Steam Overlay tidak berfungsi di Windows 11

Ketika Anda memainkan game dan ingin mengakses Steam selama beberapa menit, tugasnya adalah Steam Overlay. Anda dapat menemukan dan berkomunikasi dengan teman-teman Steam Anda, mencari panduan, dan melakukan hal-hal lain. Namun, banyak pengguna yang kehilangan kemewahan ini. Menurut mereka, Steam Overlay tidak berfungsi pada PC Windows 11/10 mereka. Pada artikel ini, kita akan melihat apa yang perlu Anda lakukan jika masalah ini menurunkan Steam Anda menggunakan experience.

Steam Overlay tidak berfungsi di Windows 11

Jika Steam Overlay tidak berfungsi di Windows 11/10, periksa solusi berikut untuk menyelesaikan masalah .
Mulai ulang game dan Steam dan cobaPastikan Steam diaktifkanJalankan Steam sebagai administratorIzinkan Steam melalui FirewallVerifikasi File GamePemecahan Masalah di Boot BersihInstal Ulang Steam
Mari kita bicarakan secara detail.
1] Mulai ulang game dan Steam dan try
Steam Overlay mungkin tidak berfungsi di sistem Anda karena semacam kesalahan. Kami harus memulai ulang game yang Anda mainkan dan melihat apakah itu membantu. Saat menutup game, pastikan untuk menutupnya juga melalui Task Manager, juga di Task Manager, klik kanan pada Steam dan pilih End Task. Sekarang, buka kembali Steam dan game yang Anda mainkan dan lihat apakah itu berfungsi.
2] Pastikan Steam diaktifkan

 

Untuk menggunakan Steam Overlay, Anda harus mengaktifkannya. Saat Anda menginstal Steam di sistem Anda, Overlay diaktifkan secara default. Tapi tetap saja, kita perlu memeriksa apakah fitur tersebut diaktifkan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang ditentukan.
Buka Steam.Klik Steam > Pengaturan.Klik In-Game.Centang Aktifkan Steam Overlay saat dalam game dan Ok.
Dengan cara ini Anda dapat mengaktifkan Steam Overlay. Selain itu, periksa bidang Kunci Pintasan Overlay dan pastikan bahwa itu disetel sesuai preferensi Anda.

Anda juga dapat mencoba mengaktifkan Steam Overlay untuk game tertentu. Ikuti langkah-langkah yang ditentukan untuk mengaktifkan in-game overlay.
Buka Steam dan buka Perpustakaan Anda.Klik kanan pada game Anda dan pilih Properties.Jadi di GENERAL dan centang Enable the Steam Overlay saat dalam game.Klik Ok.
Jika fitur tidak diaktifkan, maka mengaktifkannya akan melakukan trik untuk Anda.
3] Jalankan Steam sebagai administrator
Karena Steam menjalankan aplikasi lain, Anda harus mencoba membuka game dengan hak akses administratif. Untuk melakukannya, klik kanan pada Steam dan pilih Run as administrator. Anda juga dapat membuat game selalu berjalan dengan hak administratif dengan mengonfigurasi propertinya. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal yang sama.
Klik kanan pada Steam dan pilih Properties.Buka tab Kompatibilitas.Centang Jalankan program ini sebagai administrator.Klik Terapkan > Ok.
Sekarang, buka game dan lihat apakah Anda dapat mengakses Steam menggunakan the Overlay.
4] Izinkan Steam melalui Firewall
Karena Steam berjalan bersama game Anda, antivirus atau Windows Firewall dapat salah mengiranya sebagai virus atau malware. Anda harus mengizinkan game melalui Firewall atau memasukkannya ke daftar putih di antivirus pihak ketiga yang Anda gunakan dan lihat apakah itu berfungsi.
5] Verifikasi File Game
Jika ada game tertentu yang membuat Anda bermasalah, coba perbaiki file game yang rusak menggunakan peluncur Uap. Solusi ini hanya akan berfungsi jika file game tersebut rusak. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memindai dan memverifikasi file game.
Buka Steam dan klik Perpustakaan.Klik kanan pada game yang ingin Anda perbaiki dan pilih Properti.Klik File Lokal > Verifikasi Integritas File Game.
Semoga ini akan melakukan trik untuk Anda.
6] Pemecahan Masalah di Clean Boot
Aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu permainan Anda dan menyebabkan masalah. Kami perlu memecahkan masalah di Clean Boot dan mengaktifkan proses satu per satu secara manual hingga Anda menemukan pelakunya. Kemudian, Anda dapat menghapus aplikasi itu untuk memperbaiki masalah. Mudah-mudahan, ini akan menyelesaikan masalah untuk Anda.
7] Instal ulang Steam

Jika tidak ada yang berhasil, Anda perlu menginstal ulang Steam dan melihat apakah itu membantu. Sebelum mencopot pemasangan aplikasi, kita perlu menghapus GameOverlayUI.exe. Buka File Explorer dan buka lokasi berikut.
C:Program Files (x86)Steam
Lalu, klik kanan GameOverlayUI.exe dan pilih Hapus. Sekarang, hapus instalan Steam dan unduh salinan baru dari store.steampowered.com. Sekarang, instal aplikasinya, dan mudah-mudahan, ini akan membantu Anda.

Kami berharap solusi ini akan berhasil untuk Anda.

Bagaimana cara agar Steam Overlay saya berfungsi?

Setelah mengaktifkan Steam Overlay dari aplikasi itu sendiri, Anda bisa cukup gunakan pintasan default Alt + Tab saat Anda berada di dalam game dan picu Overlay. Jika Steam Overlay tidak berfungsi, Anda dapat memeriksa solusi yang disebutkan di sini untuk menyelesaikan masalah.

Mengapa saya tidak dapat mengaktifkan Steam Overlay?

Biasanya, Anda dapat mengaktifkan Steam Overlay dari aplikasi itu sendiri. Namun, ada banyak developer yang melarang Steam Overlay untuk mengerjakan game mereka. Dalam hal ini, Anda akan melihat bahwa opsi Overlay berwarna abu-abu atau gelap. Mereka melakukan ini karena menurut mereka, Overlay dapat menghambat stabilitas game mereka.

Baca juga: Overlay NVIDIA GeForce Experience tidak berfungsi.