Windows 10 PC, maka posting ini dimaksudkan untuk membantu Anda dengan solusi paling cocok yang dapat Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah.

Apa itu StartMenuExperienceHost.exe? yang mengelola menu Mulai Windows 11/10. Sebelum Windows 10 v1903, menu Start ditangani oleh Windows Shell Experience Host (ShellExperienceHost.exe). Karena ketidakstabilan, misalnya, jika ada masalah dengan menu Start, seluruh explorer.exe bisa crash dan perlu restart.

Jadi, untuk meningkatkan kinerja menu Start, StartMenuExperienceHost.exe diperkenalkan. Dengan ini, jika menu Start mengalami masalah, Anda hanya perlu memulai ulang proses StartMenuExperienceHost.exe dan bukan seluruh sistem atau explorer.exe. file terletak di %SystemDrive%WindowsSystemAppsMicrosoft.Windows.StartMenuExperienceHost_cw5n1h2txyewy folder

StartMenuExperienceHost.exe Kesalahan 1000, 1002

Jika Anda mengalami masalah Start Menu, dan Anda melihat StartMenuExperienceHost.exe kesalahan 1000, atau 1002 ReliabilityHost.exe Pantau di PC Windows 11/10 Anda, maka solusi yang kami sarankan yang disajikan di bawah ini dimaksudkan untuk membantu Anda menyelesaikan masalah Start Menu yang memicu peristiwa ini di perangkat Anda.
Run SFC dan DISM scanRestart Start MenuRe-register the Shell experienceRe-register twinapi. file appcore.dllUninstall Update atau Rollback UpgradeGunakan System Restore PointReset/Instal Ulang Windows 11/10
Mari kita lihat deskripsi proses yang berkaitan dengan masing-masing solusi yang terdaftar.
1] Jalankan SFC dan DISM scan
Ada perdebatan mengenai pemindaian mana yang harus dijalankan terlebih dahulu , SFC atau DISM. Pemindaian mana yang lebih dulu tergantung – Anda dapat menjalankan pemindaian SFC terlebih dahulu untuk memperbaiki file sistem, tetapi jika Anda mendapatkan pesan berikut:

Windows Resource Protection menemukan file yang rusak tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa di antaranya. Detail disertakan dalam CBS.Log windirLogsCBSCBS.log.

Kemungkinan folder WinSxS tempat SFC menarik file untuk menjalankan perbaikan rusak. Jadi, dalam hal ini, Anda sekarang dapat menjalankan pemindaian DISM untuk memulihkan kesehatan.

Setelah Anda mendapatkan tagihan kesehatan yang bersih setelah pemindaian, Anda sekarang dapat menjalankan kembali SFC. Semua hal lain dianggap sama, pemindaian SFC harus berhasil memperbaiki file sistem yang rusak. Jika tidak, mungkin ada masalah mendasar lainnya, dan mungkin citra sistem Windows yang buruk. Jika tidak, maka Anda harus mendaftarkan ulang Start Menu seperti yang ditunjukkan pada langkah berikutnya dan melihat apakah itu membantu.

Anda juga dapat me-restart StartMenuExperienceHost.exe menggunakan Command Prompt atau PowerShell.

Read: Critical Error Your Start Menu not working
3] Re -daftarkan pengalaman Shell
Buka jendela PowerShell yang ditinggikan dan jalankan perintah berikut:
Get-appxpackage -all *shellexperience* -packagetype bundle |% {add-appxpackage -register -disabledevelopmentmode ($_.installlocation + “appxmetadataappxbundlemanifest.xml” )}
Lihat apakah ini membantu.

Baca: Cara menambahkan Mulai Ulang Menu Mulai ke Menu Konteks di Desktop
4] Daftarkan ulang file
twinapi.appcore.dllKetika kesalahan ini terjadi pada komputer Windows 11/10 Anda, di Peraga Peristiwa, file DLL tertentu direferensikan sebagai modul kesalahan, dalam skenario kasus kami ini file DLL adalah twinapi.appcore.dll. Jadi, ini bisa menjadi kasus file DLL yang rusak, dalam hal ini, Anda dapat mencoba mendaftarkan ulang file sistem atau mengganti file dengan salinan baru yang diunduh dari Winbindex kependekan dari Windows Binaries Index – pastikan untuk menempatkan file di folder System32 atau SysWOW64 sebagai kasusnya.

Untuk mendaftarkan ulang file DLL, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka prompt perintah sebagai administrator. Pada prompt CMD yang ditinggikan, ketik perintah di bawah ini dan tekan Enter. Ganti placeholder PathToModule dengan path lengkap ke file DLL.regsvr32 twinapi.appcore.dllKeluar dari prompt CMD saat perintah berhasil dijalankan. Jika Anda mendapatkan RegSvr32 Modul gagal memuat kesalahan, lihat posting ini untuk menyelesaikan masalah.
Baca: Nama Modul yang Salah Kernelbase.dll menyebabkan aplikasi crashs
5] Hapus Pembaruan atau Rollback Upgrade

Jika masalah yang Anda hadapi saat ini dimulai setelah menginstal Windows baru-baru ini memperbarui atau setelah Anda memutakhirkan ke versi Windows yang lebih baru, kemudian, dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menghapus instalan pembaruan atau memutar kembali pemutakhiran sesuai kasusnya.

Untuk menghapus pembaruan terbaru di sistem Anda, Anda dapat melakukannya baik melalui baris perintah atau aplikasi Pengaturan. Untuk menghapus Pembaruan Windows melalui baris perintah, lakukan hal berikut:
Buka Prompt Perintah dalam mode admin. Pada prompt CMD yang ditinggikan, ketik atau salin dan tempel perintah di bawah ini dan tekan Enter untuk melihat Riwayat Pembaruan Windows: wmic qfe list brief / format :tabelDari output, catat pembaruan yang diinstal baru-baru ini. Untuk mencopot pemasangan Pembaruan Windows, ketik perintah di bawah ini dan tekan Enter – ganti 1234567 placeholder dengan nomor sebenarnya dari Pembaruan yang Anda identifikasi sebelumnya yang ingin Anda copot pemasangannya.wusa /uninstall /kb:1234567Keluar dari perintah CMD setelah selesai.
Baca:
Menghapus Pembaruan Windows yang ditandai sebagai Permanen tanpa opsi Penghapusan InstalasiCara mengembalikan atau menurunkan versi Pembaruan Fitur Windows 116] Gunakan System Restore Point
Jika masalah dimulai baru-baru ini, Anda dapat memulihkan sistem ke titik sebelumnya dengan mengikuti langkah-langkah ini:
Tekan tombol Windows + R. untuk menjalankan dialog Run. Di kotak dialog Run, ketik rstrui dan tekan Enter untuk meluncurkan System Restore Wizard.Pada layar awal o f Pemulihan Sistem, klik Berikutnya.Pada layar berikutnya, centang kotak yang terkait dengan Tampilkan lebih banyak titik pemulihan.Sekarang, pilih titik pemulihan sebelum melihat masalah pada perangkat Anda.Klik Berikutnya untuk melanjutkan ke menu berikutnya.Klik Selesai dan konfirmasi di prompt terakhir.
Baca: Start Menu rusak, Tile Database corrupt
7] Reset Windows 11/10
Pada titik ini, jika Anda masih mengalami masalah menu Start akibat Event 1000 atau 1002 yang dicatat, satu-satunya pilihan Anda adalah menjalankan PC reset dulu dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Semoga, posting ini membantu!

Pos terkait: Windows Error Reporting Event ID 1001 [Fixed

Apakah StartMenuExperienceHost adalah virus?

StartMenuExperienceHost.exe bukan virus. Jika Anda menjalankan Windows 11/10 dan pembaruan terbaru, Anda tidak perlu khawatir tentang StartMenuExperienceHost.exe. Start (StartMenuExperienceHost.exe) adalah executable yang dibuat oleh Microsoft dan dibangun ke dalam inti OS. Jika sistem Anda berperilaku tidak menentu atau Anda menduga PC Anda mungkin terinfeksi, Anda dapat menjalankan pemindaian AV sistem penuh.

Apa itu Host Protokol Pencarian Microsoft?

SearchProtocolHost.exe adalah proses yang diperlukan oleh fungsi Windows bawaan yang disebut Windows Search Indexer . Fungsi ini membantu dengan cepat membuat hasil pencarian di PC Windows Anda, tetapi ketika berubah menjadi babi sumber daya, itu dapat merusak kinerja PC Anda.

Baca: Perbaiki Kesalahan Aplikasi SearchProtocolHost.exe

Apa itu pengindeks Pencarian Microsoft Windows?

The SearchIndexer.exe adalah Windows layanan yang menangani pengindeksan file Anda untuk Pencarian Windows, yang menggerakkan mesin pencari file yang dibangun ke dalam Windows yang menjalankan kotak pencarian Start Menu, Windows Explorer, dan bahkan fitur Libraries. Untuk menghentikan pengindeksan semua file, Anda dapat menonaktifkan pengindeksan dengan mematikan layanan Pencarian Windows. Anda masih dapat mencari di PC Anda, tetapi itu akan memakan waktu lebih lama karena harus mencari melalui file Anda setiap saat.

Baca: Perbaiki Search Indexer High Disk atau penggunaan CPU.